Kamis, 12 Mei 2016

Heal.

Love is dangerous, not a second time.

Luka batin menyebabkan kesedihan dan penyesalan atas hal yang terjadi dimasa lalu. Ada keinginan untuk mengulang masa lalu dan berharap tidak mengulang kesalahan yang sama. Memori masa lalu secara otomatis selalu terputar ulang dibarengi dengan perasaan penyesalan, kesedihan, kemarahan, kebencian, dan ketakutan. Kadang ingatan yang muncul tidak relevan dengan masa lalu, memori kesedihan, perasaan mengasihani diri sendiri, meratapi nasib, kemarahan, kebencian diri.Masa lalu tidak bisa diulangi lagi. Perasaan batin yang terluka tidak bisa menerima keadaan saat ini, selalu menolak keadaan sekarang.  Selalu berandai andai dalam penyesalan, kesedihan dan air mata.Langkah penyembuhan luka batin yang pertama kali harus dilakukan adalah harus menerima keadaan saat ini terlebih dahulu, menolak keadaan justru akan membuat keadaan semakin parah. Dukungan keluarga sangat diperlukan dalam proses penyembuhan.  Menerima keadaan dengan ikhlas atas apa yang telah terjadi, akan menghilangkan rasa penyesalan. Menyesal atas kejadian lampau adalah hal yang tidak ada gunanya. Waktu tidak bisa diputar kembali, penyesalan hanyalah keinginan untuk mengulangi kembali kejadian dan berharap bisa memperbaiki keadaan.Kehidupan bukanlah pelajaran disekolah yang bisa diulangi kalau tidak lulus ujian. Kehidupan adalah pelajaran jiwa yang bersifat sekali jalan, tidak ada nilai kelulusan, yang ada adalah bertambahnya kebijaksanaan seorang manusia.Menerima secara ikhlas atas apapun kondisi saat ini, ikhlas adalah memaafkan masa lampau dan diri sendiri. Memaafkan adalah kunci penyembuhan luka batin. Memaafkan secara ikhlas dan tulus atas apapun yang terjadi dimasa lalu dan yang terpenting adalah memaafkan diri sendiri.

Cara Menyembuhkan Trauma CintaTrauma. Siapapun pasti pernah mengalaminya. Ada yang ringan, ada yang sedang, ada yang berat sekali. Ada juga yang mengira sedang trauma, padahal sedang lebay saja. Kira-kira, kamu yang mana?Arti dari kata trauma sebenarnya tidak lebih dari sekedar “luka”. Diadaptasi daridefinisi trauma oleh American Psycological Association, trauma adalahrespon emosional akibat kejadian yang sangat parah dalam hidup yang dapat menimbulkan dampak jangka panjang secara fisik maupun mental. Trauma bisa menjadi luka batin yang terus membayangi hidup.Ya sah-sah saja sih bila kamu menganggap diselingkuhi mantan termasuk trauma. Tapi, yuk kita sebentarzoom outdalam memandang persoalan romansa. Faktanya, ada banyak banget jenis trauma psikologis yang menyebabkan seseorang jadi enggak sehat kehidupan cintanya jika trauma tersebut tidak disembuhkan.Akibat dari trauma psikologis itu banyak, merugikan orang lain dan juga diri sendiri, bahkan sampai bertahun-tahun sesudah peristiwa trauma itu terjadi. Dalam hal romansa, trauma bisamenyebabkan ketidakmampuan untuk percaya kepada diri sendiri maupun orang lain, atau bahkan melakukan hal-halabusiveseperti meneror dan menyakiti pasangannya sebagai balas dendam.Terapi untuk trauma sebaiknya dilakukan sambil didampingi pihak profesional (konselor, mentor, atau coach). Seandainya Anda pernah mengalami trauma tetapi belum merasamantap untuk meminta bantuan, coba pertolongan pertama berikut ini:1. Kenali, akui, dan rasakan perasaan tersebutMungkin selama ini Anda memendam rasa tersebut dari masa lalu. Di hadapan orang lain, Anda berusaha tampil baik-baik saja. Tapi, ketika Anda sudah memiliki gejala seperti susah tidur, gangguan makan, kecanduan, dll, inilah saatnya Anda benar-benar mendengarkan suara batin Anda yang berteriak memohon minta tolong.Mungkin di dalam hati Anda merasa marah, menyesal, dan sedih karena masa lalu atau karena orang yang pernah menyakiti Anda. Jangan ingkari perasaan itu.Dapat memiliki perasaan, apapun itu, adalah berkat yang sangat berharga untuk seorang manusia. Jangan buang berkat itu. Bila Anda marah, akuilah kepada diri sendiri bahwa Anda sedang marah. Kesadaranakan apa yang sebenarnya Anda rasakan ini adalah langkah pertama untuk menyembuhkan diri. Dokter tidak bisa menyembuhkan penyakit yang dia tidak ketahui.2. Lakukan sesuatu mengenai perasaan tersebut“Oke, gue marah. Trus respon gue mau ngapain nih?” Silahkan lakukan hal-hal yang dapat mengeluarkan amarah Anda. Berteriak di tanah lapang, berlari beberapa blok, atau memutar musik keras-keras, silahkan lakukan apa sajaasalkan tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Lakukan sampai perasaan Anda lebih tenang.Content continue below...[Gambar]Rasa marah, menyesal, atau sedih tidakharus hilang sepenuhnya karena masih ada yang perlu Anda lakukan. Deskripsikan mengapa Anda merasakan perasaan tersebut pada sehelai kertas atau ketik di komputer. Baca dengan suara keras, lalu berikan solusi seakan-akan orang lain sedang curhat pada Anda.Kita begitu pintar memberi solusi pada orang lain, tapi seringkali bersikap bodoh saat memberi solusi pada diri sendiri.3. Terima sebagai pelajaran dantutup bukuUntuk beberapa kasus trauma yang berat, Anda perlu sadar bahwa bayangan akan trauma tersebut masih akan mendatangi beberapa kali di masayang akan datang.Tapi jika Anda sudahmenerima dan menganggapnya sebagai pelajaran, maka Anda akan akan teringat pada sebuah pelajaran, bukan pada sebuah trauma.Bagaimanapun, keyakinan bahwa Anda bisa sembuh adalah kunci dari proses ini. Butuh keberanian besar untuk kembali melangkah setelah terjatuh. Tapi kita sudah melewati hal yang samasaat bayi, kita jatuh tapi tetap bangun dan melangkah. Yakinlah juga bahwa betapapun Anda pernah disakiti, Anda tetap berhak mencintai dan dicintai orang yang terbaik untuk Anda.Selain itu, terlibat dalam kegiatan positifuntuk membantu orang yang memiliki trauma serupa juga akan sangat membantu menyembuhkan trauma diri Anda sendiri. Dekatkan diri pada lingkungan yang supportif.Bila Anda memutuskan untuk menemuikonselor ataupun coach yang berpengalaman mendengarkan semua jenis permasalahan cinta, kamu bisa ikut program konseling konsultasi bersama coach Hitman System. Kamu bisa mendapatkan infonya di halaman konsultasi cinta ini.“Iya, dulu gue emang dilecehin habis-habisan. Tapi sampai sekarang gue masih punya diri gue yang utuh. Di sekitar gue juga banyak orang yang sayang gue dan selalu siap ada buat gue. Gue juga punya orang-orang yang bisa gue bantu dan hargai gue. Hidup gue sekarang bahagia banget.” Katakanitu pada diri Anda sendiri.Ingatlah,Anda selalu berhak untuk berlari menyambut kebahagiaan bersama cinta, tidak perduli berapa kali Anda terjatuh saat mencobanya dahulu.Bangkit. Berlarilah. Kebahagiaan menunggumu.

Dulu aku tak pernah bosan memberimu kesempatan. Tak ingatkah kamu? Kesempatan kesatu, kedua, ketiga... Berharap kamu bisa menjadi lebih baik. Ya, bodoh sekali aku. Mempercayai seseorang bisa berubah hanya dengan bermodalkan cinta. Ups, mungkin lebih tepatnya: kata-kata cinta.Setelah semua kesempatan yang kamu sia-siakan, masih tegakah kamu merayuku setelah melihat luka hati ini menganga lebar?1. Bukan salahmu aku terluka. Ini semua karena salahku terlalu bodoh mempercayaimu.aku layak terluka karena kebodohanku viahttp://google.comAku tak ingin menudingmu. Ini bukan salahmu. Bukan. Aku yang terlalu bodoh.Aku pernah mendengar pepatah ini: "anjing takkan bisa masuk, jika tuan rumah tak ada yang membukakan pintu".Aku cukup percaya dengan pepatah itu. Kamu bisa melukai hatiku dengan seenaknya karena aku mengijinkanmu untuk hadir disana. Ya, hadir mengisi hatiku. Aku yang mengijinkannya hingga akhirnya kamu bisa melukaiku. Itulah kebodohanku, aku menjadi sibuk mengutuki diriku karena kebodohanku sendiri.2. Percaya bahwa kamu adalah pasangan yang mencintaiku adalah kesalahan terbesar yang pernah kubuat.akhirnya mataku sudah terbuka viahttp://google.comAku si bodoh, sempat percaya bahwa kamu adalahpasangan terbaik yang pernah kutemui. Kamu dulu memang pernah melukaiku, dan aku tak pernah lelah memberi kesempatan karena aku yakin kamu bisa berubah dan memperbaiki semuanya.Kita sama-sama punya kekurangan. Itu yang mendasari pikiranku untuk kembali menerimamu.Aku si bodoh, yang membiarkanmu menyakitiku berulangkali. Kuanggap kamu pasangan, tapi dimatamu, aku hanya sebagai boneka lucu yang pantas dipermainkan.3. Aku tak boleh jahat pada diriku. Sengaja membiarkanmu datang untuk melukaiku kesekian kali.kalau kamu tak mampu menyayangi, biarlah aku pergi dan menjaga diriku dari luka viahttp://google.comSudahlah. Hatiku juga perlu dijaga. Sudah terlalu banyak luka disana. Jika kamu memang tak sanggup untuk tulus menyayangiku, biarlah kini aku yang bertanggung jawab menyembuhkan luka ini. Sendiri.Aku jahat jika mempercayaimu lagi. Sedangkan kamu saja sudahtega melukaiku berulangkali.Maaf, hatiku juga butuh untuk dijaga dan disayangi.4. Bohong aku tak terluka saat meninggalkanmu. Tapi kuyakin, waktu akan menolongku untuk menyembuhkannya.luka ini memang dalam, tapi kuyakin waktu akan membuatnya sembuh viahttp://google.comKamu pikir aku tak terluka saat kita berpisah? Tentu saja tak mungkin! Asal kamutahu, aku juga terpuruk.Tapi untuk apa disesali? Lebih baik aku sendirian, dari pada bersama-sama dengan orang yang salah. Biarkan aku sendiri, waktu akan menjadi sahabat terbaik yang sanggup menghapus luka darimu. Ya, luka ini akan kering seiring berjalannya waktu.5. Aku memaafkanmu. Aku juga sudah memaafkan kebodohanku. Kita layak bahagia di jalan kita masing-masing.kita memang tak disuratkan untuk bersama hingga akhir viahttp://google.comAku sudah ikhlas melepasmu. Biarkan aku pergi dan menyembuhkan lukaku sendiri. Ini murni kesalahanku. Jangan datangkembali untuk merayuku. Jangan tanyakan lagi ada atau tidaknya kesempatan lain.Dulu aku memang bodoh. Telingaku terlalu halus mendengar rayuanmu. Tapi percayalah, aku belajar dari kebodohanku. Takkan ada lagi kesalahanku. Aku sudahberjanji pada diriku.Tak ada lagi ruang dihatiku untuk namamu bersemayam. Hatiku sudah lelah menangisimu. Jika kamu tak mau pergi dari hidupku, tak usah cemas. Aku yang akan mengalah untuk meninggalkanmu."Kita layak untuk bahagia. Tapi bukan bahagia bersama di cerita cinta kita. "

Menyembuhkan Luka Hati Tak Selalu MudahHati siapa tak luka ketika dikhianati oleh orang yang dia cinta? Ketika perjuangan yang keras malah berakhir dengan diremehkan? Ketika dihina karena hal yang tak dia punya?Minimal sekali dalam hidupnya, seseorang pasti pernah mengalami luka hati meskipun kadarnya bisa berbeda-beda. Ada yang bisa menerima dan sembuh karena permintaan maaf dari orang yang menyakiti perasaan, tetapi ada juga yang menjalani hidup dengan luka hati yang tak terobati.Hal ini sering terjadi dalam hubungan keluarga, pertemanan, asmara, atau ketika seseorang merasa terhina oleh ucapan dan perbuatan orang lain padanya.Tidak semua orang tahucara menghilangkan rasa sakit hati, terutama ketika terjadi peristiwa yang meninggalkan luka menyayat hati, ada orang yang tak mampu melupakannya bahkan meskipun orang yang bersalah telah meminta maaf padanya, atau bahkan jika orang tersebut mendapatkan balasan setimpal atas perbuatannya.Di satu sisi mungkin pihak yang disakiti merasa dendamnya terbalaskan, tapi apakah benar luka hatinya langsung tersembuhkan?Dalam beberapa kasus ternyata tidaksemudah itu. Ketika peristiwa yang melukai hati tersebut terbayang kembali karena terpicu oleh kejadian yang dia lihat atau dengar, misalnya ketika menonton film yang memutar adegan yang mirip dengan kisahnya dulu, maka pikiran bawah sadarnya pun memanggil kembali ingatan yang masih tersimpan itu, dan ternyata dia masih menyimpan kemarahan.Ya, tidak ada ingatan yang bisa dihapus, bahkan menggunakan metode terapi apapun kita tidak akanpernah bisa melupakan kejadian yang pernah kita alami dalam hidup ini. Meskipun kita merasa sudah lupa, tetapi sebenarnya ingatan-ingatan tersebut tetap tersimpan di bawah sadar kita, dan bisa muncul lagi sewaktu-waktu sebagai respon dari hal yang mengingatkan kita pada kejadian tersebut.Lalu apakah itu berarti luka hati tak bisa disembuhkan?Tentu saja bukan begitu maksudnya,tetapi makna sembuh di sini bukan berarti jadi lupa sama sekali. Lupa akan kejadian yang melukai hati bukanlah indikator bahwa luka hati Anda sudah sembuh. Tetapi ketika Anda bisa memaknai peristiwa itu dari sudut pandang lain yang lebih memberdayakan.Misalnya, jika tidak mengalami peristiwa itu, mungkin Anda tak akan pernah bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.Jika tidak mengalami kejadian itu, mungkin Anda akan dengan mudahnya meremehkan orang yang mengalami kesulitan mengobati lukahati, karena menurut Anda apa sih susahnya melupakan kejadian itu, dan Anda akan mencapnya susahmove on.Atau bahkan jika Anda tidak pernah mendapatkan pengalaman itu, mungkin Anda tidak akan pernah tahu cara menyembuhkan luka hati. Sehingga nantinya jika ada teman atau saudara yang mengalami hal yang sama, Anda bisa bercerita tentang pengalaman Anda dan bagaimana Anda bisa melaluinya.

Anda perlu berpikir jernih untuk melihat situasi ini dari sisi yang berbeda.  Memang menyedihkan dan menimbulkan patah hati, tetapi di sisi lain, mungkin ini malah baik bagi Anda. Mungkin ini berarti Andatelah diselamatkan dari pasangan yang tidak tepat bagi Anda. Jika Anda sudah bisa melihat sisi positifdari kejadian ini, berarti Anda sudahsiap untuk membuka lembaran baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar