Kamis, 05 Mei 2016

Mantan dan move on.



beauty is nothing.

tidak berarti apapun .  Heunteu sih kadang urg poho awewe daek ngalakukeun kituteh da sabenernamah tidak berarti apapun, sarua papada hayang we etamah wkwkw. Jangan Bangga Kalau Banyak Mantan. 7 Kerugian Ini Justru Akan Kamu Dapatkan

Fhai

7 September 2016

1,300 
SHARES


COMMENTS

http://www.meetmindful.com

Mengantungi pengalaman memang membuat hidup jadi jauh lebih gampang. Dalam hal pekerjaan pengalaman membuatmu lebih mudah diterima dan dipercaya. Dengan pernah melakoni hal yang hampir sama bisa dipastikan kamu bisa mencapai kesuksesan serupa.

Tapi namanya juga hidup. Ada saja pengecualian yang kadang muncul. Contohnya saja soal pengalaman dalam hal hubungan dan perasaan.


Punya banyak hubungan sebelum menikah alias banyak mantan bukan berarti kamu bakal ahli dalam kehidupan pernikahan. Justru hal tersebut bisa merugikan kamu sendiri. Kenapa bisa begini?Hipwee akan mengungkapkannya di sini.

1. Bukannya jadi lebih berhati-hati. Kamu yang punya banyak mantan bisa lebih mudah membandingkan

Punya banyak mantan bukan lantas bisa kamu banggakan. Pengalaman dalam hubungan percintaan sebelumnya nggak serta-merta mempermudah kehidupan pernikahan. Bahkan mungkin bisa mendatangkan keburukan. Saat pasanganmu melakukan kesalahan, secara sadar atau enggak, kamu bakal mulai membandingkan.“Tahu kayak gini mending aku sama si ini aja” atau“Ternyata lebih baikan mantanku yang itu” akan mulai terbersit dipikiran kamu. Kenapa? Karena bagimu, dengan banyaknya pengalaman dalam hubungan percintaan akan kamu jadikan bahan untuk perbandingan tentang siapa yang “lebih”.

2. Gampang swap pasangan menunjukkan kamu sulit mencapai level kedewasaan. Sekali bosan langsung buang~

Mudah ngerasa dikecewakan via www.meetmindful.com

Mudahnya untuk berganti hubungan dari satu ke yang lain juga membuatmu sulit untuk mencapai level kedewasaan. Saat ada masalah yang sulit untuk diselesaikan, kamu lebih memilih untuk mengakhiri daripada bertahan. Padahal mempertahankan sebuah hubungan adalah sebuah pelajaran. Tapi sayang, karena banyak pilihan, kamu lebih memilih untuk menyelesaikan hubungannya, bukan masalahnya. Dimana kamu bisa belajar arti kedewasaan jika sebuah masalah membuatmu langsung menyerah?

3. Sekarang sih bisa seenaknya. Kalau sekarang begini, waktu sudah menikah nanti apa kabarnya?

Setelah menikah nanti, kamu nggak seenaknya bisa pergi viacdn.skim.gs

Semasa pacaran, mungkin kamu bebas untuk tinggal atau pergi. Hubungan dengan ikatan yang sebatas “Aku sayang kamu dan kamu sayang aku” membuatmu gampang saja untuk melepas sebuah hubungan. Masalah yang datang atau sekedar bosan menjadi alasan untuk “hubungan kita cukup sampai di sini saja”. Sayangnya, ketika kamu sudah diikat tali pernikahan, maka hubungan nggak bakal semudah “aku nggak cocok sama kamu, kita udahan aja”. Karena saat sudah berjanji dengan Tuhan sebagai saksi, maka kamu tak bisa seenaknya mengakhiri lalu pergi.

4. Setelah pernikahan masalah tak seremeh pasangan yang lupa memberi kabar. Menyerah cuma karena masalah remeh menunjukkan betapa kamu tak tabah

Masalah saat pacaran nggak ada apa-apanya dibanding ujian dalam kehidupan pernikahan via catrionaboffard.com

Jika kamu memiliki banyak pengalaman dalam hubungan, artinya sebuah hubungan yang pernah kamu jalani nggak berlangsung lama. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya persoalan yang membuatmu berpikir bahwa hubungan ini nggak layak untuk diteruskan. Padahal, sebuah hubungan yang berlangsung lama akan melatihmu dalam menghadapi persoalan.

Ketika sebuah hubungan berlangsung lama, bukan berarti mereka tak dilanda permasalahan. Hanya saja mereka memilih untuk bertahan dan berusaha untuk menyelesaikan apapun persoalan. Mereka berlatih untuk menjalankan kehidupan setelah pernikahan. Yang semua orang tahu, bahwa ikatan suci pernikahan bukan berlangsung dalam hitungan bulanan, tapi hingga maut memisahkan.

5. Mudah merasa dikecewakan, merasa jadi korban. Semua bisa terjadi karena akumulasi mantan

Gonta-ganti pasangan di masa lampau membuatmu mudah merasa dikecewakan dalam kehidupan pernikahan viagreatist.com

Sering kandasnya hubungan pacaran tentu meninggalkan kekecewaan bagimu. Kecewa dengan hubunganmu yang pertama, kamu memulai hubungan kedua. Sayangnya hubungan itu pun nggak berlangsung lama. Lagi-lagi berakhir dengan kekecewaan. Begitu seterusnya hingga kamu punya segudang pengalaman dalam hubungan, tentunya dengan kekecewaan yang berulang. Mungkin kamu merasa “kebal” dengan kekecewaan yang terjadi setiap kamu mengakhiri hubungan. Tapi jauh dari itu, kekecewaan itu membuatmu sulit untuk percaya dengan pasangan. Dan sayangnya, kepercayaan itulah yang menjadi landasan sebuah pernikahan mampu bertahan.

6. “Kamu sama saja kayak dia!” Banyaknya pengalamanmu sebelumnya membuatmu merasa akan disakiti seperti yang sudah-sudah

“Kamu sama aja kayak dia” adalah kalimat yang harus dihindarkan via www.meetmindful.com

Sebuah kesalahan yang terjadi dalam rumah tangga adalah hal biasa. Anggap saja itu adalah ujian untuk saling mendewasakan. Namun, bagimu yang sudah punya pengalaman dengan kesalahan itu sangat sulit untuk bisa memahami. Ya, lagi-lagi karena pada hubungan-hubungan sebelumnya, daripada mencoba menerima, kamu lebih memilih untuk mengakhiri saja. Apalagi jika kesalahan yang mungkin nggak sengaja dilakukan oleh pasangan seumur hidupmu juga pernah dilakukan oleh mantanmu sebelumnya. Kamu bakal dengan gampangnya bilang “Kamu sama aja kayak dia!”. Terus apakah kamu juga akan meninggalkan pasanganmu layaknya mantan-mantan terdahulu? Hey, ini bukanlah hubungan tanpa ikatan, tapi ikatan yang telah kamu janjikan untuk saling menerima apa adanya.

7. Mudahnya kamu menjalin hubungan baru dengan alasan ingin mencari lebih baik di masa lalu, tak berlaku saat kamu sudah mengucapkan janji sehidup semati

Pernikahan adalah janji untuk sehidup semati viawww.shemazing.net

Jika itu adalah sebuah hubungan tanpa ikatan yang disebut pacaran, mungkin kamu masih punya kesempatan untuk mencoba peruntungan percintaan dengan banyak orang. Alasan belum menemukan orang yang tepat adalah alasan klasik sebuah hubungan berakhir saat itu. Dan ingin mencari yang lebih baik adalah alasan untuk memulai hubungan baru.

Tapi satu hal yang jangan pernah kamu lupakan adalah bahwa pernikahan adalah pelabuhan terakhirmu. Nggak ada alasan untuk ingin mencari yang lebih dan memutuskan tali pernikahan. Ketika pasanganmu nggak sempurna, di situlah kamu dibutuhkan untuk menyempurnakannya. Begitu juga sebaliknya. Ingat, pernikahan adalah janji “sehidup semati”, bukan janji “nggak cocok boleh pergi”.

Jadi beruntunglah kamu yang hanya pernah merasakan beberapa hubungan saja tapi berlangsung lama. Apalagi satu hubungan yang berlangsung selamanya

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me

Naon atuh make asa lebar kaleungitan urang, barinage manehmah loba jaluna .

Kamu Memang Wanita memyenangkan , tetapi bukan wanita untuk dinikahi .

She is just a child not even a kids .

Ke ge ngajauh sorangan .

Pentingkanlah yang penting .

Entong dibogohan .

Urangmah embung deket deui jeung si winda, soalna sieun ngajauhan, nggeus ka contoan soalna .

Teu salah - salah teuing.

Masa pendewasaan baginya.

G ada waktu berteman, apalagi sama mantan.

Lagian urang embung merasakan lagi jadi yang terbuang.

Aingmah teu hayang nyaho, manehna hayangna naon.

Maneh tong ngarep - ngarep si winda teu ngahubungi maneh, da ngke ge si windamah moal ngahubungi sorangan. (Maneh).

There is no reason for me to loving you.

Bukan kejelekan apa yang ia miliki, tapi tidak ada kebaikan apapun sama sekali.

Another happiness.

Tidak berarti apapun.

Putus hubungan bukanlah tanda penyelesaian yang paling purna. Ada banyak hal yang masih tinggal dan mengganjal. Bahkan ketika salah satu telah menjalin cinta yangbaru. Sama sekali tak ada ukuran yang pas, soal hari ini lebih bahagiadari kemarin ataukah cinta baru lebih tulus dari yang lama.Ini adalah problem manusia yang mendasar : hobi menilai tanpa bisa mengukur. Hal ini pun kerap dirasakan saat melihat mantan telah memiliki pasangan dan terlihat lebih bahagia. Di sisi lain, diri sendiri sedang sibuk bernegosiasi dengan masa lalu danhari ini. Hati berteriak lantang dan berprotes menuntut keadilan. Memangnya pada siapa kita bisa menuntut hal macam ini selain pada diri sendiri? Sadarlah, kita semua berhak atas kebahagiaan personal yang otentik dan tak layak dibandingkan pada apapun dan siapapun.Dia yang terlihat bahagia di luarnya,tak mesti sama seperti apa yang dirasakan di dalam sana. Kamu perlu tahu, tak semua hal bisa dilihat dari tampilan luar saja.Manusia kerap mengenakan topeng untuk menutup belang viablog.tokopedia.comTak ada yang bisa mengira hati manusia. Setiap nyawa menyimpanrahasia dan misteri, begitu juga mantanmu yang terlihat bahagia hari ini. Bagaimana kamu bisa yakindia lebih bahagia? Hanya dari sosialmedia? Atau sekadar melihat senyumnya ketika berjumpa di jalan. Hal-hal tersebut kurang sahihdijadikan sebagai tolak ukur kebahagiaan.Momen-momen seperti itu sangat mudah dimanipulasi hanya untuk menimbulkan kesan bahagia, hingar bingar, dan sejenisnya. Ingat, dia kini tak lagi bersamamu. Ada hal terdalamnya yang tak sanggup disentuh secara utuh, namun hanya bisa separuh. Dugaan-dugaan kasar hanya akan memperberat tanggungan jiwa serta kecewa. Jangan mengira kamu pandai menilai dirinya hanya karena pernah menjalin hubungan cinta dengannya.Tak perlu merasa minder karena dia tak sempat bahagia bersamamu. Sebab cinta tak melulu soal cerita terdahulu.Tak Perlu Meratap! viawww.chobirdokan.comPikiran yang kerap mengganggu ketika melihat mantan lebih bahagia adalah pengakuan personal yang mendadak terucap bahwa dia tak sempat mencecap kebahagiaan bersama diri sendiri. Padahal, cinta bukan soal cerita-cerita dahulu dan perbandingan yang terburu-buru. Jadi, perbandingan adalah kemustahilan dalam cinta.Di dalamnya, tersembunyi kisah yang otentik. Minder pada kondisimu yang dulu adalah bukti sederhana bahwa tidak ada kemajuan dengan dirimu yang sekarang. Sadarilah, bahwa dia sempat bersedia bersamamu itu berarti ada yang spesial dalam dirimu. Kenapa harus minder?Toh, kamu masih memiliki kesempatan yang sama, selagi masih berdiri di bumi yang tak berbeda.Kecemburuan adalah tanda kamu masih tak bisa beranjak dari dia. Padahal inilah saat yang tepat untuk memulai lembaran baru, sebab kini sudah ada tujuan di depan sana.Keep going… viafavim.comJika terus cemburu pada kondisinya dan iri dengki semakin memeluk diri, maka ada gejala bahwa kamu masih ingin bersamanya. Namun, kenyataannya semua telah usai dan tiada situasi hati yang damai. Memang, kamu memiliki pilihan untuk menunggu atau memperjuangkan yang telah berlalu. Namun, yang namanya pilihan juga mengandung level kualitas tertentu. Dan kamu memiliki pilihan lain yang lebih berkualitas, yakni menjalani kehidupan yang sekarang. Menulis di lembar baru dan membuang yang telah usang.Ada satu keuntungan yang patut disyukuri lebih jauh, yakni jarak. Secara fisik, kondisi putus akan memiliki konsekuensi jarak yang makin renggang. Usaha selanjutnya yang diperlukan hanyalah membuat kenangan juga berjarak. Ambil rentang yang jauh dengan memori lawas untuk pengalaman baru yang tak terbatas.Jika tak segera melangkahkan kaki, kamu akan merasa bahwa segalanya berjalan tak adil. Padahal, bukanlah hal yang mustahil untuk meraih kebahagiaansendiri.Vision… vialoveizlyf.blogspot.co.idPenundaan hanya akan berujung pada tuntutan-tuntutan yang semakin tak masuk akal. Gejala akut yang paling sering muncul adalah membuat pengadilan bagi diri sendiri. Pribadi yang tersakiti akan semakin merasa bahwa duniaberjalan dengan tidak adil. Kamu makin merasa dunia sedang tidak baik-baik saja. Hal ini diperparah dengan rasa iri dengki di dalam hati.Tak perlulah merasa bahwa kamu yang paling nelangsa dan tak mungkin mendapatkan kebahagiaan yang sama. Setiap manusia berhak – dalam segala bentuk – untuk menggenggam kebahagiaan sejak menghela nafasyang paling pertama. Hidup ini sangat sederhana, hanya tafsir-tafsirnya saja yang menjadikannya nampak begitu komplek.Dia tak lagi jadi siapa-siapa dan tak relevan digunakan sebagai patokankebahagiaan. Ingatlah bahwa masadepanmu tak akan pernah ditentukan oleh mantan.Mandiri viafavim.comDirinya telah menjadi orang yang bukan siapa-siapa lagi. Lalu buat apa kamu iri dengannya? Di dunia ini, bukan hanya dia yang patut dijadikan contoh ideal sebuah kebahagiaan. Ada milyaran kehidupan yang dapat kamu pilih untuk melihat beragam jenis kebahagiaan.Cobalah tengok salah satunya dan hidupmu akan terasa sedikit baru. Menjadikannya sebagai cermin hanya membuatmu semakin tenggelam pada masa lalu, sebab dialah medium untuk kembali pada masa itu. Biarkanlah dia menjadi dirinya, dan kamu menjadi dirimu. Bukankah itu tujuan sebuah perpisahan? Agar masa depan dijalani dengan lebih cerah lagi.Pembuktian adalah jawaban paling usang untuk perkara-perkara seperti ini. Orang berpikir bahwa kebahagiaan mantan harus ditandingi dengan kebahagiaan personal. Jalan pikir yang demikian hanya akan membuat hidup menjadi tergesa. Pikiran dan perasaan akan dibayangi dengan pembuktian yang serampangan, akibatnya hidup menjadi tak natural. Mulai sekarang, bersikaplah biasa saja dengan tetap berjuang pada impian yang telah tersedia.

Can dipanggihkeun.

Sahabatku semua, pernikahan adalah ibadah yang Allah dan rasulnya perintahkan. Dan cinta bukan salah satu syarat untuk memulai sebuah pernikahan, cukup ketaatanmu dan ketaatannya yang menyatu dalam ikatan pernikahan InsyaAllah dengan izin Allah akanmelahirkan cinta yang indah. Mudah bagi Allah menumbuhkan cinta dalam hatimu, mudah bagi Allah menyemaikan cinta dalam hati pasanganmu, cukup cintai Allah, cintai Rasulnya dan menikahlah sebagai bentuk mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah cinta diantara kalianpun akan bertumbuh, InsyaAllah. [Uda Agus/Elmina
e. Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata: “Bujangan itu seperti pohon di tanah gersang yang diombang-ambingkan angin, demikian dan demikian.”[24]Sungguh indah ucapan seorang penya’ir:Renungkan ucapan orang yang mempunyai nasihat dan kasih sayangBersegeralah menikah, maka engkauakan mendapatkan kebanggaanmuAmbillah dari tumbuhan yang merdeka lagi murniDan makmurkan rumahmu dengan takwa dan kebajikanJangan terpedaya dengan kecantikan, karena ia menumbuhkantumbuhan terburuk yang menampakkan kebinasaanmuTakwa kepada Allah adalah sebaik-baik bekalMaka makmurkanlah malam dan siangmu dengan berdzikir11. Menikah dapat membantu menahan pandangan dan meng-alihkan (mengarahkan) hati untuk mentaati Allah.Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah -semoga Allah mensucikan ruhnya- ditanya tentang orang yang terkena panah dari panah-panah iblis yang beracun, beliau menjawab: “Siapa yang terkena luka beracun, maka untuk mengeluarkan racun dan menyembuhkan lukanya ialah dengan obat penawar racun dan salep. Dan, itu dengan beberapa perkara:Pertama, menikah atau mengambil gundik (hamba sahaya yang menjadimiliknya). Sebab, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:إِذَا نَظَرَ أَحَدُكُمْ إِلَى مَحَاسِنِ امْرَأَةٍ فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ، فَإِنَّمَا مَعَهَا مَا مَعَهَا.‘Jika salah seorang dari kalian melihat kecantikan wanita,maka hendaklah ia mendatangi (menggauli) isterinya. Sebab, apa yang dimilikinya sama dengan yang dimiliki isterinya.’”[25]Inilah yang dapat mengurangi syahwat dan melemahkan cinta yangmenggelora.Kedua, senantiasa menunaikan shalat lima waktu, berdo’a, dan bertadharru’ di malam hari. Shalatnya dilakukan dengan konsentrasi dan khusyu’, dan memperbanyak berdo’a dengan ucapannya:يَـا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَـى دِيْنِكَ! يَـامُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ صَرِّفْ قَلْبِيْ إِلَى طَاعَتِكَ وَطَاعَةِ رَسُوْلِكَ.‘Wahai Rabb Yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamamu. Wahai Rabb Yang memalingkan hati, palingkanlah hatiku untuk mentaati-Mu dan mentaati Rasul-Mu.’Sebab, selama dia terus berdo’a dan bertadharru’ kepada Allah, maka Dia memalingkan hatinya dari keburukan, sebagaimana firman-Nya:كَذَٰلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاءَ ۚ إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ‘… Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemunkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba -hamba kami yang terpilih.’ [Yusuf/12: 24]Ketiga, jauh dari kediaman orang ini dan berkumpul dengan orang yang biasa berkumpul dengannya; di mana dia tidak mendengar beritanya dan tidak melihat dengan matanya; karena berjauhan itu dapat membuatlupa. Selama sesuatu itu jarang diingat, maka pengaruhnya menjadi lemah dalam hati.Oleh karenanya, hendalah dia melakukan perkara-perkara ini dan memperhatikan perkara yang dapat memperbaharui keadaannya. Wallaahu a’lam.”[26]

Tidak berarti apapun.

Pertemuan sekali kemarin.
Sempat berbalas chat line.
Dan tingkah lakunya yang terlihat peduli dan baik seperti seorang pacar, hanyalah pura-pura.

Putus asmara memang tidak mudah. Di satu sisi, kamu mengerti bahwamove onadalah langkah paling rasional. Di sisi lain, kamu sedang tak ingin untuk rasional — lebih mudah bagimu untuk “berlindung” di balik sikap yang emosional, bertanya-tanya apa waktu bisa diputar ulang dan vonis “Putus!” dibatalkan.Kadang harapanmu itu justru terkabul: dia yang sempat pergi kini mengajakmu kembali bersama. Kamu yang masih cinta pun merasa diberi kesempatan kedua. Untuk menjadi pasangan yang lebih sabar dan memaafkan, yang lebih legawa dan ikhlas mencinta.Namun, apakah harga yang harus kamu bayar sepadan? Yakinkah dirimu untuk mengulang cerita lama, dengan orang yang sama yang pernah membuat hatimu luka-luka? Yakinkah kamu ingin menghela nafas lelah seperti dulu, tersadar sekali lagi bahwa orang yang pernah berjanji mengubah diriselalu kembali ke wujudnya yang asli?Sebelum sepakat mengiyakan ajakannya untuk kembali, ada baiknya kamu mengingat lagi 6 hal ini.Keputusan untuk berpisah tidak kamu ambil dengan tiba-tiba. Ada alasan tak terbantahkan mengapa kamu dan dia tak bisa bersama.ingin kembali padanya merupakan kesia-siaan vianewsnextbd.comSemesta tidak mengamini kalian bersatu karena sebuah alasan. Ya, ada unsur dalam dirimu dan dalam dirinya yang memang tidak dapat disatukan. Kamu air dan dia minyak. Dia gunung dan kamu adalah lautnya. Kalian sama-sama batu yang tidak bisa dilebur menjadi satu.Jika kamu saja sudah menyadari bahwa kalian memang diciptakan untuk disatukan, lalu kenapa menghabiskan daya untuk hal yangpenuh kesia-siaan? Segarkan kembali pikiranmu bahwa banyak ketidak cocokan yang kalian miliki selama menjalin hubungan. Sifat buruknya yang terasa sangat mengganggu. Pun kesalahan kecilmu yang terlihat buruk di matanya.Bila perlu terus menerus dengungkan di kepala bagai kaset dengan pita rusak bahwa kalian memang tak dicipta untuk menjadi satu. Mengulang cerita serupa dengan orang yang sama justru akan memperparah luka.Kamu bukan keledai; ketika jatuh ke lubang yang sama, kamu tak bisa menggunakanotakmu yang kurang mampuberpikir sebagai pembelaannyakamu tak perlu jatuh ke lubang yang sama untuk menyadari kesalahanmu viaimgbuddy.comKamu seharusnya memahami bahwa menjalin hubungan dengan dia yang pernah menorehkan luka memberikan banyak pelajaran berharga. Watak diri sendiri pun sanggup terbaca secara sempurna.Selain itu, kamu mendapat pelajaran lainnya. Kamu jadi memahami karakter pria atau wanita seperti apa yang sanggup menjadi pasangan sepadan untukmu di masa depan.Kamu mesti bisa mengambil pelajaran dari kegagalan hubunganmu yang lalu. Bukannya malah ingin mengulangi kesalahan yang sama dengan kembali lagi menjalin cerita dengan dia yang memiliki banyak perbedaan dan menorehkan luka. Sungguh, kamu adalah makhluk ciptaan Tuhan yang diberi akal budi untuk pandai mencerna tanpa mengulangi kesalahan yang sama satu kali lagi.Buka mata dan buka hati: dia adalah sosok yang samayang pernah sengaja menggurat hatimu sampai lukadia adalah sosok yang sama yang pernah menyakitimu viawww.americanhealthtips.comMemang kamu masih sering dibutakan cinta dan berharap bahwa situasi akan berubah dan dia akan menjadi orang yang berbeda. Namun, kamu harus kembali berpijak pada bumi dan membuka mata untuk bisa menyadari bahwa dia masih sosok yang sama.Yakinkan diri sendiri bahwa dia pernah mengguratkan luka di hati. Dia adalah orangyang dulu pernah membuatmu kecewa dan merasa tidak berharga sebagai manusia. Untuk makin meyakinkan diri, kamujuga perlu membuka telinga terhadap nasihat yang diberikan oleh orang sekitaran. Mereka lah yang juga menjadi saksi ketika kamu kelimpungan dan terseok-seok menjalin cerita dengan orang yang salah.Kamu pantas bahagia selama yang kamu bisa. Kembali ke pelukannya hanya akan membuat dirimusenang sementarakembali ke pelukan mantan lama bukanlah pilihan utama viaimgbuddy.comKamu merupakan manusia merdeka dengan jejeran pilihan yang bisa kamu tunjuk dengan ujung jari. Saat hendak makan siang saja kamu memiliki banyak pilihan demi mengisi perut yang keroncongan. Begitu juga dengan masalah hati. Kamu memiliki banyak pilihan dengan siapa dan orang seperti apa yang boleh memasuki ruang hatimu. Kamu layak bahagia pun layak menikmati cinta dengan kadar termurninya. Kamu tak perlu kembali ke pelukan orang yang pernah menyakitimu dan mengemis cinta di sana.Oleh sebab itu, kembali ke pelukan dia yang pernah menyakitimu bukanlah pilihan satu-satunya. Kamu memiliki banyak pilihan yang lebih berharga untuk mengisi cerita bahagia di dalam kehidupanmu. Untuk menjadi bahagia, kamu tak melulu harus memiliki pasangan. Dalam kesendirian pun kamu tetap bisa mencecap rasa bahagia. Ada keluarga dan sahabat yang sedia mengucurkan kasih sayang tanpa batas.Menengok ke belakang hanya akan membuat perjuanganmu untuk melupakannya selama ini menjadi percumamenengok ke belakang hanya akan membuat perjuanganmu jadi percuma vialookitslina.tumblr.comMenambatkan hati sekali lagi pada dia yang pernah menorehkan luka merupakan kesalahan besar. Segala perjuangan, suntikan semangat dari kawan yang mendengarkan curhatmu sebagai sarana pelampiasan, dan usaha keluarga untuk menghiburmu akan berakhir sia-sia. Hatimu yang bentuknya sudah hampir utuh akanrawan dihancurkan karena kamu kembali dengan orang yang salah.Memilih menulis ulang cerita yang telah lalu juga akan menjebak dirimu sendiri ke dalam pusaran luka lama. Kamu akan terjerembap dan sulit untuk melangkahkan kaki ke depan. Jika pun suatu saat kamu memutuskan untuk mengakhiri jalinan untuk yang kedua kalinya, kamu akan semakin sulit untuk menapakkan kaki karenakamu sudah terperosok terlalu dalam.Lihat ke depan. Ada cinta baru yang menunggumu, yang tak ternodai luka hati atau janji yang tak pernah ditepatidi depan sana ada orang yang menantimu viagalleryhip.comDi ujung perjalananmu sudah ada sosok yang menanti. Dia lah yang akan menggenapkan cerita cintamu di masa depan. Dia pula yang mampu membuatmu bahagia dan melontarkanmu setinggi-tingginya. Tidak akan ada rasa sakityang sama yang akan kamu hela ketika bersanding dengan dirinya.Yakinilah bahwa cinta barumu telahmenanti. Tidak ada manfaat yang akan kamu petik berkubang di lubang kesedihan terlalu lama bahkan berpikir untuk kembali lagi ke pelukan sang mantan. Ingatlah bahwa hidup yang kamu cecap ini hanyalah sekali, tidak ada gunanya tepekur lama-lama menyesali diri bahkan mengulang kesalahan yangsama sekali lagi.Yakinkan dirimu bahwa kembali menjalin hubungan dengan manusia yang pernah menorehkan luka merupakan kesalahan yang takpatut direka ulang. Di masa depan, yang seharusnya bersanding denganmu sudah mengulurkan tangan. Mengapa kamu ingin berpaling darinya sekarang?#cewek#cinta#cowok#mantan#pacaran#pasangan#putus

Setelah dipikir panjang, ternyata dia tidak ada gunanya.
Geuning urg hyng butuh penyemangat daftar kuliah teu perlu aya mnhna.

Sabenernamah urang embung berurusan deui jeung nu nggeus-nggeus.

Jangan di biasakan.

Manehna aya teu pikiran hayang kawin jeung urang ?
Atau aya teu pikiran bahwa urang nu terbaik?

Untung putus.
Tidak ada gunanya.

Tidak berarti apapun.

Bakal putus deui, moal pi manjangeun.

Perlihatkan kalau kamu sudahmove onSejatinya, berlagak sudahmoveonitu memang susah banget. Tapi, hal itu yang harus kamu lakukan ketika mantan kamu ngajak balikan. Kamu harus tunjukin kalua kamu sudah jadiwonder womantanpanya. Kamu bisa memamerkan seorang pria lain di hadapan sang mantan, biar dia percaya kalua kamu itu sudah punya pria lain buat tambatan hatimu.Selain itu, kamu harus bersikap cuek seolah kamu itu sudah nggak punya rasa apa-apa lagi ke dia, meskipun kamu sebenarnya masih punya rasa walau sedikit.Komunikasikan dengan cara yang biasa aja, jangan sampai bawa perasaanLoopers, cara yang kedua yaitu kamu harus benar-benar sudah berkomunikasi sama mantan kamu. Kalau si dia tetap mengajak kamu balikan, lontarkan lagi alasan kenapa kamu mutusin dia.Bukannya mau mengungkit masa lalu yang bikin kamu sakit, tapi untuk menghindari biar mantan ini kembali membuatmu baper akan semuakenangan tentangnya. Cara menyampaikannya jangan dengan nada yang tinggi, Loopers harus santai, sopan santun dan jelas.Ngobrol berdua adalah penyebab kamu baperMeskipun pada dasarnya kamu butuh banget buat berkomunikasi dengan dia, kamu nggak perlu kok ngasih kesempatan ngobrol sama dia. Ngobrol dengan dia sama aja membuka kenangan lama tentang kalian berdua, apalagi kalo ngobrolnya di tempat kalian dulu jadian. Jadi gagal kan usahamove onkamu!Cara yang paling gampang untuk melakukan komunikasi tanpa perlu ngobrol adalah dengan meme. Akhir-akhir ini kan banyak tuh beredarmemetentangmove onatau sejenisnya. Kamu bisa banget menjadikan meme tersebut sebagaiprofilepicturekamu atau kalo perlu bisa juga diposting ditimelinekamu. Nggak perlu deh ngobrol berdua lalu baper dan balikan.Ingat selalu kesalahan yang pernah dia buatKamu pasti punya alasan besar sebelum memutuskan untuk putus dengan mantan kamu itu.Nah, untuk menghilangkan baper ketika teringat akan kenangan indah masa lalu, sangat dianjurkan buat kamu untuk mengingat-ingat kesalahan yang telah dia buat.Jangan biarkan janji-janji kampanye dari dia agar bisa kamu terima kembali termakan mentah-mentah.Abaikan diaKalau cara di atas belum mempan, kamu bisa mengabaikan seluruh sms, telpon, atau akun chatting lain darimantan. Kalau kamuabaikandia, diapasti lama-kelamaancapeksendiridannggaklagihubunginkamu.Hapus kontaknyaLoopers, kamu yang sekarang sudahmove ondari mantan, tiba-tiba sang mantan ngajak untuk balikan karena alasan nggak jelas. Pasti itu bikin kamu bawa perasaanlagi dan nggak bisamove ondong. Loopers, kalau kamu merasa risih sama mantankamu yang nyebelin itu, kamu bisa hapus semua kontaknya lho, mulai dari nomer hp-nya, sampai akun-akun chatting dia.Jangan lupa untuk hapus semua data dia yang ada di hp kamu. Dengan begitu, kamu bakalan merasa tenang dan antibaper karena mantan yang ngajak balikan.Jangan pernah buat dia baper dan akhirnya menyesalKesalahan yang selalu dilakukan oleh banyak orang setelahmove onadalah membuat mantan baper dan kemudian menyesal. Jangan pernah melakukan hal tersebut.Itu tandanya kamu masih sayang sama dia. Biarkanlah mengalir apa adanya. Lupakan sajalah, jangan pernah kepo tentang kehidupannya lagi.

Mantan ngajak balikan setelah sebelumnya berusaha menciptakan kedekatan kembali dan pada saat yang tepat dia secara jujur menyatakan ingin kamu balikan dengan dia. Saat ada masalah dan menjadikan kalian bubaran, kamu tentu berusaha melupakan dia. Saat mantan sudah bisa teralihkan oleh hal lain, rasanya galau jika dia tiba-tiba muncul dan melakukan hal yang sudah dijelaskan diatas.Dari dalam hati, kadang merasa senang, tapijuga merasa bimbang. Diterima atau tidak itu merupakan keputusan yang bisa merubah kehidupan kita nantinya. Jika kamu merasa bingung harus bagaimana, madjongke.com punya sedikit tips untuk mencari solusi dari masalah ini.Pertama-tama, bayangkan kedepannya jika kamu balikan samamantan. Apakah bisa menciptakan kenyamanan atau justru rasa galau yang berlebihan. Itu bisa kamu ketahui dari karakter mantan sebelumnya. Bisakah dia memberikan kebahagiaan untukmu atau justru sering menyakitimu. Jika kemungkinan tidak ada kenyamanan apalagi bahagia, lebih baik tolak dengan cara yang halus.Berikutnya jika mantan ngajak balikan kamu,lihat apakah ada ketulusan didalam niatnya untuk balikan tersebut. Caranya bisa diketahui dari seberapa besar usahanya untuk meyakinkan pada kamu bahwa dia benar-benar menginginkanmu. Bukan dilihatdari kata-katanya tapi tindakan/upaya yang dia lakukan. Dengan ini, kamu perlu sedikit jual mahal. Kalau dia benar-benar ingin kembali tentu saja dia akan terus berusaha hingga batas kemampuan. Jika dia mundur tentu sudah jelas kalau dia hanya mencoba peruntungannya, dapat syukur gak dapat juga gak apa-apa. Jika begitu bukan tidak mungkin dia akan menyakitimu lagi.Harus begitu karena penyebab mantan inginbalikanitu banyak. Bisa saja karena merasa kesepian, hanya sesaat merasa kehilangan kamu, cuma kangen, atau yang terbaik dia benar-benar mencintaimu dan tidak bisa mencintai orang lain sebesar dia memiliki cinta untukmu. Jadi kalau mantan ngajak balikan, jangan terburu-buru untuk menerimanya. Kamu memang masih sayang dan cinta padanya, tapi tetap lihat kebaikan kedepannya. Jika kecil kemungkinan untuk merasakan kenyamanan dan kebahagiaan, lebih baik tidak. Jika asal terima bisa saja suatu saat kamu menyesal sudah menerima dia kembali.Kebahagiaan dan kenyamanan adalah yang utama. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Bisa saja ada Orang yang bisa membuat kita bahagia dan orang itu sudah disiapkan untuk kita. Bisa juga memang mantan yang nantinya bisa membuat kita bahagia, kalau jodoh pasti ketemu. Saran akhir dari madjongke.com, pikirkan baik-baik jangan hanya menuruti perasaanmu saja.

Mantan kamu ngajak balikan tapi kamu bingung jawab apa?Sebelum kamu jawab sebaiknya cari tau dulu kenapa mantan kamu ngajak balikan. Nah bagi kalian yang masih bertanya-tanya apakah mantan benar-benar serius minta balikan atau cuma modus doang, mending Mia kasih tau dehApasih Alasan Mantan Ngajak Balikan?1. Menjadikan Kamu Sebagai Pelarian.Ketika mantan mengajakmu kembali saat dia baru putus dari pacar barunya, kemungkinan besar kamu hanya dijadikan sebagai pelampiasan rasa sakit hatinya pasca putus cinta. Jangan mudah luluh dengan rayuan mautnya ya readers. Maka dari itu berhati-hatilah, jangan sampai jatuh di lubang yang sama karena itu dijamin akan lebih menyakitkan dari sakit hati di masa lalu.2. Memang Masih Sayang.Jika mantan masih menjomblo pasca putus dari kamu, kemungkinan besar dia belum bisa move on. Dan jika dia menginginkan kamu untuk kembali padanya, Mia rasa tidak ada salahnya untuk memberinya kesempatan kedua. Siapa tau hubungan kalian bisa diperbaiki untuk kedepannya, dengan syarat jangan mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu.3. Menyesal"Aku sadar, ternyata cuma kamu yang selalu mengerti aku. Maafkan aku. Maukah kamu memperbaiki semuanya denganku?"Mungkin readers sudah bosan dengan alasan seperti itu, bahkan ada yang ingin muntah saat membaca atau mendengarnya? Pastinya,karena memang inilah alasan paling umum yang dikatakan mantan untuk memperbaiki hubungannya denganmu. Serius atau tidak, tergantung dari kamu sendiri yang menilai. Maka dari itu, berpandai-pandailah mengetahui apakah mantan benar-benar menyesal pernah menyudahi hubungannya denganmu, atau itu hanya salah satu dari beribu alasan untuk mendapatkanmu kembali.4. Kamu Terlihat Lebih Menarik.Ini adalah alasan utama mantan untuk memintamu kembali padanya, walaupun terkadang hal ini hanya diketahui sang mantan sendiri dengan merahasiakan hal ini padamu."Pacar terlihat lebih menarik saat menjadi mantan.Entah benar atau tidak, hal itulah yang menjadi sugesti mantan sehingga dia ingin kembali bersamamu. Atau mungkin kamu juga pernah merasakannya, ketika putus cinta kemudian secara tidak sengaja bertemu mantan kekasih, dan sepertinya dia terlihat lebih menarik dari sebelumnya. Lalu, apa kamu ingin dia kembali padamu?5. Ingin Memanfaatkanmu.Kamu harus mengetahui benar hal ini jika kamu tidak ingin tersakiti untuk yang kedua kalinya. Sebelum kamu menerima, ingatlah dulu mengapa hubunganmu kandas di tengah jalan. Apakah kamu hanya dimanfaatkan oleh mantan? Jika ya, maka jangan pernah menerimanya kembali karena bisa jadi hal itu pula yang menjadi alasan mantan untuk kembali padamu. Contohnya kamu dimanfaatkan dalam segi materi, jadi pacar kamu selalu memanfaatkan uang kamu kamu untuk keperluan pribadinya atau untuk hura-hura, atau sering pinjam uang tapi tidak dikembalikan misalnya. Seandainya kamu diperlakukan seperti itu, saran Mia mending jauhin dia deh sebelum kamu rugi besar. Belum halal aja sudah begitu, apalagi kalau sudah halal? Coba pikir-pikir lagi. Cinta sih cinta, sayang sih sayang, tapi kamu harus lebih pintar dari cinta. Jangan sampai dimanfaatkan oleh cinta.Nah, sekarang mana yang menjadi alasan mantan untuk kembali padamu? Ketahui dulu alasannya, baru kamu bisa memutuskam untuk menerima dia kembali atau tidak. Jangan salah ambil keputusan ya readers.

Mantan Kembali Setelah Tinggalin Kamu. Harus Diapain, ya?Sudah mati-matian untuk bisamove on, sudah berusaha keras melupakan semua kesalahan mantan, sudah bisa membuka diri pasca diselingkuhi sama mantan…, eh mendadak si dia hadir kembali. Pastinya ada perasaan kesal, marah, dan tersinggung, saat seseorang yang sudah meninggalkan kamu begitu saja, hadir dan meminta kenangan lama terulang kembali. Namun, jangan tergesa-gesa untuk menerima kehadiran dia kembali. Kalau jadi teman bolehdeh,ya. Kalau jadi pacar lagi? Eits, tunggu dulu…Tak perlu terbawa suasana tempo duluBiasanya, saat seseorang yang sudah lama berhubungan dengan kamu, dia tahu bagaimana cara membuat kamu nyaman. Tahu membuat kamu tertawa, membuat kamu bahagia, dan membuat kamu merasa dicintai. Dia tahu apa sajatrik-trik yang digunakan untuk membuatkamu kembali seperti dulu dan mencintai dia lagi. Semua sudah mantan kamu hapal luar dalam. Ini yangmembuat dia lebih mudah membawa kamu ke “masa-masa” saat kalian bersama dulu. Maka tak jarang, cara-cara dia mampu meluluhkan hati kamu (lagi). Namun, sebaiknya jangan terlalu terbawa suasana terlebih dahulu.Kita enggak pernah tahu apa maksud mantan pasangan kembali mendekati lagi. Bisa saja dia hanyaisengdan mencoba mempermainkan kamu(LAGI). Tetap jaga jarak dan jawab seperlunya.Sebagai pihak yang disakiti, kamu harus bisa tegasSaya punya seorang teman yang selalu bersikap baik saat mantannya datang tiba-tiba. Parahnya, bukan hanya sekali dua kali, tetapi berkali-kali, mantannya bisa pergi dan datang begitu aja. Teman saya dan mantannya, masih saling merangkul, berpegangan tangan,bahkan mengaku pernah juga berciuman saat status mereka bukan berpacaran lagi.Tidak bisa tegas dengan masa lalu justru memperumit urusan di masa sekarang. Si teman saya jadi sulit untukmove ondan terus berharap dengan mantannya. Dia tak pernah sadar bahwa dia hanya dijadikan pelarian saat mantannya hanya membutuhkan sesuatu untuknya. Nah, ini juga yang mungkin akan kamu rasakan jika tak bisa bertindak tegas dengan mantan pacar kamu. Katakan apa yang kamu inginkankepada dia.Content continue below...Apa hal yang membuat kamu dan dia putus?Menjalin hubungan baik dengan mantan memang tidak salah, ASALKANkamu sudah berdamai dengan masa lalu.Kamu sudah memaafkan kesalahan kalian berdua, sudah tak mau terlibat kembali untuk hubungan dulu atau murni 100 persen sudahmove on.Kalau kamu bisa bersikap seperti itu, tentu saja masa lalu sudah dijadikan pelajaran. Yang membahayakan apabila kamu masih terus berharap dengan seseorang yangtidak baik untuk kamu. Coba ingat-ingat apa saja kesalahan kalian berdua yang menyebabkan kalian berpisah. Apa sajayang membuat kalian akhirnya putus—apakah hanya kesalahpahaman atau karena masalah berat. Kalau ternyata kamu masih belum bisa memaafkan diadan berpikir bahwa kamu tak bisa seperti dulu, maka kamu enggak harus memaksa untuk berteman baik dengan dia kok.Karena kamu harus egois dengan memikirkan perasaan diri kamusendiri, bukan orang lain.Balikan atau tidak, itu pilihan kamuLagi-lagi, apa pun keputusannya tetap ada di tangan kamu. Kamu mau kembali memperbaiki hubungan yang sudah hancur bersama dia lagi, silakan.Namun, kalau tidak pun itu adalah keputusan kamu. Kalau masih mau bersama dia, pastikan bahwa kamu sudah melupakan kesalahan dia dan tak mengungkit masalah dulu. Kalau keputusan kamu untuk tak mau bersama dia, maka saran untuk kamu adalahmengabaikannya.  Biarkan dia terus mengejar kamu karena kamu sudah bertindak tegas kepada dia.Anggap dia tak ada—sama sperti dulu dia anggap kamu tak ada saat dia menemukan wanita/pria lain.

Ternyata Diputusin Itu Lebih BaikSetiap hubungan pasti akan berujung pada yang namanya perpisahan. Dan dalam hubungan pacaran pasti berujung dengan yang namanya “Mutusin” atau “Di putusin”.Dan kali ini bakal ngebahas ternyata di putusin itu lebih baik dari pada mutusin. Kenapa begitu?Jawabannya ada di tirai 3!!! Hahaha apaan sih garing banget alias jawabanya ada di bawah ini…..1. Bisa lebih cepat move on.Kenapa begitu? Karena dengan kita yang di putusin kita bisa lebih mudah move on dari sangmantan. Menurut pengalaman sendiri sih ya sebelum kita putus pasti kita yang bener-bener berusaha pertahanin hubungan kita,tapi si dia pun begitu, bener-bener berusaha buat mutusin hubungan itu. Tapi percaya deh 1 minggu atau 2 minggu di putusin kita bisa move on,ya emang bukan move onterus dapet pacar baru. Cuma move on buat buka hati dan ngelupain sang mantan karena di pikiran kita “Ngapain masih mikirin dia? Toh gue yangdi putusin. Toh dia udah nyia-nyiain gue”. Gitu2. Sakit di awal dan lega di akhir.Sakit di awal dan lega di akhir? Bukan-bukan. Itu bukan lagi nahan pupkok. Jadi maksudnya itu kita bakal ngerasain sakit yang mendalam setelah di putusin. Dan juga kita bakal tersiksa sama bayang-bayang dan kenangan-kenanganindah dari sang mantan. Jelas memang. Setelah kita di putusin kita pasti berantakan dan di otak kita cuma ada dia, pasti dia dan selalu dia. Di setiap aktivitas yang kitalakuin pasti bakal keinget sosok sang mantan itu, dan di dalamhati pasti bertanya “Kenapa harus putus? Gak bisa pertahanin dulu? Gak bisa minta waktu dulu?”. Iya itu emang bener-bener sakitdan nyiksa hati dan pikiran kita. Tapi percayadeh, di balik sakit  itu semua pelan-pelan hati kita bakal terbiasa tanpadia. Dan karena hati kita mulai terbiasa kita bakalan ikhlas dan hati kita menjadi lega. Toh tetep dia yang nyia-nyiankita.3. Gak nyesel kalo liat diaPernah denger quotes “Mantan terlihat indah kalo udah gak sama kita” iya itu emang bener sih yaa hahaha. Ya tapi itu gak terlalu berlaku buat orang yang di putusin. Kenapa eh kenapa? Soalnya hati orang yang di putusin itu sudah hancur dan sudah mati rasa sama dia. Mau secantik apapun dia, orang yang di putusin bakalan biasa aja. Orang yang di putusin juga gak bakalan nyesel kalo dia sekarang lebih cantik, karena dia sudah sibuk memperbaiki diri dan sibuk buat membuktikan bahwa sang mantan salah mutusin dia. Dan dia bakalan berusaha keras buat bikin sang mantan yang nyesel karena udah mutusin dia, apapun caranya. Entah dengan penampilan, kesuksesan atau yang lainnya.Mungkin segitu aja alasan kenapa diputusin itu lebih baik dari pada mutusin. Alasan itu juga tetep balik lagi kepadan kalian, setiap orang kan beda-beda. Itu cuma alasan sotoy ala ague aja.Buat temen-temen yang di putusin jangan berkecilhati. Jangan terlalu larut dalam kesedihan akibat di putusin. Saatnya kalianmemperbaiki diri dan membuktikan kalo sang mantan telah salah buat mutusin kalian. Ciaaaaoo semangat!!Tagged:4 komentar:Tyo Muharom18 Mei 2015 10.17Ano..Tapi kalo misalnya yg mutusin itu minta maaf, trus ngajak balikan?Mending diterima atau di mampusin aja?BalasTyo Muharom18 Mei 2015 10.17Ano..Tapi kalo misalnya yg mutusin itu minta maaf, trus ngajak balikan?Mending diterima atau di mampusin aja?BalasRiyan Saiful18 Mei 2015 21.37di pikir2 dlu klo w, kenapa dulu dia mutusin trus tanya alasan dia ngajak balikan gmna..klo emg ternyata diri pribadi kita masih sayang yaa lebih baik jalanin tpi jgan trlalu membuka hati dengan lebar-lebar....tp klo emg kitanya juga udahtrlanjur sakit hati btuh wktu lama untuk menerima doi kembali mengisi kekosongan hati kita...jadi yaa klo emg blm yakin mau terima apa nggak mending di pikir2 dlu jgn langsung terima..tpi jgn klamaanjuga buat mikir2nya.....atau nggak mampusin aja wkwkwkBalasRamadan Febrian20 Mei 2015 06.31kalo mutusin minta maaf terus ngajak balikan lagi ya?yaa gapapa kalo minta maaf ya maafin aja, tapi kalo buat balikan ngapain? balikan itu kaya baca buku 2 kali dan endingnyatetep sama ajatetep sakit.terus kalo balikan emangmau disakitin 2 kali? gak kan? kalo gitu udah tau dongjawabanya.

Neang deui atuh kivan.

“Bim, lu sama si Nisa masih pacaran?”“Masih kok. Kenapa, Ji?”“Nggak papa. Kirain udah bubar.Hehe”“Kurang ajar, lu!”“Lha abisnya nggak jelas sih kalian”Pada dasarnya, menjalin hubunganmemang bukan perkara mudah. Akan ada banyak masalah menderasepanjang perjalanan hubungan kalian. Itu pasti. Kalian tak akan pernah bisa mengelak dari masalah. Alasannya sederhana. Kamu dan pasanganmu adalah duapribadi yang berbeda. Menyatukan dua pola pikir dalam satu ikatan tak mungkin tanpa prahara dan hambatan. Masalah dalam hubungan akan mendewasakan kalian. Menguatkan hubungan dengan belajar saling memaafkan.Hanya saja, tak semua hubungan akan berjalan seperti angan. Masalah yang datang kadang memaksamu untuk berpikir ulang. Bertahan atau melepaskan. Dua pilihan penting yang akan menentukan masa depan tak hanyakamu, namun juga pasanganmu. Jika tanda-tanda hilangnya cinta dalam hubungan sudah kalian rasa,bisa jadi hubungan kalian memang sudah tak punya masa depan. Kalau tak ada timbal balik atas usaha yang kamu lakukan, lebih baik lepaskan!1. Jangan paksakan hubungan yang sudah tak memiliki ketertarikan. Saat dia lebih tertarik pada pesona pihak ketiga, dia tak layak kamu cintaSudah tak ada ketertarikan antara kalian via%20imgkid.comYang menjadi awal pemantik percikan api asmara dalam hubungan kalian jelas rasa ketertarikan satu sama lain yang dulu muncul di antara kalian. Pun demikian dengan yang bakal menjaga api itu agar tak padam adalah rasa ketertarikan yang ada antara kalian. Saat rasa ketertarikannya kepadamu sudah teralih kepada pihak ketiga yang menurutnya lebih menggoda, tak bisa dielakkan lagi bahwa ketertarikan kalian perlahan akan luntur. Kalau pasanganmu mudah tergoda dengan pesona pihak ketiga, dia bukan orang yang tepat untuk kamu perjuangkan.2. Semua orang tau, kepercayaan pada pasanganitu penting dalam hubungan.Kalau pasanganmu sudah mulai membuat larangan-larangan tak masuk akal, kalian lebih baik bubardilarang kerja lemburRasa saling percaya satu sama lain adalah pondasi dasar kuatnya hubunganmu. Semakin kuat rasa percaya antara kalian, semakin kuatpula dasar hubungan kalian. Ketika dia mulai membuat larangan dan batasan untukmu yang tak masuk akal, itu tandanya dia sudah tak percaya lagi kepadamu. Kehidupan pribadimu akan terganggu. Jangan melakukan ini dan jangan melakukan itu akan selalu keluar dari mulutnya. Kalau dia sudah seperti itu, daripada hidupmu sendiri yang berantakan karena batasan dan larangannya, lebih baikkamu melepaskan dia!3. Cinta sejati akan menerimamu apa adanya. Dia yang memaksamu untukberubah demi kepentingannya saja jelas bukan orang yang tepat untuk dipertahankanmemaksamu berubah hanya karena keinginannyaSetiap manusia akan berubah pada waktunya. Hidup sendiri juga merupakan proses menuju kedewasaan dimana setiap fasenya pasti akan mengubah sudut pandang kita pada dunia. Hanya saja, perubahan yang dia paksakan padamu adalah perubahan menjadi pribadi yang nurut sama dia. Urusan perubahan itu mengganggumu dan membuatmu rugi, dia tak peduli. Kalau memang semakin kesini dia semakin banyak menuntutmu untuk berubah sesuai keinginannyadia saja, itu tandanya hubungan kalian sudah tak lagi punya nyawa. Daripada memaksa bertahan, lebih baik putuskan saja.4. Apapun masalahnya dan siapapun yang memulai, harus kamu yang minta maaf dulu. Kalau sudah seperti itu, yakin kalau dia layak mendapat cintamu?Aku gak mau minta maaf! viaquotesgram.comKetika berbicara soal hubungan, sudah pasti masalah akan datang. Dengan membicarakannya baik-baik dan berani mengucap maaf ketika memang salah, masalah pasti akan bisa terselesaikan. Hanya saja jika pasanganmu melakukan kesalahannamun tak mau mengakui kalau diayang salah dan malah menuntutmuminta maaf, maka dia wajib kamu putuskan!Bertahan dan melanjutkan hubungan dengan orang seperti itu tak akan memberimu manfaat. Alih-alih bikin bahagia, yang ada malah dia akan membuat hidupmu sengsara. Lebih baik putusin aja daripada bertahan di hubungan yang tak punya masa depan sepertiitu.5. Hubungan akan bertahan jika kalian saling menguatkan. Namun jika jarak antara kalian semakin melebar, yakin kamu memutuskan untuk bertahan?Jarak antara kalian sudah terlampau jauh via%20howdoidate.comKedekatan tak melulu soal fisik yang jadi acuan. Kedekatan denganpasangan yang lebih penting sebenarnya adalah kedekatan perasaan antara kalian. Boleh saja kalian menjalani hubungan jarak jauh dimana raga tak bisa leluasa bertemu, namun hati tetap dekat, hubungan kalian juga tak akan terganggu.Saat hati pasanganmu sudah mulaiterasa jauh, itu tanda tak terelakkan bahwa hubungan kalian akan memudar. Jika kamu sudah membicarakannya dengan dia namun hasilnya jarak antara kalian tetap ada, mempertahankannya hanya akan membuatmu merasa sakit hati saja.6. Bertemu dengan orangtuamu bukan prioritas bagi dirinya. Itu tanda hubungan kalian tak akan kemana-manaSama teman dong~ viatumblr.comKata orang, keberanian untuk bertemu dengan orangtua pasangan adalah patokan menuju keseriusan dalam hubungan. Mereka yang berani bertemu dan bisa meyakinkan orangtua pasangannya adalah pribadi yang layak kamu pertahankan. Tapi jika pasanganmu saat ini jauh lebih memilih untuk pergi dengan teman-temannya daripada bertemu dan berkenalan dengan orangtuamu, ituartinya hubungan kalian tak punya masa depan. Dia lebih memilih dunianya daripada mengenal keluargamu. Pasangan seperti itu akan lebih sering membuatmu sakithati daripada membahagiakanmu.7. Masalah ada untuk diselesaikan. Dia yang memilih menghilang daripada berbicara soal masalah kalian jelas bukan orang yang bisa menemanimu di masa depanLebih memilih untuk pergi via%20splatter.comSetiap hubungan pasti akan menghadapi masalah cepat atau lambat. Meski demikian, dengan mau berbicara empat mata dan menjelaskan duduk perkaranya, semua masalah pasti akan bisa diselesaikan dengan cepat tanpa memperkeruh masalah. Tapi jika pasanganmu malah lebih suka menjauh dan menghilang saat kalian sedang ada masalah, itu tandanya dia belum dewasa dalam menjalani hubungan. Dia yang lebihmemilih untuk pergi daripada membicarakan masalah kalian jelasbukan pasangan yang layak untuk kamu pertahankan. Bersama dia, hubunganmu tak akan punya masa depan yang menjanjikan.Jika hubunganmu dengannya memilki mayoritas tanda-tanda diatas, kamu wajib memikirkan lagi masa depan hubungan kalian. Memang sih hubungan kalian masih bisa berakhir bahagia selama kalian bisa menyelesaikannya dengan bicara dari hati ke hati. Namun jika segala usaha tetap tak membuahkan hasil,yakinkan hatimu untuk pergi. Bertahan di hubungan yang tak punya masa depan seperti itu hanya akan membuatmu terjatuh dalam lubang luka yang lebih dalam.

Putus artinya tidak berarti apa-apa. Segalanya.

Tentang urusan kisah cinta di masalalu memang banyak sebutannya. Mulai dari terjebak nostalgia sepertilagu Raisa, cinta lama belum kelar, sampai cinta lama bersemi kembalipasti nggak asing lagi. Hidupmu akan menemui dilema saat sang mantan yang seharusnya sudah jauh-jauh di belakang datang lagi dan minta diberi kesempatan kedua. Apalagi kalau sampai sekarang kamu juga masih sendiri. Duh, galaunya bakal tingkat dewa.Soal mantan memang nggak pernah ada habisnya. Mantan bisa menjadi kenangan buruk tersendiri, sampai-sampai tempat angker yang paling horor untukmu adalah rumah sang mantan. Tapi bisa jugamantan menjadi kenangan paling manis dalam hidupmu. Indah sih, tapi sayang cuma ada di kenangan.Tapi saat mantanmu datang lagi dan minta balikan, kenangan itu bisa saja terulang.Sebelum kamu balikan sama mantan, Hipwee akan kasih kamu beberapa bahan pertimbangan biar nanti kamu nggak menyesal lagi di belakang.1. Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Karenanya, setiap orang berhak pada kesempatan keduakasih kesempatan nggak yaKenapa hubungan kalian akhirnya kandas jelas ada sebabnya. Mungkin dulu mantanmu melakukan kesalahan yang akhirnya membuatmu nggak bisa bersamanya. Tapi bukankah manusia memang tempatnya salahdan lupa. Semua orang pernah melakukan kesalahan? Termasuk dirimu sendiri. Karena itulah, setiap orang juga berhak mendapatkan kesempatan kedua, termasuk mantanmu yang pernah melakukankesalahan. Toh di dunia ini nggak ada sempurna.2. Kembali bersama mantan,nggak menutup kemungkinan masalah yang sama terulang. Kamu bisa patah hati yang kedua, ketiga hingga keempat kalidisakiti lagiSatu hal yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan kembali ke pelukan mantan adalah, bahwa karena dia orang yang sama, bukan mustahil masalah-masalah yang sama akan terulang. Bagus bila mantanmu orang yang pintar dan tulus belajar dari kesalahan. Tapi kenyataannya nggak semua demikian. Saat kamu memutuskan balikan dengan mantan, biasanya nanti aka nada putus kali kedua dan ketiga. Yah, siap-siap aja ya.3. Balikan dengan mantan memang terlihat mudah. Kamu sudah mengenalnya. Nggak perlu beradaptasi lagi, nggak perlu kikuk lagimantan adalah orang yang sudah kamu kenal viainyouifindproof-blog.tumblr.comMantanmu adalah orang yang sudah kamu kenal. Apalagi kalau hubungan kalian dulu berjalan cukup lama. Kamu sudah tahu kebiasaan-kebiasaan dan sifatnya. Saat dia marah, kamu tahu cara mendinginkan hatinya. Saat dia senang atau sedih, kamu juga sudah tahu apa yang akan dia lakukan. Kamu juga sudah tahu baik buruknya dia. Begitu juga dirinya yang juga sudah bisa memahamimu sepenuhnya. Intinya, kamu dan dia nggak perlu beradaptasi lagi. Hal ini akan membuatmu merasa lebih mudah daripada bersama orang baru yang berbeda.4. Tapi bersama seseorang yang baru, merasakan hal-hal baru, bukankah akan membuatmu lebih berkembang?dengan orang baru pengalamanmujuga baru viayouqueen.comMungkin inilah yang membuatmu enggan memulai lembaran baru dengan orang baru. Kamu enggan menghadapi orang berbeda yang mengharuskan kamu beradaptasi lagi. Apa itu sebabnya kamu selalu kepikiran mantan yang kamu anggap zona nyamanmu? Tapi begini, jika kamu bersama orang baru, yang pastinya punya perbedaan dengan mantanmu, dan dari situ kamu merasakan hal-hal baru, bukankah itu akan membuatmu semakin berkembang? Toh setiap orang punya keunikan masing-masing. Sensasi yang berbeda mungkin akan kamu rasakan jika kamu mau memberi kesempatan kepada orang baru untuk memasuki hatimu.5. Kalau mantan kembali karena menyadari berharganya dirimu, dia memang layak ditunggukehilangan membuat semua orang belajar viayourpersonaljournal.tumblr.comAda pepatah bilang bahwa terkadang kita sering menyia-nyiakan apa yang kita miliki sekarang. Barulah saat semua itu menghilang, kita menangis dan meratapi semuanya. Nggak jauh beda dengan hubungan. Kadang berartinya seseorang baru ketahuan saat dia sudah ada. Rasa kehilangan itu akan membuat mantanmu sadar bahwa nggak seharusnya kamu dia sia-siakan. Dari situ, dia bisa belajar dari kesalahan agar nggak mengulangi kesalahan yang sama dan kehilangan dirimu lagi. Toh dia sudah tahu sakitnya kehilanganmu,masa mau diulangi lagi?6. Tapi bisa juga dia berpikir bahwa tak apa mengulang kesalahan yang sama. Toh, pada akhirnya kamu memaafkannyatoh dimaafkan jugaNggak semua orang bisa belajar dari kesalahan. Kadang ada juga mantan yang kurang ajar. Saat kamu memutuskan untuk memberikanya kesempatan, dia malah memanfaatkannya dengan nggak tahu diri. Mentang-mentang sekarang kamu memaafkan, dia justru berpikir bahwa nggak apa-apa melakukan kesalahan yangsama, karena akhirnya kamu maafin dia juga. Dia jadi menyepelekanmu dan menganggap kamu cinta mati padanya. Jadi mau disakiti seperti apa juga, kamu akan terima. Mantan yang seperti ini harusnya diasingkan ke kutub utara aja.7. Tanyakan ke dirimu sendiri bagaimana hidupmu setelah kalian tidak bersama? Kalau lebih buruk mungkin kamu memang membutuhkannyabersamanya membuatmu lebih baik viagraceful-at-heart.tumblr.comSekarang, lupakan soal bagaimana mantanmu. Fokus pada keadaan dirimu sendiri. Coba pikirkan, apakah kehidupanmu saat ini lebih baik daripada saat kamu masih bersamanya? Kalau hidupmu sekarang jauh lebih buruk dan nggak jelas dari saat masih pacaran dengannya, mungkin kamulayak mempertimbangkan untuk kembali padanya.Kadang memang ada orang-orang yang mampu mengendalikan kita dengan begitu halusnya, saat kita melakukan hal-hal positif bukan karena terpaksa tapi memang demi cinta. Jika memang kehadirannya membawa dampak positif untukmu, kembalilah padanya dan pertahankan apa yang kamu punya.8. Tapi jika kamu merasa lebih baik saat dia pergi, untuk apa kamu kembali ke masa lalu yang lebih buruk? Jangan sampai cinta membutakan semuajangan sampai cinta membutakan segalanyaSebaliknya, jika hidupmu kini lebih baik daripada saat masih bersamanya, ya nggak perlu berpikir dua kali untuk menolaknya. Dulu saat masih bersamanya, hidupmu tak jelas dan seperti tak punya tujuan. Maunya hanya senang-senang saja. Iya sih, dia bisa membuatmu seru. Tapi kan hidup nggak hanya butuh keseruan semata. Kalau setelah kepergianmu, kamu merasa mulai bisa menata hidupmu dan menjadi kamu yang lebih baik, untuk apa kamu kembali padanya dan mengacaukan segala sudah mulai tertata? Cinta sih cinta. Meski Agnesmo bilang cinta tak ada logika, kadang kamu harus memaksa untuk pakai logika supaya cinta nggak membuatmu buta.9. Kembali pada mantan berarti memberikan kesempatan pada dirimu sendiri untuk berdamai dengan masa lalumemperbaiki sesuatu di masa laluAda kalanya setelah melakukan sesuatu yang menurutmu salah, kamu berharap pintu Ke Mana Saja Doraemon benar-benar ada supayakamu bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahanmu. Itulah kenapa kita harus hati-hati dalam mengambil sikap atau bertindak. Karena waktu tidak pernah bisa diputar dan apa yang terjadi di masa lalu nggak bisa kamu ubah seenaknya. Begitulah hubunganmu dengan dia. Di masa lalu mungkin dia atau kamu sendiri membuat kesalahan yang membuat akhirnya hubungan kalian kandas dan kalian sama-sama terluka. Saat mantan kata balikan ditawarkan, sama artinya dengan kamu diberi kesempatan untuk memperbaiki masa lalu . Belajar dari kesalahan saat itu, kamu bisa membuat hubungan yang lebih baik untuk kalian berdua.10. Tapi ada saatnya kamu harus berhenti. Memilih melanjutkan hidup tanpa bayangannya lagi. Kamu sendiri yang harus memutuskan iniada saatnya kamu tahu harus melepaskan viawww.entrepreneur.comApa yang sudah kita lewati dan ketahui memang lebih memberikan rasa aman daripada apa-apa yang belum kita ketahui. Berpaku pada kenangan indah dan sifat optimis tanpa batas yang meyakini semua pasti bisa diperbaiki meski sudah rusak berkali-kali, akan membuatmu sakit sendiri. Meski berhubungan kembali dengan mantanmu memberikan sedikit rasa aman karena kamu sudah mengenalnya dengan baik, tapi kamu juga harus bisa memutuskankapan kamu boleh memberikan kesempatan pada masa lalu atau menutup pintu dan menyongsong masa depan yang lebih baik. Kapansaatnya? Hanya kamu sendiri yang tahu.Sulit memang memutuskan apakahmantan layak diberi kesempatan kedua atau nggak. Ketakutan akan kegagalan yang terulang pasti ada. Tapi optimis bahwa semua orang berhak pada kesempatan kedua juga bisa kamu jadikan pegangan. Balikan atau tidak, nggak bisa kamutanyakan pada orang lain atau kamu cari teorinya di buku-buku panduan. Hanya kamu yang tahu apakah kamu layak balikan dengan mantan atau tidak. Toh, selama ini kamu yang merasakan.#balikan#mantan#pertimbangan

10. Tapi coba pikir lagi! Apakah kamu sudah siap lahir batin bersatu lagi dengan dia? Atau harus lanjutmove onaja?Hmmm… Balik gak yak? viagiphy.comCoba ingat lagi bagaimana karakter dia saat pernah bersamamu. Bagaimana keadaanmu saat kamu putus dengan dia? Dilema apa saja yang pernah kalian alami, sehingga kalian memang tidak mungkin untuk bersatu? Permasalahan apa yang tidak mungkin pernah kalian selesaikan?Dari semua pertanyaan itu, apakah kamu yakin mau kembali padanya? Yakin ingin melukai hatimu sendiri, sekaligus hatinya? Sudahkah siap secara lahir bathin meneruskan permasalahan yang sama dengan dia?Bukankah kita tidak pernah bisa menjamin kalau kembali padanya, mampu membuat masa depan kita menjadi jauh lebih bahagia?Kalau kamu masih meragukan hubungan kalian diteruskan, lebih baik stop sampai di sini saja.Bukankah jomblo tapi bahagia lebih baik dibandingkan pacaran tidak bahagia?Sesulit apapun menemukan sosok yang tepat untuk hidupmu, sebaiknya kamu perlu bersabar danberpikir matang. Yakinlah Tuhan telah menyimpankan sosok terbaiknya untuk menemanimu sesegera mungkin. Jangan lupa untuk mengiringinya dengan doa, ya sobatHipwee!

7. Kamu pernah bikin aku sakit hati. Apa yang akan beda kali ini?Apa alasanmu untuk kembali viagriefrecoverykit.comPastikan dia memiliki alasan yang kuat untuk membawamu kembali. “Jual mahal” itu penting, apalagi untuk menghadapi Sang Mantan yang selalu membuat kamu merasadilematis dalam mengambil keputusan. Berhati-hatilah untuk tak lagi sakit hati!Mantan tetap mantan dan dia sudah menjadi asing sejak hubungan itu diakhiri. Ketika orang asing mengetuk pintu rumahmu tanpa permisi jangan biarkan dia masuk untuk mengisi. Pastikan dia tidak membawa rasa sakit yang sama lagi.

Because forgive and forget is different thing.

Tidak menerima.

1. Maafkan Diri SendiriSebelum berusaha memaafkan orang lain, maafkanlah diri sendiri. Membawa perasaan negatif membuat Anda terus memikirkan kejelekan mantan dan itu tidak akan mengubah keadaan, tapi justru membuat Anda semakin kecewa. Cobalah untuk menerima keadaan, jauhkan perasaan negatif dan mulai dengan memaafkan diri sendiri.

1.Penyebab Susah MoveONKenapa banyak, errr, maaf, banyak banget orang susah move on? Tentu saja ada alasan dan penyebabnya. Di bab ini, kamu akan menemukan 7 Alasan Kenapa Kamu Susah MoveON.  Ada juga alasan kenapa KONSEP JODOH itu BERBAHAYA di bab ini. Sedikit nonjok? Mungkin. Selain itujuga kamu akan menemukan terlalu bahayanyaSelf Perfection Delutionyang sepertinya baik, tapi ternyata mengerikan karena bisa membuat kamu lebih susah moveON

Susah Move On? Selalu Ingat 4 Hal IniProses move on tidaklah singkat. Meskikamu sulit mengakuinya pada orang lain, kamu tahu kamu masih teringat bayang-bayang mantan, walaupun kalian sudah putus cukup lama. Apalagikalau sudah terjebak nostalgia, ketika kamu mendengarkan lagu-lagu kesukaan kalian dulu, datang ke tempat yang sering kalian kunjungi, rasanya hatimu miris dan ingin menangis saja.Saat kamu sedang sedih dan kebingungan apakah kamu bisa kembali bahagia, ingatlah:kamu masih hidup, bernapas, dan tetap baik-baik saja walaupun dia sudah tidak lagi bersamamu. Kalau itu masih kurang cukup dan kamu masih susah move on, artinya kamu perlu mengingat keempat hal ini juga.Kamu Tidak Akan Terpuruk SelamanyaInilah hal yang paling patut kamu ingat. Kamu tidak akan selamanya terpuruk, tidak akan selamanya menangisi si dia.Segala hal di dunia ini bersifat sementara, termasuk perasaan galaumu ini. Dalam beberapa minggu atau bulan, pasti akan ada rasa rindu dan ingin kembali, tetapi pasti akan datang hari di mana kamu tidak akan lagi sedih dan berdebar lagi ketika kamu melihat wajahnya. Kapan saat itu akan tiba?Hanya kamulah yang tahu.JanganStalkingMedia SosialnyaSaat buka media sosial, kamu langsungmelihat profilnya, mencari tahu kabarnya dan apakah dia baik-baik saja tanpa kehadiranmu. Kamu pasti mengalaminya, dan kamu tidak tahu kapan kamu bisa berhenti. Namun, percayalah, suatu saat, hati dan pikiranmu pasti akan merasa lelah dan sadar bahwa sebaiknya kamu melakukan hal lain dalam hidupmu daripadastalkingmantan terus.Content continue below...Kamu Akan Berhenti Membayangkan MantanSaat patah hati, kamu cenderung membayangkan skenario-skenario di mana mantan mengejarmu dan memintamu kembali. Atau seperti di film romantis, kamu membayangkan sebenarnya kalian jodoh dan pasti akanbertemu lagi. Pada akhirnya, membayangkan mantan seperti ini pasti akan berhenti. Kamu akan kembalike realita dan sadar tidak satu pun dari skenario tersebut akan menjadi kenyataan.Kamu Akan Bertemu Orang BaruMudah sekali untuk terjebak dalam kesengsaraan dan putus asa kamu tidak akan mendapatkan pasangan lagi.Ketika kamu sudah berpikiran seperti itu, pikir lagi. Apakah kamu benar-benar seburuk itu sampai kamu tidak ada orang lain yang mau menjadi pasanganmu? Apakah kamu benar-benar yakin tidak akan ada orang lain yang bisa mencintaimu? Pasti hati kecilmu berkata tidak. Kamu jauh lebih baik dan berharga, dan kamu akan menyadarinya setelah pikiran dan hatimu jauh lebih jernih. Setelah itu, kamu akan sadar juga bahwa di luar sana ada orang yang lebih cocok untukmu.Dan segalanya yang pernah kamu lalui bersama mantan akan menjadi pelajaran hidup yang berharga untukmu.

Marah tidak ada gunanya.

Jika kamu tak ingin bertemuKamu tidak akan membiarkan mantan mengoyak-ngoyak hati kamu lagi. Kamumenghargai segala usaha keras kamu selama ini setelah putus. Makanya, kamu nggak mau bertemu dengan si dia. Ini juga pilihan kamu.Jika memang tak ingin bertemu, katakan baik-baik. Kamu nggak perlu marah-marah dengan kehadiran dia lagi. Tunjukkan bahwa kamu sudah dewasa dan menerima perpisahan kalian. Tolak dengan halus ajakan dia. Namun, bagaimana jika dia memaksa dan terus menghubungi? Maka tegas dengan tidak menanggapi sama sekali. Sekali kamu menganggapi, makamantan merasa memiliki peluang untukbisa sekadarngobrolsama kamu.

Maneh moal panggij deui jeung si winda, moal. Selama maneh teu mengijinkanmah.

Menyebut hal-hal yang berkaitan dengan masa lalu rasanya sulit banget ya. Meski kamu udah berusaha untuk biasa aja, ternyata nggak semudah itu. Berbagai hal pahit di masa lalu hadir kembali dalam ingatan, walau kamu malas mengingatnya.Tapi kalau ingat momen-momen bahagianya, kamu jadi ingin balik kemasa lalu. Ada keengganan untuk cepatmove onhanya karena kesenangan sesaat yang kamu rasa dulu. Padahal kalau kamu tahu6 hal sederhana berikut ini, bakal ogah deh berlama-lama terjebak nostalgia. Demi kebaikan hidupmu selanjutnya, mending cepetanmove ondeh!1. Daripada terus-terusan terjebak nostalgia, mending kenalan sama orang baru yang bisa bikin kamu bahagia.ketemu orang baru hidup akan lebih berwarna viawww.theodysseyonline.comLo kenapa sih murung banget Van?Keinget Haifa. Salah ya?Ya ampun hahaha masih aja. Mending ikut gue aja yuk! Ntar gue kenalin sama teman-teman SMA.Selera gue lo tau kan?Ya kali cepet amatbro! Kenalan dulu aja, belum tentu juga mau sama lo.;pMasa lalu memang sulit dilupakan. Oleh karenanya, coba deh memfilterkenangan bersama dirinya. Anggaplah masa lalu tersebut sebagai pengalaman berharga yang bisa membawamu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Jangan terlalu bernostalgia juga, karena kamu perlu berada di zona baru yang penuh warna. Tentu hari-harimu akan lebih bahagia dan penuh hal menyenangkan.2. Hidupmu gak soal cinta-cintaan aja. Jangan lupa masih ada keluarga dan teman yang selalu setia.masih ada orang sekitar yang setia sama kamu viaaustargirl.tumblr.comKeluarga dan teman mempunyai peranan besar dalam hidupmu. Apayang telah kamu capai saat ini nggak pernah terlepas dari mereka.Bahkan, saat dirimu berada dalam kesusahan dan galau pun mereka selalu bersamamu. Makanya, kamuharus sadar bahwa hidup nggak cinta-cintaan bersama lawan jenis aja. Masih banyak orang sekitarmu yang bersedia menemani.3. Kegagalan kemarin buatmu lebih peka. Kamu jadi paham kesalahan apa yang jangan sampai terulang.kamu jadi tahu apa yang harus gak terulang viapeterparker-spiderman.tumblr.comKalau lagi nostalgia, kamu jadi ingathal-hal apa aja yang dilakukan bersamanya. Mulai dari hal menyenangkan sampai yang pahit-pahit nggak terlepas dari pikiranmu.Sedih sih memang, tapi kamu jadi tahu bagian mana yang salah dan benar. Asal mengenang masa lalunya nggak kelamaan ya, toh yang perlu kamu pahami ya kesalahan apa aja yang jangan sampai terulang di kemudian hari.4. Kebanyakan nostalgia cuma bikin hidupmu gak berkembang. Toh hidup memang harus berubah perlahan.karena hidup harus berubah viafavim.comLagunya Raisa yang Terjebak Nostalgia enak banget ya.Lo tuh ngefans atau emang lagi galau makanya dengerin lagu itu?Dua-duanya. Hehehe.Mending lagunya RAN yang Hari Baru, biarmove on.Mendengarkan lagu-lagu melow sah-sah aja, tapi kamu harus tahu batasannya. Jangan sampai gara-gara dengerin lagu galau, kamu malah makin sedih maksimal. Kamu harus tanamkan dalam diri kalau keseringan bernostalgia cuma bikin hidupmu berada pada level itu-itu aja. Karenaperjalanan hidup masih panjang dan penuh hal-hal yang belum kamu coba, sebaiknya ubah secara perlahan. Agar hidup bisa berkembang dan lebih kaya.5. Masa lalu yang pahit menempamu jadi pribadi yang tangguh. Hidup gak lagi cuma soal mengeluh.gak cuma berisi keluhan aja viaquotesblog.netHal-hal pahit sukses menyakiti hatimu dalam waktu cukup lama. Tapi kamu sadar nggak kalau sebenarnya hal pahit tersebut malah membuatmu menjadi pribadiyang lebih kuat. Kamu nggak gampang sedih, galau, dan baper (bawa perasaan) lagi saat mengalami kejadian serupa. Bahkan, peristiwa lainnya yang lebih dalam dan menyakitkan bisa kamu hadapi dengan baik. Kamu pun tahu bahwa hidup bukan cuma soal mengeluh, tapi bagaimana caranya melewati dan menyelesaikan dengan baik.6. Pada akhirnya berhenti nostalgia membantumu berdamai dengan diri sendiridan menerima masa lalu.kamu bisa berdamai dengan diri sendiri viamulpix.comWih Van sumringah banget sekarang.Iya dong. Gue sekarang udah beda dari yang dulu.Lebih tebar pesona maksudnya? Hahaha.Tebar pesona karena udah berdamai sama masa lalu, emang salah? ;pSeiring berjalannya waktu, kamu tahu kalau berhenti mengingat masa lalu dan segera beranjak dari zona tersebut membantumu lebih mudah menjalani hidup. Kamu bisaberdamai dengan diri sendiri dan ikhlas menerima apa yang terjadi dulu. Nggak ada lagiuring-uringandan penyesalan, karena saatnya membenahi diri demi kehidupan yang lebih baik.Karena tanpa disadari hidup terus berlanjut dan memaksamu untuk berkembang dan berjalan selangkah demi selangkah, memang sudah waktunya untukmove on. Bukan masanya lagi berlama-lama terjebak nostalgia bersama dia. Masih banyak yang harus kamu lakukan demi menggapai kehidupan yang lebih baik. Yuk ahmove on!

Putus cinta memang menjadi sebuah hal yang akan sangat membuatmu merasa sakit hati dan bersedih. Wajar kalau kamu merasakan hal-hal yang membuat air matamu bisa menetes begitu saja. Ya, karena tak bisa dipungkiri kalau kehilangan seseorang yang disayangi dan sudah menemani hari-hari adalah salah satu hal beratyang mesti dijalani.Namun, meski begitu jangan biarkan rasa sedih yang kamu rasa karena putus cinta menjadikan kamu larut dalam air mata, sebab hidupmu tak berhenti sampai di situaja. Hei, nyatanya hidupmu masih berjalan meski tidak lagi bersamanya. Kamu harus meyakinibahwa ada hal yang bisa diambil dari rasa sakitmu. Yap! Kamu bisa belajar dari patah hati itu karena sebenarnya ada hikmah di balik setiap luka yang kamu alami.Dengan putus cinta, kamu bisa belajar arti dari sebuah kehilangan. Kelak kamu akan tahu bagaimana cara menjaga dan mempertahankankelak kamu bisa mempertahankan dengan lebih baik lagi viapixhome.blogspot.comJangan dikira perpisahanmu dengan dia tak bisa dijadikan sebuah alasan untuk kamu memelajari sesuatu. Justru, kamu bisa belajar arti sebuah kehilangan seseorang yang kamu sayang, selain hanya dihinggapi rasa sedih dan sakit hati.Kamu perlu belajar memahami arti kehilangan agar suatu saat, kamu tahu bagaimana cara menjaga dan mempertahankan dia yang memang layak untuk kamu pertahankan. Selain itu, kamu juga akan terbentuk menjadi seseorang yang jauh lebih kuat dari hari ini setelah kamu bisa melewati prosesnya dengan baik.Berpisahnya kalian membuatmu bisa belajar mencari tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan di dalam hidupmuDengarkan kata hatimu viawww.stocksy.comSebagai manusia, sangat wajar kalau kamu memang memiliki banyak keinginan di dalam hidupmu. Nah, saat kamu ada di dalam hubungan yang baik-baik saja dengannya, pasti semua akan terpusat hanya pada dia yang kamusayangi. Namun, setelah kalian berpisah, kamu jadi punya ruang untuk memusatkan perhatian kepada dirimu sendiri.Dan, itulah saat yang tepat bagimu untuk mengingat segala macam halyang baik dan buruk dari hubunganmu dulu. Dengan begitu, kamu pasti akan tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan di dalam hidupmu. Mengertilah kalau putus cintamu bisa jadi pengalaman yang baik di dalam hubunganmu berikutnya.Perpisahan ada karena sebuah kesalahan. Dengan bekal itu, kamu bisa belajar menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagiaku bisa lebih baik! viapixhome.blogspot.comPerpisahanmu dengan dia bisa terjadi mungkin karena adanya sebuah kesalahan yang dilakukan di antara kalian. Bersyukurlah, karena dengan itu kamu bisa mengajak dirimu untuk mengoreksisegala hal buruk yang sebenarnya tertanam di dalam dirimu. Selain itu,kamu juga bisa belajar untuk memaafkan dirimu dan masa lalu yang nantinya akan membuat hidupmu jauh lebih tenang dari sebelumnya.Tidak henti sampai di situ saja, ketika kamu sudah berusaha mengintrospeksi diri dan memaafkannya, kamu pun bisa belajar untuk tidak mengulangi segala kesalahan di masa yang akan datang. Ketika kamu sudah bisa menerima dan memahaminya, yakinlah kalau kamu akan menjadi seorang dengan pribadi baru yang jauh lebih baik lagi.Kesendirian toh jadi tidak terlalu menakutkan. Perpisahan akan mengajak kamu belajar mandiri dengan kakimu sendiriberusaha sendiri, apapun yang terjadi viaabsfreepic.comSaat kamu bersama dengan dia, mungkin kamu terbiasa melakukan banyak hal bersama-sama. Lantas, setelah kalian harus berpisah otomatis kamu harus melakukan semua kebiasaan itu seorang diri. Beruntunglah kamu kalau sebelumnya kamu tidak sepenuhnya menggantungkan diri padanya, karena itu tidak akan membuatmu merasa terlalu berat saat dia sudah tak lagi ada untukmu.Namun, biar bagaimana pun dulu kamu bergantung padanya, cobalah untuk membiasakan diri dengan melakukan segala sesuatunya dengan kakimu sendiri setelah perpisahan itu ada. Percayalah, kalau kamu perlahan melakukannya dengan sabar maka kamu akan terbentuk menjadi seseorang yang begitu mandiri.Tidak lagi mengutuk, kamu sekarang mulai belajar menerima segala kenyataan yang membuatmu lama-lama terbiasaaku paham dan mengerti keadaan ini viawww.pillowfights.grMembiasakan diri pada keadaan yang sebenarnya juga harus kamu pelajari dan kamu pun harus membiasakannya. Kamu memang hidup di dalam keadaan nyata yang ada di hadapanmu, kamu tidak hidup di dalam apa yang kamu pikirkan.Tidak semua yang kamu pikirkan sesuai dengan kenyataan yang ada di dalam hidupmu. Untuk itu, belajar menerima segala keadaan yang kini ada di hadapanmu juga harus kamu lakukan agar kamu bisa dengan mudah melanjutkan kehidupan yang masih menunggu di depan.Yang terpenting di balik perpisahan, kamu akan dilatih untuk belajar sabar dan ikhlas menerima semua yang sudah ditakdirkansabar dan ikhlas viawww.flickriver.comSeharusnya kamu bisa mensyukuri perpisahan yang kamu alami, karena di balik perpisahan yang adakamu tengah disiapkan untuk menjadi pribadi yang memiliki sabar serta rasa ikhlas yang lebih lagi. Ya, kamu dilatih untuk memilikidua hal yang rasanya wajib dimiliki semua orang tapi memang susah untuk dilakukan.Perkara sabar dan mengikhlaskan memang tak pernah sesederhana membalikkan telapak tangan, tapi dengan perpisahan yang kamu rasakan, maka kamu bisa melakukannya dengan gampang.Jadi, apa kamu masih hanya mau sebatas meratapi perpisahan tanpamelihat hikmah di balik kesedihan yang kamu rasakan? Percayalah kalau kamu bisa mendapatkan banyak hal yang jauh lebih baik setelah kamu berpisah dengannya, banyak pelajaran yang akan membuat hidupmu untuk jauh berkembang. Yuk, jangan larut begitu saja di dalam sana.

Stop Menyalahkan Diri Sendiri Saat Putus. Ini AlasannyaPernah bingung kenapa kamu susah sekalimove onsetelah putus padahal kamu dan si dia sudah putus cukup lama? Itu mungkin karena kamu sibuk menyalahkan diri sendiri. Wajar sekali kok untuk kamu mempertanyakan apa yang salah dalam hubunganmu sehingga kalian bisa putus. Jika kamu terlalu memiliki banyak pertanyaan, kamu jadi sulitmove on.Dari semua pertanyaan itu, kamu menanyakan apa yang salah pada dirimu yang menyebabkan hubunganmu dengannya berakhir.Mungkin kamu berpikir kamu kurang baik dan lain sebagainya yang mengakibatkan kamu jadi merendahkan diri sendiri. Jika sudah begitu, stop. Karena kalau diteruskan, kamu akan menghancurkan dirimu sendiri saja. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus berhenti menyalahkan diri sendiri danmove on.Kegagalan adalah Hal WajarSebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang jarang menghubungkan penolakan atau kegagalan dengan diri mereka sendiri. Itu disebabkan karena mereka paham bahwa kegagalan adalah sesuatu yang terjadi tanpa sebab yang disangka-sangka ketimbang berpikir kegagalan tersebut disebabkan oleh kekurangan mereka sendiri. Oleh karena itu, pahami bahwa kegagalan sebuah hubungan adalah halyang wajar. Kegagalan adalah bagian dari kehidupan yang harus dipelajari.Mengambil hikmah dari kegagalan hubunganmu adalah salah satu hal bijak yang dapat kamu lakukan.Bukan Salahmu Dia PergiHanya karena dia memutuskanmu, bukan berarti ada yang salah denganmu yang menyebabkan dia tidakmau memilihmu. Kalau dia tidak mau memperjuangkan hubungan kalian, mungkin dia sendiri juga tidak memperjuangkan hal-hal lain di kehidupannya.Dia meninggalkanmu bukan karena salahmu, dan tidak ada yang salah dengan seberapa jauh kamumemperjuangkan hubungan kalian. Yang terpenting, kamu sudah berusaha dan jika dia tidak mau berusaha juga, tidak ada gunanya hubungan kalian dipertahankan.Content continue below...Ambil Kesempatan Ini untuk Mengembangkan DiriAnggap saja masalah ini sebagai tanda untukmu mengembangkan diri sendiri. Daripada takut mempercayai orang lain dan malas menjalani hubungan lagi, pelajari hikmah yang sudah diambil darikegagalan hubungan. Dari situlah, kamu akan tahu bagaimana caranya menjalani hubungan berikutnya denganlebih baik.Jadi, berhentilah menangis danmove on. Ubah kesedihan dan keterpurukan menjadi sesuatu yang bisa kamu pelajari untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi, ya!

5 Hal yang Perlu Kamu LakukanSaat
Putus CintaKetika merasa putus cinta, sebagian besar orang berubah menjadi sangat emosional, baik itu pria maupun wanita.Mereka yang putus cinta bisa merasa sangat marah, sedih, kecewa, hingga benci dan dendam. Karena ketidak-stabilan emosi ini, pria atau wanita yangmengalami putus cinta akan bertindak gegabah yang bisa membahayakan dirinya sendiri serta orang lain di sekitarnya. Mereka bertingkah seperti anak kecil yang susah dikendalikan, nggak bisa diarahkan dengan baik.People who are socially isolated maybe at a greater risk of dying sooner, aBritish study suggests. But do Facebook friends count? How about texting?Guys and gals, kalian sudah paham bahwa putus cinta adalah bagian dari kehidupan, bagian dari kisah asmara itusendiri.Ketika kalian nggak memiliki akhir hubungan yang baik, belum tentu akan menjadi akhir dari mimpi indahmu.Kebahagiaan dirimu ditentukan oleh kamu sendiri. Sirnanya kebahagiaan itu bisa jadi karena sikap kurang dewasa yang kamu lakukan setelah putus cinta. Apa saja? Baca disini.Lalu, apa yang sebaiknya seseorang lakukan ketika mereka putus cinta?Jangan Memaki Diri SendiriPutus cinta memang momen yang buruk, tetapi jangan memperparah keadaan dengan menyalahi diri sendiri. Apalagi sampai menganggap diri sendiri bodoh dan nggak berguna. Hey, kamu bukanlah seseorang yang bodoh.Kamu hanya kurang beruntung dalam asmara kali ini. Itu saja. Ke depannya, kamu akan lebih mengerti cinta dan lebih beruntung lagi.Belajar dari PengalamanKamu telah bertemu dengan dan jadian dengan seorang pria/wanita. Namun kini, status mereka bukanlah sebagai pasangan, melainkan sebagai mantan. Maka, jadikan pengalamanmu bersamanya sebagai sebuah pembelajaran. Seperti, jangan terlalu ngarep, jangan terlalu agresif, jangan sampai insecure, dan sebagainya. Selain itu, kamu jadi paham beberapa karakter orang yang berbeda dari mantanmu. Akan tetapi, kebiasaan buruk mereka bukanlah tanggung jawabmu, melainkan tanggung jawab mereka. Jadi jangan pikirkan hal tersebut. Belajarlah dari hal-hal berharga yang bisa kamu bawa ke masa depan. Tujuannyaagar kamu nggak jatuh di lubang yang sama lagi.Sadarlah Bahwa Kamu BerhargaApakah kamu menghargai dirimu? Well, apabila saat ini kamu tengah menyendiri dalam waktu lama, berlinangan air mata menangisi kepergian mantan yang buruk, atau tengah menteror mantan untuk ngajak balikan, mungkin kamu nggak menganggap dirimu sendiri berharga. Ketika kamu nggak sadar bahwa dirimu sendiri berharga, maka orang lain pun nggak akan melihatmu sebagai seseorang yang berharga. Sekarang tanyalah pada dirimu sendiri, apa aku cukup berharga untuk berhubungan dengannya? Apa aku cukup berharga untuk mengejar dirinya lagi? Apa dia memang orang yang berharga untukku? No…..Kamu berharga tanpa dirinya, dan ada orang lain yang lebih berharga untuk bisa menjadi kekasihmu daripada mantan.Content continue below...Tetapkan Aturan dan StandarSetelah putus cinta, tetapkan standar dan aturanmu untuk orang yang bisa menjadi kekasihmu nanti. Fisik seperti apa yang kamu inginkan ada pada pasanganmu nanti? Kepribadian sepertiapa yang kamu inginkan dari orang yang akan menjadi pasanganmu? Apa yang kamu cari dari pasanganmu nanti?Jadilah sejelas mungkin dalam menentukan kriteria wanita/pria yang layak menjadi pasanganmu, daripada kamu terombang-ambing dalam hubungan yang nggak jelas bersama pria yang bukan tipe kamu.BahagiaYa, putus cinta memang bukanlah momen yang menyenangkan. Tetapi, putus cinta bukanlah menjadi sebuah penghambat untukmu menjadi bahagia. Apalagi membawa-bawa mantan sebagai orang yang membuatmu susah bahagia.Tenanglah, kamu masih bisa bahagia dengan status single-mu sekarang.Yang terpenting, janganlah menggantungkan harapanmu pada mantan. Apalagi sampai berimajinasi bahwa di balik sikap mantanmu yanng mengecewakan, sebenarnya hatinya sangat baik. Tolong, hapuslah pikiran tersebut. Relakan apa yang sudah terjadi. Ketika kamu sudah putus dengannya, maka kamu dan dirinya sudah nggak potensial lagi menjadi pasangan kekasih. Dan akan ada pria/wanita yang tepat untuk menggantikan posisi mantamu.Hadapi putus cintamu secara bijak dan dewasa, semuanya akan jadi lebih mudah.

5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Saat Putus CintaSiapa pun pasti akan mengalami putus cinta ketika mereka menjalin asmara. Sebab, di mana ada pertemuan, di situ ada perpisahan. Perpisahan pun bisa beragam bentuknya dan terjadi kapan saja. Kalau berpisah sebelum menikah, berarti namanya putus cinta.Conflict.Umumya, orang akan mengalami galau dan kesedihan yang berat ketika baru putus. Mereka masih dihantui bayangan mantannya. Sebagian orang akan mengejar kembalimantannya, mempertanyakan alasan putusnya, atau membenci mantan. Ada pula yang langsung berlari mencari pengganti baru agar bisa langsung move on.Hadapilah putus cinta secara dewasa. Jangan lakukan hal ini ketika kamu barusaja putus dari pasangan, atau baru saja mengalami kegagalan PDKT dengan teman kencan.Jangan Buru-Buru Mencari PenggantiKamu sedang terluka, kamu menjadi insecure dengan diri sendiri. Yang perlukamu lakukan sekarang adalah membenahi hatimu yang baru saja tersakiti dan mengembalikan kepercayaan diri. Kalau kamu langsung mencari pengganti, atau kembalijoindi dating online tanpa mengurusi patah hatimu, besar kemungkinan kamu akan mengalami hal yang sama di hubungan baru.Ingat, semakin merasa kamu rapuh, semakin besar kesempatanmu untuk kembali terluka.Jangan Menyalahkan Diri SendiriSangat mudah sekali untuk menyalahkan diri sendiri saat mengalami putus cinta atau kegagalan pdkt. Namun, berhentilah melakukan ini. Kegagalan cinta bukan sepenuhnya salahmu. Bukan! Sebagian ada yang menjadi kesalahan pasangan, atau bahkan murni kesalahan mereka.Terlalu menyalahkan diri sendiri akan menghancurkan dirimu sendiri.Content continue below...Jangan Berusaha Menarik Mantan KembaliBanyak yang merasa ingin balikan dengan mantannya dan mencoba menghubungi mereka kembali. Apabila kamu ingin benar-benar menyembuhkan patah hatimu, jangan lakukan hal ini. Jangan tarik mereka kembali dan mencoba menghidupkan kembali kisah lama yang baru saja usai.Sebab, hubungan kalian nggak akan berjalan dengan baik dan mungkin saja nggak memiliki tujuan. Terimalah kenyataan bahwa hubunganmu telah berakhir.Semakin menolak kenyataan, semakin besar rasa penolakan yang kamu terima.Jangan Mencari-Cari Alasan MerekaNggak semua orang berkata jujur saat memutuskan pasangannya. Kebanyakan akan berkata, “Kamu terlalu baik untukku” atau “Kita sudah nggak cocok lagi”. Karenanya, terima alasan mereka dan move on lah. Kalaupun mereka memberimu alasan yang lebih spesifik, tetap terima dan melangkahlah pergi. Jadikan hal tersebut sebagai acuan untuk membuatmu menjadi lebih baik ke depannya.Jangan Banyak BerimajinasiMungkin sebelumnya kamu sudah banyak berkhayal. Kamu membayangkan bahwa dirinya adalah pasangan yang tepat dalam hidupmu, dan hubungan akan berjalanhappily-ever-after. Tapi kenyataannya, mereka bukan orang yang tepat untukmu. Kalaukamu masih mencoba membayangkan kehidupan yang bahagia denga mantan,hanya akan membuat keadaan semakinsulit. Kamu nggak akan bisa move on.Hentikan imajinasimu, bangkitlah  dan kembali bahagia.Kamu sudah tahu mantanmu seperti apa, dan ternyata mereka nggak seperti yang kamu bayangkan. Buatlah janji pada dirimu sendiri untuk mengenali seseorang terlebih dahulu sebelum jatuh cinta padanya.

Yang namanya putus memang enggak pernah mudah. Biar bagaimanapun, kamu sudah menghabiskan waktu yang lama dengan sang mantan mulai dari hitungan bulanan, bahkan sampai tahunan. Karenanya, memikirkan kehidupan selanjutnya tanpa si dia terasa begitu menyeramkan.Banyak yang menyarankan kita untuk tetap berhubungan baik, bahkan berteman, dengan mantan. Akan tetapi, mengingat perasaan yang pernah tumbuh di antara kalian bedua, hal saran itu enggak segampang yang terdengar.Kalau kamu sudah bertekad bulat untuk ingin terus berteman dengan si mantan usai putus, ada beberapahal yang wajib kamu pertimbangkan, lho. Berikut ini beberapa saran yang bisa bermanfaat buat kamu.Setelah menjalani masa pacaran lalu putus, apa kamu yakin kalau kamu sudahmove ondari si mantan? Yakin sudah enggak kebayang-bayang lagi sama dia setiap menit?Yakin udah move on? viastatic.eharmony.comPasca putus, yang namanya memutus kontak adalah hal yang lumrah. Anggap saja ini kayak detoks untuk membersihkan pikiranmu dari perasaan yang berkecamuk tiap kali mengingat kenangan bersama si mantan. Kalau mau memang mau bertemansama si dia, kamu harus pastikan pikiran dan hati kamu sudah benar-benar bersih, jadi kamu enggak bakalan nangis-nangis tiap mengingat si dia. Baru kalau kamu yakin hati dan pikiranmu sudah steril, coba hubungi kembali si dia untuk memulai lembaran baru sebagai teman.Berteman dengan mantan memangide yang baik. Tapi, enggak selamanya begitu, lho. Apalagi kalau hubungan asmara kalian dulubukan hubungan yang sehat.Kelakuan mantan begini? Nggak usah temenan, deh. viaimages.parents.mdpcdn.comPasangan kekasih yang terlibat dalam hubungan asmara yang enggk sehat bukan fiktif belaka, lho.Hal ini memang nyata dan bisa terjadi pada siapapun, bahkan mungkin kamu. Evaluasi dulu seberapa sehat kah hubunganmu dengan si mantan dulu. Kalau dia tipe cewek yang selalu berpikiran negatif, inginnya mengontrol kamu, enggak memberi kamu kebebasan, dan bahkan melakukan kekerasan baik secara fisik maupun verbal, tentunya kamu enggak perlu sampai kepikiran untuk berteman sama dia, kan? Lain cerita kalau mantanmu memang lucu dan menyenangkan, atau merupakan sosok yang selalu bisa memberikan saran yang membangun saat kamu dalam kesulitan.Mengingat hal-hal positif tentang masa lalu kalian selalu gampang. Akan tetapi, jangan sampai kamu melupakan hal negatifnya juga.Orang biasanya gampang berharapakan sisi baik dari pasangan, dan hal itu sering kali jadi alasan seseorang bertahan dalam sebuah hubungan walaupun hubungan tersebut nyatanya menyakitkan. Kalau diingat-ingat, mungkin memang mantanmu baik dan perhatian, dan kalian berdua berbagi memori yang indah bersama. Akan tetapi, coba pertimbangkan lagi. Ingat-ingat juga apakah ada sisi dari si mantan yang kamu enggak suka atau bahkan benci. Jangan jadikan rasa sepi alasan buat kamu berharap kalau si mantan mungkin sudah berubah. Kalau ini jadi alasan kamuingin berteman dengan mantan, langsung buang niat itu jauh-jauh, deh!Pertimbangan yang paling penting: Yakin kamu cuman mau temenan? Enggak ada niatan lain?Cuman mau temenan, kan? Bukan balikan? viai.huffpost.comIni adalah pertimbangan yang bisa dibilang paling krusial, karena kamubisa jadi enggak bisa menduga apayang alam bawah sadarmu akan lakukan. Karenanya, kamu harus benar-benar memantabkan niat danyakin sepenuhnya soal niat aslimu untuk tetap berteman dengan sang mantan. Jangan-jangan, kamu diam-diam pengen balikan, ya? Kalau iya, lebih baik kalian tetap berhubungan seperti layaknya mantan karena putusnya hubungankalian memang terjadi karena sebuah alasan.Atau jangan-jangan, kamu ada niat buat menunjukkan ke mantan kalaukamu sebenarnya lebih bahagia setelah putus? Niat begini juga bukan alasan yang sehat kalau kamu pengen menjaga hubungan baik dengan mantan.Dari saran-saran tersebut, memangbukan jaminan kalau semuanya bakalan mempan buat kamu. Pada akhirnya, ada berbagai variabel yang memengaruhi seberapa berhasilnya saran-saran ini untuk membantu kamu mulai membangun hubungan pertemanan dengan sang mantan.Pada dasarnya, kamu bisa pakai pertimbangan umum yang tentunya kamu pakai kalau kamu memilih teman: Jika sang mantan memang memberi pengaruh baik pada dirimu, dan kamu sepenuhnyayakin kamu bisa mempertahankan keberadaannya di sekitarmu tanpa harus terlibat hubungan romantis, maka jadikan dia temanmu.Good luck!#cewek #mantan #pria #wanita

Maneh geus apalkan bobogohan jeung si winda kmh .

Jangan termakan ilusi yang anda buat sendiri.

Apa yang terjadi padanya, biarlah menjadi urusannya sendiri.

Mun dipikir-pikir asa eweuh nu bisa di kenangnya.

Gs ah lieur, mikiran wae jelema        .
Lieur mikiran wae jelema eta, lieurrrrrrr .

Ingat kenangan ? Bawa persepsi buruknya.

Naon bogoh ka jelema anu moal pi kawineun jang maneh.

Nu kitu pantas dikenang ?

Mending putus ayna daripada ngke da geus sidik si windamah ngulinkeun.

Setelah putus jalinan dengan pasangan – rasa ragu-ragu, kesepian, dan godaan ingin kembali menjalin hubungan dengannya tentu kerap dirasa. Bahkan, terkadang kamu mulai menciptakan ilusi bahwa mantan dapat berubah dan kalian bisa menjalin hubungan yang bahagia.Padahal, tanpa disadari kamu sedang menjebak diri sendiri. Ungkapan “manusia berhak mendapat kesempatan kedua” pun makin menjeratmu agar percaya bahwa dia yang telah menggurat luka memang berhak diberi kesempatan sekali lagi.Tapi apa iya harus dengan balikan lagi? Yakin jika sekali lagi mengulang kisah yang sama, maka luka yang kamu punya tak makin banyak jumlahnya? Sebelumkamu salah mengambil keputusan, ada 6 hal ini yang layak dijadikan pertimbangan.Kalian memiliki alasan yang kuat untuk berpisah. Jika kamu dan dia kembali bersama, yakinkan tak akan terulang kesalahan yang sama?balikan sama mantan viawww.jenny.grAda alasan kuat yang membuat kamu dan mantan mengakhiri hubungan asmara. Kamu dan dia tentunya sudah memiliki alasan tersendiri kenapa hubungan asmara yang duluada tak bisa dilanjutkan lagi.Ada deretan kesalahan sertaluka yang sempat menghiasihubungan kalian berdua.Jika memang kamu dan dia balikan, yakinkah kalian tak mengulang kesalahan yang dulu pernah dilakukan? Yakin kamu dan mantan bisa saling menerima prinsipmasing-masing? Apabila kamu tak cukup yakin, lantasmengapa buang-buang waktu untuk menjalin hubungan asmara dengan orang sama yang dulu pernah membuat luka?Kesalahan yang pernah diperbuatnya tentu menggurat sakit luar biasa. Kamu tak perlu menyiksa diri dengan kembali mengorek luka lama.balikan sama mantan viawww.collegetimes.comKamu tentu masih ingat benar pada perbuatannya yang dulu sempat membuat hatimu rapuh. Butuh berhari-hari agar luka ini bisa mengering dan sembuh. Dukungan dari keluarga, curahan hati kepada para sahabat, serta usaha untuk berdamai pada masa lalu dan diri sendiri sempat jadi makanan sehari-hari.Sudah siapkah kamu mundur ke fase terburuk dalam hidupmu ini sekali lagi demi mempersilahkan masuk dia yang pernah melukai? Bukankah ini samaartinya dengan perjuanganmu untuk menyembuhkan luka akan jadi sia-sia?Jangan terjebak dengan ungkapan “setiap manusia berhak atas kesempatan yang kedua”,tohselama menjalin hubungan kesempatan untuk berbenahselalu tersedia.balikan sama mantan viawww.inquisitr.comTentu saja tiap manusia berhak memiliki kesempatankedua untuk memperbaiki kesalahannya. Namun, jangan sampai ungkapan ini menjeratmu untuk berbalikan lagi dengan dirinya. Sejatinya selama menjalin hubungan, kamu dan dia sudah saling memberi kesempatan untuk berbenah. Tak perlulah alasan “memberi kesempatan kedua” muncul sebagaiexcuseagar kamu dan mantan bisa balikan.Sebagai catatan juga, memaafkan dan berbaikan dengan mantan tak harus ditandai dengan rujuknya hubungan kalian berdua. Kamu dan dia bisa kok saling memaafkan hanya dengan menjalin pertemanan. Itung-itung sebagai upaya untuk menjaga hati sendiri, supayabentuknya tak lagi pecah berantakan.Wanita atau pria masih banyak di luar sana, jangan hanya berhenti pada dia saja. Beri kesempatan manusia lainnya untuk masuk dalam kisahmu dan jadi tokoh utama.balikan sama mantan viapicpost.mthai.comMungkin memang kamu sulit untuk melupakan sosoknya yang pernah menjadi pemilik tunggal hatimu, namun bukan berartikamu harus berhenti pada dirinya seorang. Ingat bahwadi luar sana masih banyak manusia lainnya yang juga memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan hatimu.Yang sudah lalu biarlah berlalu, sekarang yang wajib kamu lakoni adalah membuka hati dan memberi kesempatan pada orang lainuntuk menjadi tokoh utama dalam kisahmu. Bahkan mungkin bisa jadi cerita yang kamu jalin dengan orang lain justru lebih membahagiakan.Kamu mungkin masih punyaperasaan yang dalam. Tapi hubungan tak bisa bertahan hanya karena cinta saja, pertimbangkan juga hal-hal lainnya!balikan sama mantan viawww.weeatfilms.comSemua kisah cinta itu istimewa, tak terkecuali dengan kisahmu dengan sang mantan. Sudah banyakkenangan manis yang terpatri. Kejutan kecil hinggakebiasaannya yang diam-diam kamu hafal di luar kepala. Kamu pun menyadari walau hubungan kalian telah usai, masih ada cinta di sana. Namun, jangan jadikan ini alasan utama untuk balikan. Bersikaplah rasional dan pertimbangkan banyak hal matang-matang sebelum kamu kembali ke pelukannya.Setiap manusia yang singgah dalam hidupmu membawa pelajaran tersendiri. Yakinilah bahwa peran mantan sudah cukup porsi dan harus diakhiri.balikan sama mantan viabouboum.netDi dalam hidup ini kita memang sengaja dipertemukan oleh berbagai rupa manusia yang bisa memberikan pelajaran tersendiri. Semua orang yang pernah singgah di hidup memiliki porsinya, tak terkecuali sang mantan. Dia yang pernah hadir di hidupmu sudah cukup mengajarkan banyak hal.Dari dirinya kamu belajar berbenah, kamu pun belajar bagaimana cara bersabar dan menjadi pribadi yang lebih kuat lagi dengan menyembuhkan luka sendiri.Jika dari dirinya kamu sudahcukup banyak belajar, maka ini waktunya kamu untuk mengambil pelajaran dari manusia lainnya.Segala keputusan tentu ada di tanganmu. Namun, kamu harus ingat bahwa banyak kebaikan yang akan kamu dapat ketika menatap masa depan dan berhenti menengok ke belakang.

8 Alasan Kamu Tak Harus Berteman Sama MantanYakin masih mau berteman dengan mantan kamu? Bagi beberapa orang memilih untuk tetap berhubungan baik dengan mantan pacar. Katanyasihsebagai bentuk kedewasaan. Katanya juga enggak mau memutuskan silaturahmi yang sudah terjalin selama ini. Katanya juga karena masih ada perasaan sayang sehingga enggak mau benar-benar putus hubungan.Enggak apa-apa deh kalau status udah jadi temen, yang penting masih deket. Kali aja nanti balikan.Ada juga yang beralasan bahwa kalian sudah saling berjanji untuk enggak akan pernah saling membenci walaupun sudah berpisah.Ya, apa pun pilihannya dan apa pun alasannya, hal tersebut adalah murni pilihan kamu sendiri. Namun, setidaknya ada 8 alasan kenapa seharusnya kamu enggak perlu berteman dengan mantan pacar kamu.It’s awkwardPaling simpel yang mungkin kamu rasakan: canggung. Berteman dengan mantan tentu akan terasa canggung karena kamu harus mengubah keintiman yang sudah terbina selama ini, menjadi hubungan pertemanan biasa. Berbicara dengan si dia sebagai teman juga akan terasa rumit. Ditambah menjelaskan ke orang lain tentang kalian jelas akan membingungkan. Maka itu, sebaiknya berikan beberapa waktu untuk bisa mengubah menjadi hubungan pertemanan.Kamu akan merasa tambah sakitMungkin kamu bisa memaafkan semuakesalahan dia di masa lalu. Kamu bisa melupakan saat tahu dia selingkuh dengan wanita lain atau melakukan hal lain yang bisa membuat kalian berpisah. Kedekatan yang terjalin di antara kalian paca putus, membuat kamu sedikit masih berharap dengan si dia. Risikonya, bakal ada kesalahpahaman. Kamu menganggap bahwa kalian masih menjadi teman tapimesra, sedangkan dia enggak. Hingga suatu hari dia datang membawa seorang wanita dan kamu merasa dikhianati lagi. Kebayang kan bagaimana sakitnya kamu nanti?Content continue below...Sulit untukmove onTerus bersama jelas akan membuat kamu kesulitan untukmove on. Setidaknya,dengan menghilangkan mantan dari hidup kamu, kamu akan lebih mudah untukmoveonkarena sudah enggak berkomunikasi dan jarang bertemu dengan si dia. Namun, jika kamu masih “menyimpannya” sebagai teman, di mana kamu masihhangoutbersama, saling berbicara, bagaimana caranya kamu untuk bisamoveon, apalagi ditambah kamu terus mengingat masa lalu? Rasanya mustahil kalau kamu berpikir bisa lebihmoveondengan tetap berteman dengannya.  Apalagi jika sebelumnya, kamu bukan temannya dari dulu alias baru kenal dan memutuskan untuk pacaran setelahnya. Tentu hal ini akan membuat kamu kesulitan menyesuaikan diri. Kamu enggak tahu bagaimana bersikap layaknya seorang teman yang akhirnya memperparah kondisi kamu.Melakukan kebiasaan saat pacaran duluJika kamu masih berteman dengan mantan pacar kamu, ada keseempatan besar di antara kalian melakukan hal-halsaat masih pacaran. Entah berpelukan, ciuman, hingga bercinta. Jelas ini adahal hal yang buruk bagi kalian berdua. Tahu istilahfriend with banefits? Ya, mungkin saja akan kamu alami.Kamu harus fokus pada diri kamu sendiriSetelah putus,kamu harus fokus pada DIRI KAMU SENDIRI. Enggak seharusnya kamu memikirkan mantan kamu. Dan sangat masuk akal, apabila kamu masih berteman dengannya, kamu akan memikirkan dia. Berikan waktu kamu tanpa dia, sehingga akan memudahkan proses penyembuhan.Kamu akan sulit menemukan orang baruKebayang kan bagaimana ruginya saat seorang pria menghampiri kamu dan berniat untuk PDKT, tetapi dia harus mundur karena tahu kalau kamu masih berhubungan dengan mantan kamu? Sebab, banyak pria yang memutuskan untuk menghindari kamu karena menganggap kamu masih memiliki seorang pasangan, yang nyatanya dia adalah mantan kamu.

Peraturan Saat Putus CintaBertahan hidup setelah putus cinta? Sebenarnya mudah, kok. Mau kamu yang mutusin pasangan atau pihak yang diputusin punya trik masing-masing agar keputusan kalian nggak berubah. Yang mutusin nggak akan minta lagi balikan, yang diputusin pun nggak akan mohon-mohon supaya bisabalikan. Yang mutusin nggak akan merasa bersalah (well…hmmm, sedikit merasa bersalah), sedangkan yang diputusin nggak akan merasa “dibuang”dari pasangan. Bagaimana caranya? Ini diarules-nya.Nggak Ada Waktu yang TepatBuat kamu si pihak yang memutuskan (kita sebut dengan Dumpers) mungkin awalnya akan sulit untuk memutuskan pasangan (atau kita sebut dengan Dumpees). Hubungan yang sudah berjalan beberapa lama, membuat Dumpers nggak tega, padahal sudah tidak nyaman satu sama lain. Membuat kamu bingung kapan seharusnya waktuyang tepat untuk memtuskan hubungan, apalagi dua minggu lagi pasangan akan berulang tahun.Dumpers:Well,there is no good time to break up with someone, EVER! Jadi,saat kamu merasa bahwa hubungan sudah tak berjalan secara sehat, sudah banyak masalah, dan salah satu pihak (atau keduanya) enggan untuk mencari solusi, maka perpisahan adalah sah untuk dilakukan kapan pun di saat kamu mau. Jangan pernah menjalani sebuah hubungan hanya karena takut menyakiti atau kasihan atau bahkan karena sebentar lagi dia ulang tahun, misalnya. Kamu hanya membutuhkan keberanian untukMENGATAKAN LANGSUNGke pasangan.Dumpee: Kadang hidup memang nggakterduga, kan? Hidup nggak selalu menyenangkan untuk kita alami.Toughen up. You are not alone.Tak Berkomunikasi Lewat Apa pun“Kok, setelah putus malah nggak ada komunikasi sama sekali? Itu sama aja memutuskan silaturahmi.”Apa pun “alasan” kamu agar tetap bisa berkomunikasi dengan mantan pasangan, hal itu justru membuat kalianakan lebih merasa sakit dan patah hati. Kalian akan terus terbayangi dan mengingat masa-masa indah dulu.Tak berkomunikasi dengan mantan pacar justu akan “menyelamatkan” hidup kalian ke depan.Dumpers: Jangan mengirim pesan singkat apa pun sama sekali, jangan menelepon, mengirim pesan melaluie-mail, chat messagerFacebook, DM Twitter, atau lewat apa pun dengan seseorang yang sudah kamuputusin.Sebagai pihak yang memutuskan, sebaiknya kamu lebih memiliki prinsip. Anggap saja tak berkomunikasi denganmantan seolah membuat “Tameng” untuk kamu dan dirinya.Content continue below...Dumpees: Kamu pun melakukan hal yang sama dengan si Dumpers. Bahkanjika memungkinkandeletesemua kontak dan hapus pertemanan di semua jejaring sosial. Jika si dia mencoba menghubungi kamu, katakana bahwa kamu tak bisa berbicara dengannya sampai kamu merasa benar-benar siap, ikhlas,move on, dan tak ada perasaan apa pun. Jika suatu waktu Tuhan mempertemukan kalian di tempat umum, say ‘hello’dengan sopan dan segera pergi.Tidak BercintaEgo kamu harus menang saat sebuah hubungan berakhir. Saat putus,Nggak ada lagi tentang dia atau kalian. Yang ada hanya KAMU, KAMU, dan KAMU. Harus egois jika kamu ingin sesuatu berjalan baik pasca perpisahan. Namun, kadang sebuah kejadian membuat kalian bertemu dan mengingat satu sama lain. Bahkan nggak jarang, pasca berpisah kamu merindukan dia dan masih berharap untuk masih bisa intim, salah satunya sex.Dumpers: Jika kamu sudah “membuang” seseorang kemudian tak bisa menahan untuk bercinta, semua akan berakhir buruk, apalagi jika mantan pasangan masih berharap dengan kamu. Nggak jarang cara ini mereka gunakan untuk bisa balikan. Dan begitu kalian bercinta, hubungan malah akan jauh lebih drama ketimbangsaat berkomitmen kemarin.Dumpees: Seingin apa pun kamu untuk bercinta sama mantan, itu hanya akan membuat kamu kalah telak. Tidak menutup kemungkinan dia akan “membuang” kamu lagi setelah apa yang diinginkan sudah dia dapatkan.Jangan Bertanya Sedikit punBerlaku untuk kedua belah pihak:don’t ask questions when you don’t want to know the answers! Melihat mantan pasangan dekat dengan seseorang disocial media? Atau bertemu dengan mantan di sebuah mall sedang menggandeng seseorang? Sebaiknya nggak perlu kamu tanya apa pun.Semakin banyak hal yang nggak kamu ketahui dari mantan, semakin kamu bahagia dan tak mengingat masa lalu.Fokus Pada Diri SendiriDumpers/Dumpees: Sekarang kamusingle. Kini saatnya untuk fokus pada diri sendiri dan lakukan apa pun yang kamu ingin lakukan mumpung waktu kamu sangat banyak. Nggak perlu berusaha keras melupakan semuanya karena putus cinta tak membuat hidup kamu berakhir. Nantinya akan ada seseorang baru, akan ada hubungan yang baik atau bahkan akhir yang sangat buruk.It’s just life. Sebanyak apa pun perpisahan yang kamu alami, nyatanya kamu masih bertahan, kan?

5 Alasan Mantan Pacar Ngehubungi KamuMenurut kamu, benar nggak sih kedatangan mantan itu bisa merusak semua usahamove onkamu? Kamu udah pacaran, kemudian putus. Mantanninggalin kamu dengan alasan sudah nggak cocok. Kamu sakit hati, marah, nggak terima diputusin gitu aja, tapi rasa sayang kamu masih banyak. Makanya susah banget buat berdamai sama masa lalu. Kepikiran terus meskipun kamu sebenarnya patah hati banget dan sudah memaki mantan di dalam hati untuk meluapkan emosimu. Hingga suatu hari, saat hati kamu mulai tenang,  mantan tiba-tiba  nge-Whatsapp.“Hai, kamu apa kabar?”Karena belum 100% move on, kamu deg-degan. Perasaan campur aduk kamu rasakan. Kesal karenaSetelah lo ninggalin gue gitu aja, lo nanya kabar gue gimana?Tapi juga senang karena berarti si mantan masih ingat kamu.“Baik. Ada apa?”“Nggak apa-apa. Lagi keinget kamu aja.”Kamu langsung senang dan parahnya berpikir, dia bakal ngajak balik.Dia pastinyesel mutusin gue. Iya! Makanya dia hubungin lagi. Tuh, buktinya aja dia inget sama gue. Berarti dia mau ngajak gue balikan. Pasti!Duh, susah deh kalau punya mental ngarep—sampe mantan yang ningalin gitu aja masih juga diharepin. Padahal,nih,ada banyak kemungkinan kenapa mantan tiba-tiba hubungin kamu.Lagi inget kamu AJAYa, sama seperti kamu. Otak mantan juga nggak diprogram untuk bisa lupainkamu. Kamu nggak bisa lupain dia, dia juga nggak bisa lupain kamu. Dan ada kemungkinan kan jika dia tiba-tiba inget kamu? Entah mungkin suasana lagi hujan dan membuat hati dia galau. Entah lagi ke tempat makan yang biasa kalian kunjungi dan bikin dia inget kamuatau hal lain yang bikin dia ngehubungin kamu. Bedanya, kalau dia inget dia kasih tau, kalau kamu nggak. Udah intinya hanya itu. Tanda ngajak balikan? YA NGGAK LAH.Content continue below...Lagi ngilangin rasa bersalahMungkin, nih, dia ngerasa bersalah banget sama kamu karena sikapnya yang bikin kamu sakit hati. Makanya, karena merasa hidupnya jadi berantakan pasca ninggalin kamu, dia perlu minta maaf. Sejahat-jahatnya orang, ada kalanya dia akan sadar jika sikapnya salah selama ini. Mantan yangputusin juga nggak terlepas dari rasa bersalah. Makanya dia hubungin kamu lagi. Sekalian ngajakin balikan maksudnya?Ya, enggak dong. Biar rasabersalahnya ilang aja dan bisa ngelanjutin hidupnya tanpa beban.Lagi minta restu buat hubunganbarunyaKonyol? Sayangnya, ada tipe mantan nyebelin seperti itu. Awalnya dia ngerasa bersalah, sama seperti di poin sebelumnya. Dia baik-baikin kamu dan kamu udah GR duluan kalau dia bakal ngajak kamu balikan atau sejenisnya. Dia minta maaf karena ngerasa bersalah dan membuat kamu tambah yakin kalau dia  mau pacaran lagi sama kamu. Hingga akhirnya, dia bilang kalaudia minta maaf agar karma nggak mendatanginya. Supaya hubungan dengan pacar barunya berjalan baik-baik aja. Ngenes banget, nggak?Lagi ada butuhnyaBukan hanya kamu, si mantan juga ada masanya ketergantungan sama kamu. Begitu kalian berpisah, ada beberapa kebiasaan yang mungkin aja belum dia terima, entah masalah antar jemput, masalah pinjem uang, atau masalah seks. Makanya pas dia terbiasa selalu dibantu sama kamu, kamu jadi orang pertama yang bakal dia hubungin. Kalau dia perlu bantuan apa pun, kamu selalu dihubungin. Kamu GR aja dan menganggap dia akan selalu butuh kamu dan nggak akan bisa lepas dari kamu. Eh, sayangnya si mantan hanya manfaatin kamu aja tuh. Siapa suruh selalu ada saat status udah jadi mantan.Lagi IsengCoba inget-inget, apa yang ngebuat mantan hubungin kamu? Ya, mungkin aja kamu habis ganti profile picture di messenger. Pas liat perubahan kamu, dia hanya nanya kabar tanpa embel apapun.That’s it!Nah, inti dari artikel ini adalah ADA BANYAK ALASAN kenapa mantan tiba-tiba hubungin kamu atau nanya kabar.Nggak usah dianggap dia bakal ngajak kamu balikan. Nggak usah ngarep kalau hubungan kalian bisa seperti yang dulu. Semakin kamu mempertanyakan kenapa dia tiba-tiba hubungin kamu, biasanya akan semakin ngarep dan memiliki ekspektasi lebih, pengin kisah seperti dulu. Hingga kamu sadar kalau dia memang sudah benar-benar pergi dan akhirnya kamu ngerasain sakit untuk kedua kalinya. Padahal proses move onkamu hampir berhasil. Kalau mantan hubungin lagi, cuekin, dia hanya bagian dari masa lalu yang ada di belakang kamu.

Membuka hati pada orang baru tidak semudah membuka tutup toples kue saat hari raya tiba. Selepas proses patah hati yang membuatmu lupa rasanya bahagia, ternyata butuh proses panjang agar bisa sembuh sepenuhnya. Jangan kira proses ini akan mulus saja. Akan ada satu titik saat kamu bisa sadar sepenuhnya — ternyata tak mudah membuka hati lagi pada orang lainnya.Jika memang membuka hatikini tak lagi semudah itu, adakah hal yang perlu kamu tuntaskan lebih dulu? Haruskah ada hal-hal yang kamu centang dan selesaikan sendiri lebih dulu?1. Puaskan menangis dan mengutuk keadaan. Namun sebisa mungkin tak perlulah menyalahkan TuhanSebisa mungkin tak perlulah menyalahkan Tuhan viabridalmusings.comKeadaan kadang bisa terasasangat bejat sekali. Kamu sudah bahagia, merasa positif menghadapi masa depan yang ada, lalu dibanting dan dijerembabkan untuk kedua kalinya. Sesaat kamu merasa semesta berkonspirasi menjatuhkanmu. Merebut kebahagiaan yang sudah kamu gadang-gadang lebih dulu.Untuk saat ini puaskan dulu saja patah hatimu. Menangislah banyak-banyaksampai habis air matamu. Kamu boleh menyalahkan apa saja — kecuali Dia. Karena toh di akhir hari semua bisa mempercundangi. Tapi cuma Tuhan yang tak pernah pergi.2. Tabahkan diri menghadapi sepi. Karena patah hati memang ditakdirkan untuk dihadapi seorang diriPatah hati memang didesaion untuk dihadapi sendiri viabridalmusings.comPatah hati bukan sirkus yangbisa dinikmati beramai-ramai. Saat ini biarkan dirimu sendiri menantang sepi dengan gagah berani. Birakan dirimu terbiasa dengan kegamangan saat harus ke mana-mana sendiri. Saat harus menjawab senyum saat ditanya, ‘Loh pacar yang kemarin mana?’Dia yang baru nanti tidak layak kamu pilih hanya karena tidak mampu menghadapi sepi. Dia layak dapat alasan dipilih yang jauh lebih berkualitas daripada sekedar, ‘Takut akan sepi.’3. Tak dosa merasa jadi orang paling galau danmenye-menyesedunia. Kamu layak mengungkapkan kuatnya dera rasaKamu layak mengungkapkan kuatnya rasa viabridalmusings.comTak perlu takut diejek galau atau menye-menye. Tidak ada orang yang tahu apa yang sudah kamu alami. Apa yang sudah kamu lalui, kamu korbankan, kamu ikhlaskan demi sampai ke titik ini. Mereka hanya mengerti kamu kini sendiri. Tanpa pernah tahu betapa selama ini sudah banyak konsesi yang harus dihadapi.Sebelum nanti membuka diriuntuk orang baru habiskan dulu fase galau dan merana itu. Kamu layak mendapatkan tempat untuk mencurahkan isi hatimu. Temna-teman baik pun akanmengerti. Sakit jika harus ada di posisimu saat ini.4. Tuntaskan pertanyaan kenapa dan rasa tak cukup dalam diri. Pasanganmu kelak layak mendapatkan kamu yang merasa cukup pantas dicintaiPasanganmu kelak medapatkan pasangan yang layak dicintai viabridalmusings.comSelepas disakiti sampai lebam, kadang ada pertanyaan yang muncul di pikiran.“Aku ini kurang apa? Salah apa? Kenapa dia rela meninggalkanku dan menyakiti sampai sebegininya?”Biarkan pertanyaan dan rasatak cukup ini mengendap dulu. Jangan buka hatimu sampai rasa cukup kembali datang. Pasanganmu kelak layak mendapatkanmu yang merasa cukup dan pantas dengan diri sendir. Dia tak perlu jungkir balik membuktikan diri agar kamumerasa dicintai.5. Benamkan diri lama-lama dalam kesibukan dan pekerjaan. Supaya kamu sadar hidup tak cuma soal perasaanSupaya kamu sadar hidup bukan cuma soal perasaan viabridalmusings.comSelama ini bisa jadi kamu merasa bahwa perasaanmu lah yang jadi rajanya. Kamu hanya bisa mengikuti perasaan yang paling kuat dalam dada. Sebelum nanti memulai sesuatu yang baru pastikan kesibukan dan pekerjaan sudah mengakuisiseluruh hidpmu. Bukan cuma perasaan yang bisa mengakuisisi hidupmu.6. Pamungkasnya, sadarilah kalau hidup tanpa dia ternyata bisa baik-baik saja. Kamu siap untuk sesuatu yang lebih baik bersama dia yang layak dicintaHidup ternyata baik-baik saja tanpa dia viabridalmusings.comDia yang meninggalkanmu ternyata tidak sebaik itu. Kamu baik-baik saja tanpa dia. Inilah saatnya menjalanikehidupan yang lebih apik bersama dia yang layak dicinta.Hidupmu pernah baik-baik saja tanpa dia. Ini saatnya membangun hidup yang baru bersama dia yang lebih bisa dipercaya.Sementara 6 hal ini belum tuntas dalam hidup, maka puaskan dulu patah hatimu……

Mantan, Makin Dipaksa Makin MenghilangKadang, hanya demi mempertahankan hubungan yang memburuk, kita akan melancarkan serangan bertubi-tubi. Sms dan telpon setiap hari, menyatakanperasaan kita berulang kali, membelikan hadiah-hadiah, memperlakukan dia lebih baik dari sebelumnya bak putri raja, mencoba melucu dan membuat dia tertawa, lebih parah lagi saya bahkan pernah menuliskan puisi-puisi romantis dengan harapan itu semua akan membuatnya berpaling kembali.Kita menjadi pengemis yang mengharapkan dengan iba sisa-sisa perasaan dia pada kita. Namun hasilnyatidak sesuai dengan harapan dan sangat tidak sebanding dengan pengorbanan kita, karena pada akhirnyadia tetap pergi meninggalkan kita di tengah-tengah kefrustrasian. Kita tidak mengerti. Kenapa setiap usaha untuk membuktikan ketulusan perasaan kita selalu berakhir bagai asap diterpa angin? Kenapa ketulusan Anda hanya bagai sampah di matanya? Kenapa seolah-olah perasaan wanita itu gampang sekali berubah menjadi dingin?Banyak dari teman-teman saya adalah pria-pria yang berkualitas.Intelek, mandiri, berbakat dan tulus. Namun seumur hidupnya, mereka sama sekali tidak pernah berhasil dan selalu gagal dalam hubungan dengan wanita. Ada apa ini? Ada yang tidak beres dengan dunia ini! Kenapa begitu banyak pria-pria luar biasa di luar sana yang mengalami hal ini?PERASAAN TERTARIK TIDAK BISA DIPAKSAKAN.Perasaan tertarik adalah hal yang natural dan timbul karena input dan stimulasi-stimulasi tertentu. Tentu, Anda pasti berpikir “Kalau cuma gitu, gue juga tau!” Jika Anda memang tahu, lalu kenapa Anda terusmemaksa diri dan memaksa perasaan wanitayang tidak tertarik kepada Anda?Tidak peduli seberapa konsistennya Anda, seberapa bertubi-tubinya serangan Anda, kalau si wanita memang sudah tidak tertarik, tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan selain pergidan mulai mencari wanita baru! Anda sangat sadar akan hal itu, tapi kenapa Anda tidak mau melakukannya dan malah berkutat dalam perangkap pasir hisap itu? Saya tahu jawabannya: Bukan karena cinta, ketulusan, atau alasan-alasan romantis picisan lainnya, melainkan karena RASA TIDAK PUAS Anda akan keadaan tersebut.Ego.Sebagai pria, sejak kecil kita dididik dan diindoktrinasi dengan nilai-nilai keberhasilan yang dipaksakan. Sehingga kita menjadipecundang-pecundang yang tidak mau mengakui bahwa dirinya adalah pecundang. Kita tidak mau menerima kekalahan. Kita tidak ingin menghadapi kegagalan. Dan kita selalu berusaha untuk menjadi orang yang memegang kendali atas segala sesuatu. Dan ketika hubungan kita dengan wanita mulai terlihat gagal dan memburuk,kita akan melakukan segala daya upaya untuk memastikan kita tidak kalah!Kita tidak puas dengan situasi tersebut.Kita ingin kembali memegang kendali. Kita ingin memperbaikinya karena kita merasa kita mampu memperbaikinya, kalau saja kita diberi kesempatan.Untuk itulah, dengan dalih perasaan sayang atau cinta atau apalah, kita memaksa diri kita untuk tetap mempertahankan sang wanita. Padahaldengan melakukan hal-hal tersebut Anda telah memaksa wanita tersebut. Dan tidak ada orang yang suka dengan pemaksaan. Itu sebabnya,semakin Anda berusaha semakin sang wanita akan menjauh dan menghilang.Content continue below...Kalau Anda benar-benar tulus, Anda tidak akan sakit hati apabila sang wanita pergi meninggalkan Anda. KalauAnda benar-benar tulus, Anda tidak akan berubah menjadi sinis atau malah benci kepadanya. Tapi kenapa banyak pria yang berubah sikap menjadi benci dan menjelek-jelekan wanita yang sudah menolak atau meninggalkannya?Karena Anda sudah kalah, dan Anda benci kekalahan. Makanya Anda mencoba menyalahkan sang wanita untuk kekalahan yang Anda alami.Masuk akal?Kalau Anda telah membaca sampai di sini dan merasa bahwa apa yang saya bagikan sesuai dengan keadaan Anda, maka ini saatnya Anda mengakui kekalahan Anda. Akui saja rasa ketidak puasanmu dan hadapi kegagalanmu. Setelah Anda melakukannya, Anda akanmenyadari bahwa tidak apa-apa untuk mengakui kegagalan dan kekalahan.Anda kalah dalam permainan ini, namun tidak ada yang akan menyalahkan Anda. Anda belum memiliki pengalaman yang cukup dan belum tahu cara-cara dan teknik-teknik yang diperlukan untuk memenangkan permainan ini, jadi kekalahan Anda adalah hal yang wajar.Dan sekarang saatnya Anda memasuki permainan yang baru dengan lebih percaya diri dan kesiapan yang matang,karena Anda telah mengetahui alasan kenapa Anda kalah dan Anda tidak akanmengulanginya lagi.Lupakan sang wanita, jangan pernah lagi mengemis dan menyerangnya dengan bertubi-tubi. Justru dengan Anda melepas dan memberinya keleluasaan,kesempatan Anda untuk mendapatkannya kembalidi kemudian hari akan jauh lebih tinggi dibandingkanapabila Anda memaksanya sekarang.Lupakan sang wanita, dan mulailah mencari wanita-wanita baru. Percayalah, cara termudah untuk melupakan seorang wanita adalah dengan bertemu wanita-wanita baru. Kenapa Anda harus peduli pada wanita lama Anda apabila Anda bisa di kelilingi oleh wanita-wanita yang sama atau bahkan lebih menarik darinya? Anda akan melupakannya dalam sekejap begitu Anda mulai bertemu dan bersenang-senang dengan wanita-wanita baru.Kebahagiaan kamu adalah hak kamu. Hanya kamu sendiri yang mampu merenggutnya.

Cara Balas Dendam Pada MantanSangat wajar sekali apabila ada seseorang atau sesuatu menyakiti Anda, reaksi otomatis yang keluar dari diri kita adalah perasaan marah dan keinginan untuk membalas.Bayangkan saat kaki Anda terantuk meja dan Anda merasakan nyeri yang luar biasa. Apakah reaksi Anda adalah mengumpat dan menendang meja tersebut dengan penuh kemarahan? Tindakan menendang meja ketika kaki Anda terantuk adalah perbuatan bodoh yang tidak masuk akal. Karena bukan saja meja tersebut bisa rusak karena Anda tendang, tapi kaki Anda pun dapatterluka dan menjadi lebih sakit lagi.Menendang meja yang “menyakiti Anda” jelas tidak akan menyembuhkan kaki Anda. Nah, sama halnya dengan putus cinta. Balas dendam pada mantan kekasih yang telah menyakiti Anda sama sekali tidak akan menyembuhkan Anda dan malah akan membuat Andasemakin sakit…Ketika Anda putus cinta dan patah hati, Anda mengalami perasaan kerugian emosional. Istilahnya, Anda mengalami defisit emosi. Itu sebabnya Anda merasa malas untuk melakukan apapun juga, dan sama sekali tidak tertarik untuk berhubungan dengan siapapun juga. Emosi Anda telah terkuras habis.Memikirkan balas dendam, atau bahkansampai benar-benar melakukan balas dendam dengan berbagai cara, seperti membuatnya cemburu, mengadukannya pada orang tuanya, dsb, jelas membutuhkan modal emosi yang sangat besar. Setelah Anda mengalami defisit dan kerugian, apakahAnda yakin masih ingin terus menghambur-hamburkan emosi Anda?Emosi Anda SUDAH PASTI akan mengalami kerugian yang lebih besar.Ketika Anda memikirkan untuk membalas dendam, itu berarti Anda sedang memikirkan dia. Itu artinya Anda tidak bisa melupakannya. Berarti dia memiliki kendali penuh atas diri Anda. Itu tanda bahwa fokus hidup Anda adalah dirinya. Itu juga adalah tanda bahwa Anda tidak bisa menerimakenyataan. Padahal Anda tahu bahwa untuk melupakannya dan menyembuhkan diri Anda, untuk bangkit berdiri dan meraih kebahagiaankembali, hal pertama yang harus dilakukan adalah MENERIMA KENYATAAN.Hanya ada satu cara untuk balas dendam pada mantan Anda:fokuskan sisa emosi dan energi untuk diri Anda sendiri. Perbaiki dan tingkatkan penampilan Anda, makan yang baik danolahraga yang teratur, bila perlu Anda dapat pergi ke gym dan membentuk tubuh Anda menjadi lebih seksi. Lakukan segala hal yang dapat membuat Anda bahagia.Content continue below...Apabila suatu saat mantan kekasih Anda bertemu dan melihat Anda, maka ia akan tercengang dan kaget melihat Anda yang jauh lebih menarik dibanding sebelumnya. Ia akan melihat dan sadar betapa bahagianya hidup Anda tanpa dirinya. Ia akan melihat bahwatanpa dirinya, Anda malah jadi lebih baik!Itu akan menggoyangkan emosi dan psikologisnya. Dia mungkin akan merasa menyesal telah meninggalkan seseorang yang hebat seperti Anda dan dia jelas akan berpikir:Apakah kehilangan dirinya sama sekali tidak berpengaruh apa-apa pada Anda? Apakah itu berarti Anda tidak pernah benar-benar mencintainya?Percaya saya, Anda akan merasa sangat puas ketika saat itu tiba. Dan jika mantan Anda ternyata tak terlihat menyesal, Anda tidak rugi apa-apa karena Anda sudah menjadi orang yanglebih baik, tanpa bantuan dirinya sedikit pun!Anda sudah membuktikan bahwa Anda tidak perlu siapa-siapa untuk jadi lebih baik!Living a happy life is the best revenge!Tapi ingat, lakukan semua itu hanya untuk diri Anda sendiri. Apabila Anda melakukan itu dengan motivasi balas dendam maka semuanya akan menjadi sia-sia saja karena itu sama saja Anda masih belum bisa melupakannya. Dan itu berarti Anda harus kembali lagi membaca artikel ini dari paragraf pertama!Selamat balas dendam!

Mau Move On? Maafin Dulu Mantan KamuMenjalani sebuah hubungan memang maunya tanpa cela, tanpa pertengkaran,apalagi perpisahan. Namun, tetap saja permasalahan dan beda pendapat dalam hubungan tak bisa dielakkan bahkan kamu dan si dia berakhir dengan kata putus.Kamu putus karena ada orang ketiga dalam hubungan kamu. Kamu dan pacar putus karena dia mulai bersikap kasar. Atau alasan lain yang pada akhirnya membuatkamu sangat amat membenci dia bahkan berjanji nggak akan memaafkan dia.Tapi apa benar setelah kamu putus sama mantan kamu harus membenci dia?Membenci mantan hanya akan membuat kamu mengingatnya terus menerus. Membuat kamu tak bisa menghilangkan dia dari pikiranmu. Membuat kamu nggak bisa menjalani hubungan dengan pria/wanita baru. Membuat kamu nggak bahagia dengan hidup kamu sendiri karena membawa sisi negartif dalam dirimu setiap hari?Beneran mau?Membenci mantan hanya akan membuat kamu terlihat anak kecil dan lucu. Mengapa saya bilang lucu? Kamu ingat dong bagaimana kamu dulu memuji dia saat masih pacaran? Ingat kan bagaimana kamu sangat bangga mengenalkan pacar kamu ke teman dan keluarga kamu? Dan ingat kan bagaimana kamu bilang “I love you” setiap hari saat sebelum tidur?Dan ingatkan bagaimana kamu MEMILIH dia sebagai pacar kamu?Membenci dia setelah kalian putus sama saja membenci pilihan yang kamu ambil dulu—pilihan untuk mau pacaran dengannya.Membenci hanya membuat kamu susah move on. Percayalah.Perasaan marah, kesal, benci memang sangat wajar, apalagi kamu memergoki dia selingkuh. Namun, apakah dengan membenci masalah akan selesai?Content continue below...Saat kamu putus dengan mantan—apapun masalahnya, ingatlah bahwa kalian memang hanya tidak cocok. Dan di luar sana sudah ada wanita/pria yangtepat sedang menunggu kalian.Daripada membenci mantan atas sikapnya, lebih baik kamu memaafkan.Memaafkan kesalahan mantan menunjukkan bahwa kamu dewasa danmenerima adanya perpisahan—sekaligus sadar bahwa perpisahan adalah hal yang biasa terjadi dan menjadi moment untuk perbaikan diri.Memang mungkin sulit memaafkan dia yang sudah menyakiti kamu. Namun, saat putus tentu dong kamu ingin secepatnya move on? Danmemaafkan adalah salah satu cara untuk mempermudah proses move on—terlebih untuk kamu yang berpikir bahwa sangat susah melupakan si dia.Kamu keinget terus mungkin karena kamu mengingat bagaimana dia menyakiti kamu, sehingga pemikiran negatif terus ada di otakmu sehingga yang kamu pikirkan adalah bagaimana cara membalasnya.Coba kalau kamu memaafkannya dan menganggap dia tak melakukan kesalahan yang berarti. Kamu memaafkan dia dengan berjiwa besar dan masih bisa berhubungan baik dengannya. Masih bisa berteman meskipun tak bisa sedekat dulu—tentu itu lebih membuat hidup kamu damai dan nyaman, dibandingkan membenci dia yang ternyata sudah bahagia menemukan wanita/pria lain.Saat kamu sudah maafin dia, tentu kamu akan bisa bersikap baik dengannya, bersikap ramah, dan kamu selalu berpikir positif. Nggak akan curiga, nggak akan berpikir balas dendam, nggak akan cepat emosi, dan hal lain yang merusak fisik kamu perlahan-lahan. Jadi, saat kamu sudah bisa memaafkannya kamu akan siap menjalin hubungan yang baru dengan orang lain. Kebayangkan bagaimana perasaan benci terhadap mantan akan merusak PDKT kamu dan gebetan?Jadi, kalau mau move on, maafkan dulu mantan kamu, ya.

Berdamai dengan Mantan, Bagaimana Caranya?Jika membahas hubungan dengan mantan, sebagian orang memiliki hubungan yang cukup buruk. Hal itu bisa disebabkan karena berakhirnya hubungan dengan cara yang kurang baik, misalnya saja bertengkar tanpa ada penyelesaian dan memilih untuk putus, dikecewakan pasangan karena selingkuh, dan sebagainya. Hal yang lebih parah adalah, satu sama lain menyebarkan aib mantannya pada orang lain.Meskipun sudah menjadi mantan, bukanlah hal yang bijak untuk menyebarluaskan aib matanmu. Hal tersebut justru membuatmu susah move on karena setiap harinya selalu diisi dengan kebencian pada mantan. Alangkah lebh baik jika kamu mau berdamai dengan mantan.Damai di sini, bukan berarti balikan, melainkan menerima keadaan dan mengikhlaskan mantan.Tapi, berdamai dengan mantan bukanlah hal yang mudah, terlebih jika mantan pernah mengecewakan kita. Oleh karena itu, coba beberapa cara berikut ini.Menjaga JarakDi sini, kamu nggak perlu terburu-buru berdamai dengan mantan. Sebelumberdamai, lebih baik jagalah jarak dengan dirinya selama beberapa waktu. Sebisa mungkin jangan melakukan kontak apa pun dengan dirinya. Hal ini dimaksud agar hatimu menjadi lebih tenang dan pikiran menjadi lebih jernih. Tentunya kamu merasa terluka ketika dikecewakan mantan, jadi lebih baik redakan dulu rasa sakit di hatimu sebelum berdamai dengan dirinya.Memaafkan MantanMasalah yang menjadi pemicu retaknyahubunganmu dan pasangan bisa disebakan oleh kamu dan mantan. Jadi,jangan selalu menyalahkan mantan atas putusnya hubungan kalian. Kalau pun memang mantan melakukan kesalahan besar padamu, cobalah untuk memaafkannya.Namun, rasanya susah sekali untuk memaafkan mantan, bukan? Oleh karena itu, ketika sedang menjaga jarak dengannya, janganlah mengingat-ingat kesalahan yang telah mantan buat.Jangan terus-menerus mengingat luka yang ia torehkan di hatimu.Maafkanlah mantanmu. Namun sebelumnya, maafkan dirimu sendiri. Dengan memaafkan diri sendiri, kamu mengusirperasaan negatif dalam dirimu yang selalu membuatmu memikirkan keburukan mantan.Content continue below...Mencoba Menghubunginya LagiMantan nggak bisa tahu kamu memintamaaf kalau kamu nggak menghubunginya kan? Setelah dirasa cukup lama menjaga jarak, saatnya mencoba menghubunginya lagi. Tanyakan kabarnya lalu minta maaflah padanya. Meskipun kamu nggak salah, tetap bersikaplah sopan dan mengalah.Meminta maaf padanya dan memaafkan dirinya, adalah salah satu cara untuk move on.Ketika menghubunginya, jangan mengungkit-ungkit cerita lama kamu dan dirinya, jangan pula menanyakan kabar yang berlebihan. Sebab ingat, kamu menghubunginya untuk sekadar meminta maaf saja, bukan untuk motif lain.Kalau mantan ternyata nggak merespon balik permintaan maafmu, lebih baik untuk nggak membahasnya lebih serius. Yang terpenting, perasaanmu sudah jauh lebih baik dan perlahan-lahan bisa berdamai dengan mantan.Mengatur Hubungan dengan MantanKetika sudah bermaafan dengan mantan, sudah berdamai dengan mantan, mau seperti apa hubunganmu dengannya? Ada yang bisa menjadi teman setelahnya, ada pula yang tetap menjaga jarak. Semua itu tergantung pada dirimu sendiri. Yang terpenting, kamu sudah bebas dari permusuhan dengan mantan.Kalau pun kamu bisa menjalin pertemanan dengan mantan, usahakan untuk berteman dengan normal saja. Jangan terlalu dekat, apalagi sampai kelewat mesra. Anggap ia sebagai orang baru dan kamu nggak memiliki masa lalu dengannya.

Go Out and Have FunBerikan batas waktu untuk Anda bersedih, mengurung diri dan menangishingga habis air mata Anda, misalnya seminggu atau dua minggu. Tapi setelah itu, segera hapus air mata Anda,keluar dari kamar, paksakan diri untuk mulai bersenang-senang kembali. Karena semakin Anda berlama-lama terpuruk dalam kesedihan, maka tubuh dan mental Anda akan jadi terbiasa berada dalam kondisi menyedihkan, dan ini sama sekali bukan hal yang bagus. Hubungi sahabat-sahabat Anda dan pergilah bersenang-senang, makanmakanan favorit Anda, tekuni hobi Andakembali, dan mulailah pergi kencan dengan gebetan-gebetan baru. Ingat, tujuan Anda bukan untuk mencari pelarian atau pacar baru, tapi untuk bersenang-senang. Agar menyadari bahwa Anda masih memiliki kemampuan untuk bahagia kembali.Bukan saatnya lagi untuk marah-marah,bersedih, dan meraung mengemis, sekarang adalah saatnya Anda fokus pada diri sendiri untuk menyembuhkan hati Anda. Tugas Anda adalah membahagiakan diri Anda sendiri tanpamantan kekasih Anda. Lakukan segala macam hal yang bisa membuat Anda tertawa lepas dan merasa bahgia. Kesalahan terbesar Anda selama ini adalah menjadikan mantan kekasih Anda sebagai sumber kebahgiaan Andasatu-satunya, itu sebabnya ketika dia pergi Anda merasa seperti dunia Anda runtuh dan kehilangan makna. Sekarang saatnya Anda meraih kebahagiaan Anda kembali dengan tangan Anda sendiri.Saya sangat mengerti bahwa melakukan ketiga cara di atas tidaklah mudah, bahkan bisa dibilang SANGAT SULIT, terutama bila Anda putus cinta setelah menjalin hubungan yang cukup lama. Tapi berdiam diri dan tenggelam dalam kesedihan yang berlarut-larut hanya akan membuat Anda semakin menderita. Paksa diri Anda untuk melakukan ketiga hal di atas, perlahan namun pasti, saya jamin Anda akan melihat hasilnya. Banyak orang bilang bahwa waktu akan menyembuhkan segalanya, itu adalah pernyataan yang kurang tepat. Dalam setiapsesi konsultasi, saya selalu mengatakan pada klien saya:Bukan waktu yang menyembuhkan, tapi apa yang Anda lakukan di waktu tersebut lah yang akanmenyembuhkan Anda.Selamat meraih kebahagiaan Anda kembali.

Yang bahaya saat patah hati mengakibatkan putus asa. Diamenyerah dan tidak pernah berharap lagi. Ini yang tidak boleh. Putus asa adalah dilarang oleh Allah.

Menerima Kenyataan dan Keadaan DiriKamu dapat melewati patah hati dengan lebih mudah jika kamu belajar menerima kenyataan yang terjadi saat ini. Kamu dan mantan telah berpisah, nggak bersama lagi, dan itulah yang harus kamu terima.Semakin kamu mengelak, semakin susah untukmu bangkit dari kesedihan ini.Keadaanmu sekarang pun mungkin berantakan. Sebab patah hati membuatmu menangis, malas makan, menyendiri, dan sebagainya. Jangan terburu-buru membenahi diri, apalagi berpura-pura semua baik-baik saja. Hatimu butuh waktu untuk siap menyoongsong hari baru. Berikan waktu bersedih untuk dirimu sendiri. Setelah dirasa cukup, saatnya bangkit untuk bahagia kembali.Content continue below...Berpikir untuk Masa DepanBayangan mantan bisa kembali sewaktu-waktu dalam pikiranmu, dan itu membuatmu teringat lagi padanya. Ingat, masa lalu memang ada dalam pikiran kita, namun jangan sampai hal itu menghambat langkah kita untuk maju. Fokuslah untuk mencari kebahagiaan di masa depan. Hidup terus bergerak maju, janganlah terjebakdalam masa lalu.BermeditasiSekadar referensi, kamu bisa mengambil latihan meditasi bila ingin melalui patah hati dengan baik. Meditasi mampu membantumu mengatasi emosi-emosi yang bergejolak dalam dirimu, khususnya emosi negatif.Mencari Jati DiriSelama bersedih, kamu melupakan semua kegiatan yang kamu suka. Malah kamu bisa saja lupa dengan kepribadianmu sendiri. Setelah patah hati mulai berangsur menghilang, saatnya temukan jati dirimu lagi. Lakukan kembali kegiatan yang biasa kamu lakukan, atau kegiatan yang dulu sempat berhenti karena pacaran. Kegiatan-kegiatan positif dapat membantumu memulihkan kondisi hatimu pasca-patah hati.Bersenang-senanglah!Jangan lupa untuk bersenang-senang! Pergi ke salon, berbelanja, bermain games bersama teman-teman, apapun yang membuatmu senang. Tentu saja masih dalam kegiatan positif, ya.Bersenang-senang dapat mengembalikan kembali senyum serta tawa yang hilang beberapa waktu lalu.Kamu pun bisa menikmati hidupmu kembali.Patah hati wajar untuk ditemui dalam kehidupan. Saat kamu mengalaminya, percayalah bahwa semua akan berlalu dan kamu akan bahagia kembali.
Kunci Agar Tidak Patah HatiKunci agar kita tidak patah hati adalah dengan keyakinan bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagikita. Itu saja. Sehingga apa pun yang terjadi bagi kita, itulah yang terbaik bagi kita. Meski pun rasanya pahit, getir, dan perih, justru itu untuk kebaikan diri kita.Tidak selamanya yang kita sayang, yang sukai, yang kita banggakan, dan yang kita miliki selama ini adalah yang terbaik bagi kita. Justru sebenarnya sebaliknya sehingga Allah melepaskan dari diri kita.Tidak selamanya yang kita benci, yang kita tidak sukai, yang kita hindari selama ini atau yang kita musuhi sekali pun adalah yang terbaik bagi kit. Sehingga Allah memberikannya kepada kita.Ingat ayat ini:“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (Qs. Al-Baqarah: 216)Jika Anda mengimani ayat ini, seharusnya tidak ada patah hati dalam kamus hidup Anda.Patah Hati Yang Paling Tidak BergunaApa patah hati yang paling tidak berguna?“Patah hati karena pacar yangmengkhianati Anda.”Nah lho? Kenapa?Pertama:Pacar itu tidak mengikat apa-apa. Saya belum menemukan dalilnya tentang ikatan pacaran. Yang ada adalah melamar (khitbah)dan ikatan yang agung (menikah). Itu saja. Pacar itu tidak ada ikatan apa-apa. Rugikalau harus patah hati.Kedua:Pacaran itu banyak dosanya. Karena pacaran belum menghalalkan hubungan antara laki-laki dan perempuan. Harusnya bersyukur kalau putus pacaran, sebab terbebas dari dosa. Tapi kalau Anda teruskan dengan patah hati apalagi putus asa, itu nambahdosa.Ketiga:Ngapain sibuk memikirkan orang yang sudah tidak peduli Anda? Anda membuang-buang nikmat Allah berupa waktu dan energi hanya memikirkan orang yang tidak peduli dengan Anda.Tips: Anda tidak akan pernah dikhianati pacar, caranya adalah tidak usah pacaran!Jika sudah siap menikah, maka menikahlah. Jika belum,fokuslah pada tugas utama Anda saat ini, yaitu belajar atau menuntut ilmu untuk persiapan masa depan. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk sesuatu yang bukan kebaikan sama sekali.Motivasi Orang yang Sedang Patah Hati SelanjutnyaSetelah meyakini bahwa Allah memberikan yang terbaik bagikita. Maka mulai sekarang fokuslah ke masa depan Anda. Apa cita-cita, visi, misi, dan tujuan Anda di masa mendatang. Fokuslah untuk meraihnya, jadikan cita-cita untuk hidup lebih baik ke depan sebagai motivasi anda.Agar terus move on dan meraih hidup yang lebih baik.Jangan sia-siakan hidup Andauntuk meratapi masa lalu, sebab masa depan masih panjang membentang dan perlu kita tapaki. Ambil saja hikmahnya dan gunakan sebagai bekal agar Anda semakin kuat dan tangguh menyongsong masa mendatang yang lebih cerah.

Lebih Baik Mutusin atau Diputusin?Bila Anda harus memilih, manakah yang akan Anda pilih? Menjadi pihak yang lebih baik mutusin atau diputusin?Di bawah ini adalah pro dan kontra antara kedua pihak tersebut.Lebih baik mutusin?Bila Anda menjadi pihak yang memutuskan, maka Anda akan merasa lega karena akhirnya bisa putus juga setelah sekian lama berkutat dengan masalah. Bebas dan lepas dari segala beban masalah yang membuat hidup jadi stress selama ini. Lega karena akhirnya berani mengambil keputusan setelah berbulan-bulan menunggu waktu yang tepat dan memikirkan cara yang paling halus.Tapi pihak yang memutuskan biasanya akan menjadi pihak yang disalahkan, dianggap tak berperasaan, karena pihakyang diputuskan merasa dirinya menjadi korban dan dicampakkan. Karena itu, bila Anda menjadi pihak yang memutuskan, kemungkinan besarAnda akan merasa bersalah ketika kekasih Anda menangis di hadapan Anda dan memohon untuk diberikan kesempatan sekali lagi. Anda akan merasa kasihan, dan akhirnya memberikannya kesempatan sekali lagikarena tidak tega melihat wajahnya yang memelas. Ketika itu terjadi, kecenderungannya adalah Anda akan merasa menyesal telah memutuskan kekasih Anda, merasa ragu atas keputusan Anda. Apalagi ketika Anda melihat mantan Anda dekat dengan orang lain, wah rasanya menyesal bukan main!Lebih baik diputusin?Bila Anda menjadi pihak yang diputuskan, maka Anda akan terbebas dari rasa bersalah. Karena sebagai “korban” Anda bisa menyalahkan kekasih Anda sebagai pihak yang tidak mau mempertahankan hubungan ini. Anda bisa berdalih dan meyakinkan diri Anda sendiri, bahwa Anda masih ingin memperbaiki hubungan tersebut tapi dia lah yang tidak mau memberikan kesempatan. Sebagai “korban”, Anda akan mendapatkan simpati banyak orang di kala sedih dan ketika Anda curhat. Tapi pihak yang diputuskan adalah pihak yang cenderung ingin balikan karena tidak rela diputuskan begitu saja.Perasaan ingin balikan membuat Anda galau dan terpuruk dalam kesedihan yang berlarut-larut bila tidak segera ditangani. Yang paling parah ketika Anda menjadi pihak yang diputuskan adalah segala perasaan tidak diinginkan dan dicampakkan yang Andarasakan. Merasa diri Anda tidak dihargai dan dibuang begitu saja seenaknya, bisa membuat Anda menjadi sangat marah dan kecewa. Bahkan bisa jadi Anda akan “dendam” kepada mantan Anda dan melakukan hal-hal bodoh seperti mengancam, memaki dengan kasar, melakukan aksi teror, dsb. Ini sudah menjadi kasus umum yang bisa Anda lihat di sekitar Anda.Content continue below...Jadi, yang mana yang Anda pilih? Tidak ada yang lebih baik dan menguntungkan, karena dalam sebuah perpisahan kedua belah pihakmerasakan sakityang sama. Yang membedakan hanyalah konsekuensi dari posisi tersebut. Analoginya, sama seperti ketika Anda mengendarai mobil dan menabrak seorang pejalan kaki. Mungkin orang tersebut luka parah dan harus masuk rumah sakit, tapi Anda juga membayar biaya pengobatannya, berurusan dengan polisi, atau mungkin digebukin oleh warga setempat. Tidak ada yang diuntungkan, baik Anda dan orang tersebut akan merasakan kerugian.Dalampelatihan Hitman System, ada lebih banyak lagi pembahasan yang lebih detil. Namun uraian di atas adalah kecenderungan yang terjadi bila sebuah hubungan putus karena pertangkaran dan ketidakcocokkan. Bilapenyebab perpisahan adalah perselingkuhan, pertentangan keluarga,dsb, maka pola dinamikanya bisa bervariasi.So gimana, lebih enak mutusin atau diputusin? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar.

Kata Band PADI, memaafkan memang tak seberat memindah samudera. Tapi kalau dipikir lagi, kenyataannya memaafkan barangkali hal lebih sulit dari memindah samudera. Jauh di lubuk hatimu kamu masih merasa terluka atas perbuatan orang itu, dan tidak rela memaafkannya begitu saja.Padahal jika kita pikirkan sekali lagi,menunda maaf, bukan hanya menyiksa dia yang tidak kita maafkan, tapi juga menyiksa diri kita sendiri. Meski memang berat sekali, tapi banyak hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan dari memaafkan.1. Memaafkan tidak berarti kamu orang yang lemah, tapijustru menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang cukup kuat menerima kenyataan.Memaafkan berarti menerima kenyataan viawww.studenthousingguide.co.ukAda yang bilang, memaafkan seseorang artinya kamu jadi orang yang lemah. Karena bagaimanapunorang yang melakukan kesalahan itu wajib diberi pelajaran. Tapi yang sebenarnya terjadi, dengan memaafkan, justru menunjukkan bahwa kita adalah orang yang kuat. Kamu bisa menghadapi kenyataan bahwa kamu sudah dikecewakan. Kamu menerima itu, dan kamu jugamenerima bahwa terkadang kenyataan seseorang tidak selalu seperti yang kamu bayangkan.2. Saat kamu berpikir untuk balas dendam, cobalah lampiaskan dendammu dengan memaafkan. Biar diatahu apa yang dia lakukan tak sampai membuatmu terguncang atau tertekan.Maafkan, dan tanyakan padanya… viakranke-menschheit.tumblr.comKamu begitu kecewa dan marah, dan kamu berharap dia yang menyakitimu bisa merasakan sakit yang kamu rasa. Rasa ingin balas dendam itu mungkin sewajarnya wujud dari kemarahan. Tapi memaafkan justru merupakan aksi balas dendam yang paling besar. Dengan memaafkan, kamu menunjukkan kepadanya bahwa apa yang kamu lakukan tidak bisa mempengaruhimu. Tidak cukup membuatmu terluka terlalu dalam, atau tertekan. Kamu masih bisa tersenyum dan memaafkan apa yang dia lakukan.3. Dengan memaafkan kesalahan seseorang, berartikamu membuktikan cintamupada diri sendiri. Kamu tak membiarkan masa lalu yang buruk mengganggu langkahmu di masa depan nanti.Memaafkan berarti mencintai dirimu sendiri viawww.huffingtonpost.comMemaafkan juga bisa menjadi wujud dari rasa cinta kepada dirimusendiri. Jika terus-terusan menyimpan dendam dan memendam kemarahan, kamu akan terus-terusan terjebak pada masa lalu. Kamu terus-terusan membiarkan dirimu dibebani rasa marah, dan menjadi sulit untuk melangkah ke depan. Cintai dirimu sendiri, dengan tidak membiarkan masa lalu terus-terusan menjegal langkahmu. Memaafkan adalah sebuah cara meninggalkan semua ganjalan di belakang, dan fokus untuk melangkah ke depan.4. Memaafkan juga akan memberimu ruang untuk belajar dari apa yang terjadi. Berkutat dalam dendam hanya akan membuatmu terbutakan oleh kemarahan.memberi ruang untuk belajar viasurv.esKetika hatimu masih diliputi marah dan kecewa, kamu hanya bisa melihat sisi buruk dari sebuah peristiwa. Yang kamu tahu, kamu membencinya, dan apa yang telah dia lakukan. Tidak ada hal lain yang bisa kamu temukan dari peristiwa itu selain luka. Tapi jika emosimu sudah lebih tenang, dan hatimu sudah bisa memaafkan, kamu bisa kembali melihat peristiwa itu dalam berbagai perspektif. Kini kamu punya ruang untuk belajar dari apa yang telah terjadi, agar selanjutnya tidak berulang lagi.5. Memaafkan seseorang, sama artinya membebaskandirimu sendiri dari tekanan. Justru kamu akan merasakan leganya lepas dari siksaan.Bebaskan dirimu dari tekanan vianewscultofficial.tumblr.comMasih marah, masih kecewa, dan masih enggan menatap wajahnya, bukan hanya menyiksa dia yang tidak kamu maafkan. Tapi juga menyiksa dirimu sendiri. Amarah masih memenuhi dirimu, itu juga memberimu tekanan. Saat bertemudengannya, yang kamu rasakan hanya kecewa. Tekanan itu akan hilang ketika kamu mau memaafkan. Saat itu, kamu akan meninggalkan luka di belakang. Apa yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Rasa lega setelah terbebas dari dendam akan membuat langkah hidupmu lebih ringan.6. Lepas dari tekanan dan kemarahan adalah yang akan membuat hidupmu lebih damai dan kesehatanmu juga lebih terjaga.membuat hidup lebih sehat viatheodysseyonline.comKamu tentu tahu bahwa pengaruh mental terhadap fisik sangat luar biasa. Tekanan batin atau rasa marah dan kecewa yang berkepanjangan juga tidak baik untuk kesehatan. Belum lagi ditambah beban-beban lain yang harus kamu pikirkan. Tentunya akan lebih baik jika kamu membebaskan sedikit pikiranmu dari emosi-emosi yang merugikan itu. Dengan begitu, pikiranmu sehat,jiwamu bahagia, dan otomatis kesehatanmu terjaga.7. Katanya memaafkan berarti kita harus menyukai orang tersebut. Tidak juga. Memaafkan berarti merelakan apa yang telah terjadi, dan memutuskan untuk tak lagi merutuki.Kamu memutuskan meninggalkan luka viagulichsen.tumblr.comMungkin kamu sulit memaafkan karena kamu enggan dianggap kalah. Atau karena kamu masih merasa tidak mungkin lagi menyukainya, ataupun berteman baik lagi dengannya. Memaafkan tidak berarti kamu harus menyukainya. Kamu juga tidak harus tetap berhubungan baik dengannya seperti sebelum dia membuatmu terluka. Yang kamu lakukan sebenarnya adalah, kamu mengakui bahwa dia melukaimu, dan kamu memaafkan perbuatannya dan memutuskan untuk tidak lagi berkutat dengan rasa sakit yang sama. Persoalan hidup kalian selanjutnya, tak ada yang mengharuskan kamu untuk terus bersamanya.To forgive is to seta prisoner free anddiscover that the prisoner was you. (Lewis B. Smedes)Sepenggal quote dari Lewis B. Smedes itu sudah cukup menjelaskan bahwa dalam dinding kemarahan dan kekecewaan, kita lah yang menjadi tawanan. Dengan memaafkan, berarti kita membebaskan diri kita dari segala tekanan. Kita membebaskan diri dari luka dan masa lalu, untuk memprioritaskan masa depan. Di saat seperti itu, kamu seperti mengambil kembali kuasamu. Dan tidak membiarkan sedikit kepedihan masa lalu untuk menghalangi langkahmu.#kehidupan #refleksi

11.Sewindu-nya Tulus juga mengajarkan kamu untuk nggak lagi berharap sesuatuyang nggak bisa memberi kamu sebuah kepastiansewindu~ viawww.youtube.comOh~ Tak akan lagi kumenunggumu didepan pintuDan tak ada lagi tutur manis kumerayumuTulus dengan bijaksana menyampaikan pesan dalam lagunya kalau kamu nggak perlu berharap banyak pada sesuatu hal yang memang nggak bisa memberikamu kepastian dan kebahagiaan. Jadi, daripada terus makan hati, mending nyanyi dan pahami betul lagu ini, supaya kamu nggak lagi salah menggantungkan harapan.12. Kalau kamu tengah berusaha keras untuk ber-Lapang Dadacoba deh untuk sambil nikmatin lagunya Sheila on 7lapang dada ya… viasugarmolly21.blogspot.comKau harus bisa, bisa berlapang dadaKau harus bisa, bisa ambil hikmahnyaKarena semua, semua tak lagi samaWalau kau tahu dia pun merasakannyaDengan laguLapang Dadadari Sheila on 7 ini kamu pasti akan tambah semangat dan yakin untuk segera melapangkan perasaanmu yang tengah gundah. Selain itu jugakamu juga akan memahami kalau perpisahan yang kamu alami akan memberikan sebuah hikmah lain yang lebih baik untuk hidupmu.Semoga lagu-lagu di atas bisa membantu kamu untuk segera menenangkan perasaan sakit yang tengah kamu rasa, dan kamu pun bisa kembali ceria jalani hari-harimu yang masih begitu panjang menanti. Semangat ya! Jangan larut dan jangan lupa bahagia.#lagu #lagu cinta #lagu mantan #move on#semangat move on

Cape ah, lamun kitu lamun kieu, tingali we kanyataanna kmh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar