Jumat, 11 Desember 2015

Cowok sensitif.

Thursday, 4 June 2015

Mengurangi Dan Mengelola Sifat Sensitif

PortalRenungan.

Melanjutkan dari tulisan sebelumnya, coba kita perhatikan, siapa saja yang sangat sensitif di lingkungan kerja kita. Atau jangan-jangan mungkin kita sendiri. Nah kalau kadar sensitif kita sudah kelewatan, agaknya kita memerlukan terapi. Terapi sederhana ini mungkin akan mengurangi sekaligus mengelola sifat sensitif kita.


Nikmati hidup dengan senang.

Cobalah untuk bersikap lebih rileks dimanapun kita berada. Jangan berprasangka buruk terhadap lingkungan. Jangan bebani pikiran kita dengan kemungkinan-kemungkinan yang menyakitkan kita. Hidup ini indah, maka nikmatilah. Pikiran positif ini akan membantu mengurangi sifat sensitif kita. Energi negatif ini hanya akan membuat kita pusing dan bikin kurus badan kita sendiri, lebih parah lagi membuat kita tidak nafsu makan.


Terima kekurangan kita dan pede.

Biasanya orang yang sensitif adalah orang-orang yang merasa punya kekurangan. Karena kekurangannya, mereka cenderung minder dan menarik diri dari pergaulan.


Berbesar hati dengan menerima kekurangan diri.

Sebaliknya cobalah kita gali kemampuan dan kelebihan diri kita. Kemudian tingkatkan rasa percaya diri kita. Percaya deh orang yang pede jauh terlihat lebih menarik daripada orang-orang yang minder dan sensitif.


Selalu berpikiran positif.

Jangan menumbuhkan prasangka buruk terhadap orang lain. Tanamkan pikiran positif dalam diri kita bahwa orang-orang di lingkungan Kita adalah orang-orang yang baik. Jika ada ucapan atau sesuatu yang menyinggung, jangan masukkan sampai ke dasar hati. Cobalah untuk lebih bijak menyikapinya. Mungkin saja orang yang menyinggung itu tidak sengaja. Belum tentu yang kita pikirkan benar adanya, dan bisa jadi orang yang kita prasangkai jelek belum tentu lebih jelek daripada kita.


Kembangkan sosialisasi.

Buka pintu hati untuk pertemanan dan persahabatan. Berikan perhatian pada orang-orang di lingkungan kita. Jika kita melakukannya, kita akan merasakan indahnya kebersamaan, beserta intrik-intrik yang terjadi di dalamnya. Sedih, marah, terharu, bahagia adalah bagian dari interaksi yang dilakukan.


Sosialisasi bukan terbatas pada golongan dan jabatan yang setara, tapi kita akan menjadi pribadi yang disukai lingkungan jika bisa memberikan perhatian kepada semua orang di sekeliling tanpa mengenal batasan pangkat, jabatan, golongan, ekonomi dan strata sosial. Seorang Direktur/Manager tidak akan turun harga dirinya dengan hanya menyapa dan menegur seorang cleaning service. Apalagi mau/peduli menanyakan kabar keluarganya pasti akan berkesan bagi si cleaning service tadi.


Jangan kuras energi dan pikiran hanya untuk hal-hal sepele yang menyinggung, mengurusi orang lain dan mau tahu urusan orang lain. Sadarilah bahwa hidup ini memang selalu diwarnai oleh berbagai suasana. Kesenangan, kebahagiaan, keharuan, dan kesedihan adalah bagian dari hidup ini. Kalau hari ini kita tersinggung, siapa tau besok kita tertawa senang. Maka nikmatilah hidup ini.


Namun begitu, seyogyanyalah kita tetap harus menjaga perasaan dan perkataan untuk si sensitif ini. Jangan justru memancing sehingga dia harus marah. Menjaga pergaulan demi kekompakan team adalah hal yang baik dalam memelihara keharmonisan dalam lingkungan pekerjaan. Perkataan yang tidak perlu dan terlalu banyak bicara dan komentar hanya akan membuat bawahan atau teman sekerja kita merasa jenuh dan tak nyaman di sisi kita, apalagi sering membuat ulah, menghakimi bawahan atau teman sejawat yang hanya akan menimbulkan suasana tak nyaman.


Saatnya kita kelola perkataan dan perbuatan yang sia-sia. Yakin, jika kita bisa mengelola rasa sensitif dengan baik, hal ini akan mempengaruhi kelancaran pergaulan, menjadi pribadi yang mengensankan, disukai teman bawahan/atasan, teman sejawat baik di lingkungan pekerjaan atau di masyarakat luar bahkan bisa menjadi kesuksesan karir kita.


Kamu yang Sensitif, Melankolis dan Gampang Nangis Punya 8 Kelebihan Ini. Sering Nggak Sadar Aja~

30 Agustus 2016

 Pradnya Wardhani

26,323  31


Sensitif via http://thoughtcatalog.com

Yang kamu pikirkan ketika bertemu dengan orang yang super sensitive:

Gampang nangis? Yap.

Gampang nangis tanpa alasan yang jelas? Yap.

Mudah sakit hati? Yap.

Nggak bisa dibentak? Yap.

Sering tersinggung? Yap.

Gampang panic dan stress? Yap.

Karena kebiasaannya yang mudah menangis orang selalu mi orang sensitive sebagai sosok yang lemah. Sedikit-sedikit baper, dan mudah terbawa suasana seringkali dianggap sebagai tanda overakting. Menjadi orang sensitif memang sedikit merepotkan, karena apa-apa dibawa perasaan. Namun beberapa hal ini membuktikan bahwa orang sensitif nggak selemah orang orang pikirkan.


1. Meski gampang terharu dan sering menangis tanpa sebab, itu justru tanda bahwa kamu mudah mencintai




Advertisement

Karena luka di hati selalu bergantung dari bagaimana kamu menghadapi suatu peristiwa, dia yang sensitif mungkin 100 kali lebih sering sakit hati daripada kamu yang kurang sensitif. Terlebih dalam hubungan asmara. Sedikit kejanggalan pada pasangan bisa menjadi beban pikiran sampai berbulan-bulan. Akan tetapi, meskipun hatinya yang rapuh mudah terluka dan sakit hati, orang yang sensitif tidak akan menutup hatinya dan membangun tembok tinggi agar tidak terluka lagi. Dia selalu optimis untuk membuka hatinya dan menemukan cinta yang lebih baik. Dia memang sering menangis tanpa alasan yang jelas, tapi justru itu bukti bahwa dia mudah mencintai. Itu juga berarti, dia sudah tahu pasti, bahwa setiap mencintai, selalu ada risiko untuk mengalami sakit hati.


2. Kamu bisa menangis sedih lalu tertawa bahagia satu jam setelahnya. Kamu mudah terluka, sekaligus mudah bahagia karena hal sederhana



Gampang nangis, gampamg senang via rebloggy.com

Ada masalah, nangis. Melihat pengemis tua di jalan, nangis. Melihat anak kucing kehujanan, nangis. Kangen keluarga, nangis. Nonton film korea, nangis. Banyak hal-hal sepele yang membuat dia yang sensitif menangis dan sakit hati. Namun di balik sikap mudah sedihnya, dia juga orang yang selalu melihat sisi positif dari kehidupan. Hatinya yang lembut mudah bersyukur dan tersentuh atas apa yang terjadi di dunia. Karenanya, selain mudah sedih, dia juga mudah bahagia dengan hal-hal sederhana. Melihat embun di pagi hari, dan bunga-bunga yang mekar saja sudah cukup membuatnya damai dan semangat lagi. Nggak heran deh kalau kamu sering bingung dengan perubahan mood-nya yang cepat dan kontras sekali.


3. Kamu punya intuisi dan daya kreasi yang luar biasa. Adaaa aja idenya



Kreatif via www.entrepreneur.com

Sensitivitas hatinya bukan hanya membawa efek gampang tersinggung dan terluka saja, melainkan juga kemampuan untuk menangkap inspirasi dari segala peristiwa sehari-hari. Daya kreasinya yang tinggi, membuatnya mampu mempersepsi berbagai tanda dan petanda secara tak biasa. Kreatifitasnya yang oke punya ini kadang membuat orang bingung bagaimana ide-ide mencengangkan dan nggak terduga bisa sampai dia pikirkan. Meskipun seringnya dia yang sensitif, butuh waktu lebih lama untuk mengambil keputusan, bukan berarti dia nggak akan menghasilkan sesuatu. Lamanya pengambil putusan justru tanda bahwa dia selalu mempertimbangkan segala hal dan anti bertindak gegabah tanpa perhitungan.


4. Kamu selalu bisa jatuh cinta begitu dalam. Semua akan dilakukan untuk orang tersayang



Menyayangi sedalam-dalamnya via www.confusedsandals.com

Advertisement


Seseorang yang memiliki hati super sensitif, tidak pernah melakukan sesuatu secara setengah-setengah. Baginya, keluarga adalah segalanya. Dia adalah orang yang siap pasang badan ketika ada yang mengancam keluarga. Sama seperti sebuah hubungan. Bila dia sudah menemukan sosok yang tepat, dia tidak akan tanggung-tanggung dalam mencintai dan menyayangi. Orang-orang melihatnya sebagai sosok yang lemah, padahal bila sudah soal orang yang disayangi, si orang sensitif akan melakukan apa saja untuk melindunginya. Dia bisa mendukungmu sepenuh hati, dan menjadi tempatmu berlari ketika kamu bingung mau lari ke mana lagi.


5. Dalam hati rasanya sudah berdarah-darah lukanya. Kamu selalu bisa terlihat baik-baik saja



Jago pura-pura baik saja via constable-frozen.tumblr.com

Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk mempersepsi sesuatu. Itulah yang menyebabkan adanya kesalahpahaman. Terkadang apa yang kamu anggap lucu, bagi orang lain itu seperti sembilu. Tanpa kamu sadari, mungkin banyak dari kata-katamu yang menyakiti dia yang sensitif. Kamu memang tidak punya niat menyakiti, namun kamu tentu nggak bisa mengontrol bagaimana seseorang menerima apa yang kamu sampaikan. Meskipun dia terluka dan hatinya berdarah-darah, dia yang sensitif tetap bisa memasang wajah cerah, tersenyum dan tertawa, menyembunyikan luka di dalam hatinya. Berharap suatu saat kamu akan menyadarinya. Kurang kuat apa coba?


6. Walau sedang sedih kamu tetap bisa menguatkan orang lain. Hatimu memang peka untuk mendukung sesama manusia



Dia tahu kapan harus kuat via cuddlygaycarmilla.tumblr.com

Dia yang sensitif memiliki dua kelebihan yang tidak kamu punya. Pertama, dia mengetahui dan mengenali dirinya sendiri. Dia tahu kapan dia merasa stress dan apa yang seharusnya dia lakukan untuk mengatasinya. Kedua, bukan hanya pada emosinya sendiri, dia juga jago membaca situasi serta emosi orang lain. Dia mudah menebak apakah suasana hatimu sedang senang ataukah sedih. Karena kemampuannya ini, dia juga bisa memperhitungkan kapan dia menyerah pada emosinya yang lembut seperti bayi, dan kapan dia harus menahan diri agar bisa meenghiburmu yang sedang sakit hati.


7. Selalu ada ruang untuk mendengarkan orang lain. Kamu sadar kalau kamu bukan orang paling menderita sedunia



Selalu emmbantu, meski punya masalah sendiri via amaathyst.tumblr.com

Dia yang sensitif nggak akan ragu-ragu membantumu saat kamu datang padanya dengan setumpuk curhatan dan masalah yang harus diselesaikan. Dia akan memasang senyum dan tampang ‘welcome’, sehingga kamu merasa nyaman untuk bercerita ataupun minta pertolongan. Padahal bisa saja, tanpa kamu ketahui, dia juga sedang punya masalahnya sendiri. Menolak membantumu dengan alasan karena dia harus mengurusi masalahnya sendiri mustahil dia lakukan. Selain dia memang orangnya nggak tegaan, orang yang sensitif juga selalu merasa bahwa dia bertugas menyelamatkan dunia. Masalahmu adalah tanggung jawabnya juga.


8. Kamu menghadapi masalah jauh lebih banyak daripada sebagian besar orang. Tapi toh, kamu masih tetap bertahan sampai sekarang



Dia tetap bertahan hidup via blog.urbanoutfitters.com

Saat sakit hati, orang sensitif mengalami pedih yang lebih-lebih daripada yang kamu rasakan. Saat terpuruk, dia juga jatuh sejatuh-jatuhnya. Hal-hal yang tidak kamu sadari bisa membuatnya terluka, dan lebih sedihnya, orang-orang juga tidak sadar kalau dia terluka. Masalah yang dihadapi oleh orang sensitif bisa berlipat-lipat pusingnya. Bukan hanya karena dia kreatif menciptakan masalah, tapi juga dia selalu berusaha mencari solusi yang menguntungkan semua sisi. Butuh kekuatan ekstra untuk menjadi orang yang perasa. Karena apa yang biasa saja bagi orang lain, bisa saja neraka baginya. Kamu belum tentu kuat menjadi dia.


Meskipun gampang sakit hati dan hobi menangis karena berbagai sebab, orang sensitif punya cara sendiri untuk mengatasi masalahnya. Reaksinya yang terkadang berlebihan bukan berarti dia sedang mencari-cari perhatian ataupun membesar-besarkan suatu persoalan. Tapi memang hatinya yang lembut dan jeli, bisa menangkap detil yang mungkin kamu lewatkan. Orang sensitif seringnya, tahu lebih banyak daripada sebagian besar orang. Di balik kelemahan hatinya, dia bisa menjadi kuat dengan caranya sendiri.

Tips Mengatasi Perasaan Sensitif

18 Juni 2016 02:33 WIB


ILUSTRASI. FOTO: Fox News

Setiap orang memiliki karakter dan sifat masing-masing. Ini adalah salah satu hal yang membuat hidup kita menjadi begitu berwarna, manis, asam dan asin.


Kadang juga terasa pahit karena hal-hal yang tidak kita inginkan/harapkan. Salah satu karakter orang yang sulit dihadapi dan terkadang membuat kita serba salah adalah orang yang memiliki sifat sensitif.


Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sifat sensitif yang mungkin Anda miliki, seperti dilansir laman India Times, Kamis (16/6).


1. Menjauh


Saat Anda merasa stres secara emosional, hal terbaik untuk dilakukan adalah menjauhkan diri dari situasi atau orang yang menyebabkan Anda merasa sensitif. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menenangkan diri, cari tempat sepi, ambil napas dalam-dalam dan minum air.


Air memiliki efek menenangkan langsung pada tubuh dan setiap kali Anda berada dalam situasi stres, minum air yang banyak.


2. Cobalah untuk fokus pada sesuatu yang bahagia dan positif


Berfokus pada sesuatu yang positif membantu memecah rantai pikiran negatif. Hanya mendorong pikiran Anda untuk berpikir tentang sesuatu yang bahagia dan ceria.

Jika mungkin mulai menghitung hal-hal positif tentang situasi atau orang yang Anda kenal. Adalah baik untuk mengingatkan diri Anda bahwa setiap orang memiliki hari buruk sesekali dan memaafkan dan melupakan bisa membantu Anda menenangkan diri.


3. Musik adalah terapi yang baik


Mencoba dan mengalihkan perhatian Anda dan mendengarkan musik bahagia adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan bola salju emosional. Musik bisa membantu Anda memutuskan lingkaran pikiran negatif dan memikirkan pikiran-pikiran yang konstruktif.


4. Tidak ada yang berlangsung selamanya


Selalu ingat satu hal bahwa tidak ada yang permanen. Hidup adalah perjuangan terus-menerus dengan fase baik dan buruk dan Anda harus selalu mengingatkan diri sendiri. Bayangkan jika semuanya sempurna dalam hidup kita tentu juga akan membosankan.


5. Berjalan-jalan


Orang yang sangat sensitif perlu berjalan-jalan di alam dan rasakan itu dengan mata tertutup. Berjalan-jalan santai di luar dan menghirup udara segar yang baik untuk kesehatan emosional.


Hal ini telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan dimana suara air membantu untuk membersihkan negatif dari pikiran.

6. Dapatkan lebih banyak tidur


Kurang tidur membuat Anda rentan terhadap perubahan suasana hati dan depresi.


MENGHILANGKAN PERASAAN SENSITIF

Apa kalian tahu cara menghilangkan sifat sensitif? karena . hal itu yang sering sekali aku alami, sering kali perkataan temanku aku anggap menyaktitiQ, aku berpikiran negatif bahwa temanku marah sama aku. Aku mulai berfikir ada apa dengan perasaanQ, aku pengen tahu cara menghilangkan sifat sensitif itu, agar semua yang dikatakan teman2Q tidak aq anggap salah.

1. Merubah cara pandang kita terhadap sesuatu dan mencoba menghargai bahwa segala sesuatu itu dinilai bukan berdasarkan ego kita

2. Mau berfikir dewasa, bergaullah dengan dunia luas, buka mata dengan ,lebar bahwa kerhidupan terus berjalan

3. Berpikir positif pada orang lain,sering olah raga

4. Banyak2lah berteman dgn macam2 orang. dari situ kamu terbiasa beradaptasi dlm lingkungan dan tipe orang yg berbeda2. harapannya se kamu jadi bisa memilah2 perasaanmu, mana yg perlu ditanggapi dgn emosional, mana yg cukup dianggap sebagai guyonan, mana yg cukup dianggap angin lewat aja

5. Kamu harus byk membaca, bergaul, mencoba untuk mmbuka diri, mau menerima pendapat orang lain, bisa menerima keadaan kamu bagaimanapun juga (apa adanya, tidak mengeluh kepada YME, apabila ditimpa musibah)

6. Tuangkan segala bentuk keluhan,cobaan dan apa aja yg rasa kamu tidak enak dlm menghadapi kehidupan ini

7. Rileks aja,nggak usah berpikir macam-macam

Berikut ini adalah ciri - ciri pria sensitif:

0. Untuk urusan sex, pria sensitif cenderung lebih cepat mencapai klimaks.
1. Memilih untuk menghindari tontonan - tontonan yang berisi adegan kekerasan
2. Hadir dan berada di tempat yang ramai bisa membuat pria jenis ini menjadi merasa tidak nyaman
3. Memiliki apresiasi yang tinggi terhadap alam, musik, serta aneka jenis seni dan budaya
4. Lebih peka terhadap kejujuran lawan bicaranya. Pria sensitif biasanya memiliki intuisi yang bagus  dalam menilai seseorang sedang berkata jujur atau bohong
5. Bisa lebih cepat menilai sesuatu yang benar atau salah
6. Bisa dengan cepat terkuras emosinya saat melihat kekacauan ataupun saat sedang menghadapi masalah
7. Sebuah hal yang sangat sederhana bisa memancing apresiasi yang luar biasa bagi pria sensitif
8. Pria sensitif adalah seorang pendengar yang baik. Dia akan rela meluangkan waktunya untuk mendengarkan keluh kesah lawan bicaranya
9. Pria sensitif memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap lingkungannya.
10. Sangat teliti. Bahkan karena sangat teliti membuat pria sensitif menjadi sosok orang yang perfeksionis
11. Kenyamanan, ketenangan, dan menyendiri adalah 3 hal yang dicari saat pria sensitif sedang menghadapi masalah
12. Selalu emmbutuhkan waktu untuk sendiri. Jadi jangan berharap seorang pria sensitif bisa mendampingi pasangannya setiap saat hanya untuk sekedar ngopi di cafe.
13. Memiliki tingkat rasa khawatir yang tinggi karena  rasa takut akan kehilangan seseorang
14. Pria sensitif memiliki kehidupan spiritual yang bagus karena mereka memandang sebuah kehidupan sebagai sebuah anugerah.

Cara Orang Sensitif Atasi Perasaannya yang Peka
Oleh Melly Febrida pada 29 Mar 2014, 09:00 WIB

Liputan6.com, New York Orang yang sensitif cenderung mudah terluka perasaannya. Orang ini juga takut kegagalan membuatnya takut mengambil risiko serta emosi yang tinggi bisa menyebabkan masalah dalam hubungan.

Apabila Anda termasuk orang yang sangat sensitif, ada beberapa langkah untuk mengatasi kepekaan emosional Anda seperti yang disampaikan Psikoterapis Amy Morindilansir dan dikutip dari LifeHack, Sabtu (29/3/2014):

1. Apa yang saya rasakan?

Identifikasi perasaan Anda sesungguhnya merupakan langkah pertama yang penting untuk mengatasi kepekaan emosional. Tentukan apakah Anda merasa kecewa, sedih, marah, atau yang lainnya. Setelah Anda dengan jelas mengetahui emosi Anda, Anda bisa memulai mengungkap alasan Anda merasa seperti ini dan apa yang bisa Anda lakukan untuknya.

2. Mengapa saya merasakannya?

Tanyakan ke diri Anda mengapa Anda merasa seperti ini. Sebagai contoh, apakah Anda memiliki harapan yang tinggi agar sesuatu berubah dan kemudian itu akan membuat Anda marah ketika tak berubah sesuai keinginan?

Identifikasi apa yang menyebabkan Anda merasa sensitif dan mengapa Anda merasakannya. Seringkali, kebutuhan yang tak terpenuhi dan harapan yang tak terpenuhi menyakiti perasaan.

3. Apa yang akan saya katakan ke teman yang juga mengalaminya?

Kebanyakan orang lebih ramah kepada orang lain ketimbang dirinya sendiri. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang akan Anda katakan jika teman terbaik Anda memiliki masalah serupa.

Apabila Anda menyalahkan diri sendiri atau melebih-lebihkan seberapa buruk situasi ini, maka dengan mendengarkan nasihat yang akan Anda tawarkan ke teman Anda bisa lebih membantu.

Contohnya apabila Anda menemukan diri sendiri berpikir, `Tak seorang pun menyukai saya di tempat kerja`, tanyakan apa yang akan Anda katakan ke teman yang memiliki masalah sama dengan Anda.

Anda kemungkinan akan mengatakan sesuatu seperti, `Saya yakin beberapa orang di kantor Anda menyukaimu. Hanya karena kamu tak mendapat persetujuan dalam proyek itu bukan berarti semua orang di kantor tidak suka`. Kemudian gunakan kata-kata baik itu untuk diri sendiri.

4. Haruskan saya membicarakannya atau melepaskannya?

Tentukan apakah situasi ini perlu ditangani atau Anda lebih baik jika melepaskannya. Apabila perasaan Anda terluka parah oleh teman baik atau anggota keluarga, tak menanganinya bisa menyebabkan kemarahan dan kebencian. Dalam kasus tersebut, Anda mungkin perlu berbicara dengan orang itu dalam kondisi tenang.

Mungkin suatu saat Anda menemukan situasi jika Anda lebih baik membiarkannya. Apabila Anda merasa diremehkan teman kerja atau kesal karena teman tak menelepon Anda, Anda mungkin mengakui memperpanjang masalah ini bisa memperburuk keadaan. Sebaliknya, Anda bisa memutuskan perasaan sakit hati Anda.

5. Apa yang bisa katakan ke diri sendiri agar merasa lebih baik?

Orang yang sensitif cenderung keras pada diri sendiri dan orang lain. Mengubah cara pikir Anda tentang situasi tersebut bisa mengubah perasaan Anda. Contohnya saja jika pikiran Anda terfokus pada bagaiaman tidak adilnya atasan Anda atau bagaimana bergitu berartinya adik Anda, Anda mungkin akan terus merasa buruk.

Namun dengan mengganti pikiran-pikiran yang sehat, maka pikiran Anda menjadi lebih seimbang sehingga bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Cobalah mengingatkan diri sendiri bahwa setiap orang membuat kesalahan dan menerima kenyataan bahwa orang lain mungkin akan menyakiti perasaanmu di saat itu.

6. Apa yang bisa saya lakukan agar merasa lebih baik?

Mengubah perilaku Anda juga bisa mengubah perasaan Anda. Cobalah melakukan sesuatu yang positif yang bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Cobalah praktikkan keterampilan mengatasi perasaan Anda seperti pergi jalan-jalan, menelepon teman, atau melakukan hobi. Lakukan sesuatu yang menyenangkan bisa membuat Anda memikirkan hal lain.

Setelah Anda merasa lebih baik, mungkin menjadi lebih mudah melihat situasi dengan cara lain. Ketika Anda tenang, Anda bisa melihat bahwa ibumu tak berniat menyakiti perasaanmu dan Anda tak bersalah dengan masalah di tempat kerja.

Beistirahat dari masalah bisa memberikan perspektif yang sangat dibutuhkan.

Orang yang mentalnya kuat memiliki kebiasaan yang sehat. Mereka pintar mengelola emosi, pikiran, dan perilaku seperti cara mereka mengatur agar sukses di dalam hidupnya.

9 Penyebab Kepribadian Sensitif dan Dampaknya Bagi Diri Sendiri

Sensitif merupakan keadaan dimana seseorang hanya menggunakan perasaannya dalam berfikir, kepribadian ini sendiri menurut saya terdapat hampir pada semua orang hanya tingkatannya saja yang berbeda-beda, sifat ini bisa dikarenakan latar belakang si sensitif seperti keadaan lingkungan, keluarga, pertemanan, pola pikir, pendidikan dan mungkin faktor genetik juga akan berpengaruh pada sifat sensitif ini. Sebenarnya sifat ini apabila berada pada ukuran normal akan bermanfaat pada si pemilik karena dalam besosial sendiri sifat ini nantinya akan dibutuhkan. Tapi entah kenapa menurut saya pribadi kepribadian sensitif ini sangat merugikan bahkan dalam beberapa website dan blog yang saya baca sifat ini dikatakan juga tidak berprinsip. Saya mengatakan sifat ini merugikan bukan tanpa alasan, tapi ada beberapa alasan yang saya sudah alami sendiri sehingga saya juga sedang berusaha untuk menghilangkan sifat ini secara bertahap. Oke kita ambil contoh negatifnya, orang-orang dengan kepribadian sensitif biasanya sering merasa ngga enakan, mereka yang memiliki sifat ini juga akan lebih cepat merasakan stress dan depresi karena semuanya hanya berdasarkan perasaan tanpa melihat fakta yang ada, mereka si sensitif akan ragu mengambil keputusan karena pikiran mereka sudah takut apabila keputusan yang akan diambil salah, mereka yang sensitif akan menampung semua kritik dari orang lain, okelah kritik itu memang penting untuk kemajuan kita nantinya tapi apakah semua yang orang katakan pada kita harus kita telan mentah-mentah tanpa disaring dulu itulah mengapa orang-orang dengan sifat sensitif akan sulit berkembang karena mereka cenderung akan menghindari kritik orang lain, mereka yang sensitif akan merasa minder apabila melihat kelebihan orang lain karena secara otomatis pikiran mereka akan membandingkan pencapaian diri mereka, apabila dirasa mereka lebih unggul dari orang yang dia bandingkan mungkin si sensitif ini akan terlihat sangat percaya diri tapi apabila sebaliknya maka mereka akan murung bahkan stress karena selalu membanding-bandingkan, mereka yang sensitif cenderung introvert (menutup diri) bagi mereka dengan bekerja sendiri mereka akan aman dengan semua kritik, masukan, pendapat orang lain tentang dirinya, mereka yang sensitif sulit menolak ajakan orang lain karena mereka akan merasa tidak enak jika mengecewakan orang yang mengajaknya dan masih banyak lagi dampak sifat ini yang nantinya akan merugikan diri sendiri. Seperti yang sudah saya katakan diatas sifat ini juga memiliki dampak positif bagi pemiliknya yang tentunya dengan ukuran yang normal contoh kecilnya saja rasa empati yang selalu kita gunakan dalam berinteraksi dengan lingkungan, dan tentunya ada beberapa dampak positif lain yang kita sudah tahu.

Berdasarkan pengalaman dan sumber-sumber yang saya baca, disini saya akan merangkum 9 penyebab kepribadian sensitif ini.
1. Mempunyai sedikit teman, mereka yang jarang bersosialisasi dan memiliki sedikit teman nantinya akan sulit dalam memahami perasaan orang lain karena seperti kita tahu sifat dan karakter orang berbeda-beda. Apabila si sensitif ini berhadapan dengan orang yang tidak sependapat dengan dia maka perasaan si sensitif akan cepat gelisah, tidak nyaman, berfikiran negatif dll Cara mengatasinya yaitu dengan mencari teman dengan kepribadian yang berbeda-beda, tidak harus teman yang banyak sedikit pun jika akrab dan bisa diajak bertukar pikiran sudah cukup.

2. Terlalu banyak mengkhayal, mengkhayal sendiri adalah keadaan dimana kita memposisikan diri dalam suatu situasi imajinasi yang menyenangkan atau tidak menyenangkan. Apabila khayalan yang kita ciptakan tidak sesuai dengan kenyataan maka otomatis akan timbul rasa kecewa yang ini merupakan salah satu penyebab sifat sensitif, apabila kebiasaan ini tidak bisa dihilangkan maka akan sulit juga kepribadian sensitif hilang. Cara mengatasinya dengan menyibukkan diri dengan hobi, berinteraksi dengan orang lain, fokus dengan apa yang terjadi sekarang.

3. Selalu berfikir negatif, manusia tidak akan lepas dari rasa khawatir karena memang kita diprogram untuk itu, tanpa rasa khawatir kehidupan akan sulit untuk naik ketingkat yang lebih tinggi, bayangkan saja jika kita tidak memiliki perasaan khawatir mungkin kita tidak akan mempersiapkan masa depan dari sekarang, maka dari itu khawatir dengan tingkatan yang normal baik untuk manusia itu sendiri. Berfikir negatif adalah dampak dari rasa khawatir ini, mereka yang selalu menggunakan pikiran tanpa pertimbangan fakta yang jelas hanya akan menimbulkan pikiran-pikiran negatif yang nantinya akan merugikan kita sendiri. Cara mengatasinya dengan melihat sesuatu dengan fakta dan jangan menilai sesuatu tanpa adanya pertimbangan yang jelas.

4. Terlalu serius, bayangkan jika lingkungan kita diisi dengan orang-orang yang terlalu serius pasti kita akan selalu ragu dalam melakukan tindakan maupun perkataan karena kita takut jika apa yang kita sampaikan akan menyinggung orang lain. Kita harus bisa memilah mana yang harus dianggap bercanda, mana yang serius, dan mana yang tidak penting (hanya angin lewat saja).

5. Nonton film, kebiasaan menonton film yang tidak bermutu dan ujung-ujungnya akan merusak mental merupakan salah satu penyebab kepribadian sensitif, mereka yang hobi menonton film secara tidak sadar akan meniru setiap kepribadian yang diperankan pemainnya. Cara mengatasinya, pilihlah film yang bisa membuat kita lebih dewasa, bermental kuat, merubah cara pandang kita agar lebih baik dll.

6. Berpura-pura, dosen saya pernah mengatakan "Berpura-pura akan menghancurkanmu", orang yang berpura-pura biasanya over acting dalam menghadapi suatu keadaan mereka ingin agar orang lain tahu keadaan mereka meskipun itu sebenarnya biasa saja. Cara mengatasinya tampilkan ekspresi yang sewajarnya saja jangan terlalu berlebihan.

7. Faktor genetik, Penelitian mengungkap bahwa tingkat sensitif seseorang telah ditentukan sejak dia lahir. Orang yang terlalu sensitif memiliki gen tertentu dalam dirinya yang membuatnya merespon lebih emosional terhadap lingkungannya. Sifat sensitif ternyata dipengaruhi oleh gen, pola kerja otak, dan reaksi psikologis seseorang, seperti dilansir oleh Elite Daily. Orang-orang dengan gen ini akan lebih mudah menangis ketika melihat film sedih atau melihat orang di sekitarnya menangis. Mereka juga lebih mudah merasa kasihan dan empati pada orang lain. Sayangnya, kelemahan orang-orang yang terlalu sensitif adalah mereka seringkali lebih fokus pada hal negatif di lingkungan mereka dibandingkan yang positif. Ini bisa membuat orang sensitif menjadi lebih mudah cemas, terutama di lingkungan baru. Cara mengatasinya mungkin dengan hipnoterapi, karena setahu saya hipnoterapi bisa merubah kebiasaan dan pola pikir seseorang, tapi berhasil atau tidak saya juga kurang tahu karena saya pernah mengikuti hipnoterapi tapi tetap gagal.

8. Jarang di kritik, mereka yang sensitif biasanya jarang mendapatkan kritik dari orang lain, mungkin saja mereka biasa hidup sendiri, atau dalam keluarga selalu dipuji orang tua, hanya melakukan hal-hal yang mudah, introvert dan lain-lain sehingga saat dihadapkan pada keadaan yang tidak sesuai dengan pandangannya maka perasaan mereka akan mudah down. Cara mengatasinya dengan menyadari bahwa kritik itu penting dan yakini tidak ada ciptaan manusia yang sempurna sehingga kita sadar bahwa kita tidak bisa lepas dari kritik.

9. Kebiasaan stress, hidup ini memang dipenuhi dengan tekanan, stress akan diperlukan jika masih dalam keadaan wajar dan tidak mengganggu kehidupan, maka dari itu penting adanya manajemen stress. Seorang yang biasanya kalem bisa saja menjadi orang yang menyeramkan jika sedang banyak masalah dan stres, setiap perkataan orang lain akan ditangkap dengan sangat serius yang pasti ini sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Yang pasti sifat ini akan selalu ada dalam diri manusia, hanya ukurannya saja yang berbeda-beda. Semakin dewasa pasti seseorang akan lebih bijak mengelola perasaan sensitif.

Mempunyai sifat sensitif membuat hidup terasa lebih berat.

I want to stronger as the other, pesimis-rahmat allah .

Is not that hard, like your heart is have their own way working . Past present .

Banyak faktor dan dirawat .

Dengan cukup menyadarinya .

sifat adalah suatu karakter yang dimiliki oleh
seseorang karena ia memperolehnya melalui tahap
atau proses, yakni proses pertumbuhan pada masa
anak-anak sampai dewasa.
nah! sifat egois - sensitif yang anda miliki sekarang
bisa jadi 100% anda dapatkan melalui proses
pertumbuhan jati diri anda yang anda peroleh
kemungkinan dari rumah/lingkungan, dimana anda
mendengar, melihat dan meniru apa yang anda temui
sebagai bahan proses pertumbuhan sifat /karakter
anda.
mungkin anda menerimanya dari orang tua anda atau
orang lain yang mendidik / mengasuh anda.
apa yang anda sekarang lakukan kemungkinan besar
anda tiru dari sifat egois - sensitif orang tua anda.
kini anda menjadi dewasa, memiliki persahabatan dan
teman-teman.
menurut teman-teman anda adalah seseorang yang ''
egois - sensitif ''
situasi ini anda tidak mengetahuinya, anda tidak bisa
merasakannya atau melihatnya sendiri atau menilainya
sendiri, sebab sifat ini melekat pada pribadi anda.
yang bisa menilai, melihat adalah orang lain diluar
anda,
sebab itu tidak heran pacar atau teman anda
mengatakannya demikian.
sekarang anda bertanya '' apakah sifat egois-sensitif
ini bisa dihilangkan ? ''
ada dua kemungkinan ;
> sifat ini dihilangkan tidak semudah apa yang anda
kira, sebab hal ini telah terbentuk sejak anda usia
anak-anak.
yang bisa anda lakukan adalah menekannya dengan
kesadaran tinggi dan kerja keras.
anda harus setiap saat memperhatikan tindakan anda
sendiri, kapan saja.
baik itu terhadap pacar, teman atau orang lain yang
tidak mempunyai kontak dengan anda secara rpribadi.
tanpa usaha dan kemauan keras, maka usaha anda
untuk menekan sifat yang ego ini akan sia-sia.
semuanya harus melalui pengalaman. dengan catatan
sepanjang anda mau berusaha berubah maka terbuka
selalu jalan untuk memperbaiki
> yang kedua adalah '' tidak mungkin dirubah ''.
dalam arti kata setiap orang siapapun dia '' harus
menerima apa adanya diri anda ''.
itulah diri anda, itulah sifat anda, so siapa saja yang
merasa tersinggung atau tidak bisa membentuk satu
team dengan anda oleh karena anda benar-benar super
duper egois -sensitif, harus terima saja apa adanya.
anda tinggal anda.

jangan bawa kehidupan orang lain kedalam pikiranmu.
jangan sampai orang lain mengendalikan emosimu.

tong di anggap, tenang.
gampang menghakimi, tidak berarti apapun.

Apa Kamu Seorang Pria yang Sensitif?Wanita dianggap sebagai makhluk yangsensitif. Sebagian wanita mudah tersinggung karena terlalu peka pada hal-hal yang seharusnya dibawa santai saja. Sehingga candaan yang sebenarnya ingin mengundang tawa, malah berubah mengundang amarah. Selain itu, sebagian wanita juga suka memikirkan hal yang seharusnya nggakperlu dipikirkan terlalu jauh. Mereka senang menganggap serius perkataan negatif dari orang lain sehingga cepat bad mood atau nge-down. Alhasil, mereka sendiri jadi uring-uringan.Tentunya repot jika memiliki pasangan seperti itu ya? Tetapi, bukan nggak mungkin jika pria memiliki sifat yang sama.Ada beberapa pria yang sensitif dan pemikir, membuat semuanya jadi serba serius sehingga suasana berubah kaku dan nggak nyaman.Menjalin hubungan asmara dengan priaini tentunya nggak terasa menyenangkan. Apakah kamu salah satunya?Nggak yakin? Coba cek 3 tanda di bawah ini. Jika kamu memiliki sebagianatau semuanya, tandanya kamu memiliki sifat sensitif dan pemikir.Kamu Butuh Menyendiri SetelahBertengkarSetelah bertengkar, ada orang-orang yang bisa tetap bertatap muka dengan pasangannya dan langsung membahassolusi dari masalah yang mereka ada hadapi. Ada pula orang yang nggak bisa bertemu dengan pasangannya danmemilih menjauh, dan biasanya merekayang menyendiri memiliki sifat sensitif dan pemikir. Mereka memilih menyenditri karena ingin merenungi kejadian yang telah menimpa hubungannya. Ia butuh waktu untuk menerima kenyataan yang telah terjadi. Beberapa orang menyendiri agar bisa lebih tenang dalam membahas masalah bersama nantinya. Tetapi, ada pula yang menyendiri karena ingin melupakan pertengkaran tersebut dengan bermain game atau tidur.Kamu Mengingat Semua Kata-Kata PasanganmuPria memang dianggap sebagai makhluk yang nggak bisa menjadi pendengar yang baik, suka melupakan hal-hal kecil serta mendetail, dan sebagainya. Tetapi berbeda dengan pria yang sensitif dan pemikir, mereka justru mengingat setiap hal yang kamu katakan, apalagi kata-kata yang sudah membuatnya merasa kecewa. Kata-kata tersebut bukanlah menjadi sebuah pembelajaran, melainkanhanyauntuk mengingat bahwa diri mereka pernah kecewa karena mendengar kata-kata tersebut.Tentu saja, sebab mereka sensitif dan pemikir.Nanti, di waktu yang tepat, mereka akanmenanyakan penjelasan pada pasangannya mengenai kata-kata yang dulu pernah terucap. Bahkan, ingatannya yang kuat terhadap kata-kata yang terucap itu bisa menjadi bahan untuk diungkit di kemudian hari. Nah, apa kamu senang mengingat setiap ucapan dari pasanganmu sendiri?Content continue below...Punya Rencana Masa Depan yang BaikPria yang sensitif dan pemikir nggak selamanya buruk kok. Mereka yang sensitif dan pemikir juga memiliki rencana masa depan yang baik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwaorang yang sensitif dan pemikir adalah mereka yang memiliki rencana masa depan yang detail dan matang.Mereka telah memiliki bayangan kehidupan di masa depan bersama pasangannya nanti. Orang yang sensitifdan pemikir juga sangat kritis dan memikirkan sesuatu yang mungkin nggak pernah terpikirkan orang lain sebelumnya.Kalau kamu sudah bisa membayangkan kehidupan masa depanmu secara terperinci, tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri saat mendekati wanita bukan? Namun beberapa pria ada yang jadi kaku karena terjebak dalam bayangan masa depan ciptaannya. Sebaiknya, kamu butuh rilek sesekali.Selain ketiga tanda di atas, ada ciri-ciri lain yang menunjukkan bahwa kamu pria yang sensitif dan pemikir. Di antaranya adalah kamu orang yanghipertensif,nggak bisa mengubah pola pikir, danmemiliki cara tersendiri dalammengusir kegalauan dalam dirinya.Jadi, apa kamu seorang pria yang sensitif dan pemikir?

Sifat perfeksionismemu membahayakan dirimu sendiri.

Belajar untuk mengutamakan berpikir daripada menuruti perasaan yang membuat anda hanyut dan tertekan.

Wawasan luas, you got it.

Cowok Sensitif Itu Langka. Alasan – Alasan Ini yang Membuatmu Tak Patut Menyia-nyiakan DiaFatimah Artayu|Jun 25, 2015|Follow1,663 sharesBagikandi TwitterBagikandi Facebook(1.6K)Cowok sensitif dianggap lekat dengan sikap yang pendiam, mudah tersinggung, kaku, bahkanmudah tersentuh atau melankolis. Tak jarang, karakter diri yang semacam ini dianggap sebagai kelemahan. Banyak orang tak menyadari bahwa sebenarnya paracowok sensitif pun menyimpan berbagai kelebihan.Kamu yang saat ini berpasangan dengan cowok sensitif memangtak salah pilih. Selain penyayang, merekabiasanya sangat perhatian dan lembut pada pasangan. Nah, agarkamu semakin yakin berdampingan dengan dia, simak dulu uraian dariHipweeberikut ini!1.Cowok sensitif biasanyapeka dan perasa. Jika kamu tulus menyayanginya, dia akan memberi kasih sayang yang berkali-kali lipat banyaknyapahamilah sifatnya yang peka dan cenderung melankolis viafavim.comTak seperti kebanyakancowok yang biasanya punya karaktercuek,cowok sensitifcenderung peka dan perasa. Dia bisa tahu apakah kamu tulus menyayanginya atau hanya sekadar berpura-pura. Dia akan baik-baik mengamati setiap sikap dan tindakanmu padanya.Ketika dia menyadari bahwa kamu benar-benar tulus, dia pun tak segan memberimu kasih sayangyang lebih besar. Tapi sebaliknya, jika kamu tak bersungguh-sungguh kepadanya, dia pun tak akan berat hati mengabaikanmu dan hubungan kalian.2. Dia adalahcowokyang baik hati. Dia pun tak pelit berbagi pada orang-orangyang dicintaicowok sensitif yang penyayang binatang viawww.tumblr.comPada dasarnya,cowok yang sensitif adalah seseorang yang baik hati.Dia tertarik pada hal-hal yang berbau sosialdan tak pelit berbagi dengan orang-orang atau siapapun yang ada di sekitarnya. Bukan hanya kamu yang jadi kesayangannya, keluarga hingga hewan peliharaan di rumah pun selalu jadi perhatiannya.Bahkan, terkadang dia bisa begitu perhatian pada pengemis tua atau anjing terlantar yang ditemui di jalan. Danbukan berarti dia terlalumelowatau berlebihan, sikap yang ditunjukkan justru memperlihatkan kalau cowok sensitif memang punya rasa empati yang tinggi.3. Berdampingan dengan dia yang tampak pendiamdan misterius justru menjadikan hubungan kalian semakin hangatsifatnya yang seperti rollercoaster,tak menentu viaweheartit.com“Kamu kenapa sih, Sayang? Kok diem aja?”“Kamu lagi sedih, ya? Atau marah sama aku?”Mungkin pertanyaan-pertanyaan semacam itu sering kamu lontarkan padanya. Saat sedang berdua, kamu khawatir jika dia sudah mulai terlihat tak senang dan memilih diam. Sebagai pacar, kamu pun berharapbisa jadi tempatnya berbagi keluh kesah bahkan kekesalan.Namun, sikapnya yang pendiam mungkin sudah jadi karakter yang tak bisadiubah. Toh diam juga bukan berarti marah atau kesal. Bisa saja dia diam karena memang menginginkannya. Kamu pun tak perlu terlalu khawatir dengan sikapnyayang satu ini. Tapi tak adasalahnya tetap memberi perhatian dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan seperti di ataskarena hal itulah yang membuatnya merasa diperhatikan. Dengan begitu, hubungan kalian pun pasti akan semakin dekat dan hangat.4. Pria sensitif sering dianggap kaku dan membosankan. Asalkan bisa mengajaknya melakukan hal-hal seru, dia bisa kok jadi pasangan yang menyenangkanseni membuatnya lebih luwes dan bebas berekspresi viawww.playbuzz.comSekilas, dia memang terkesan kaku dan membosankan. Lebih suka diam, tak mau banyak bicara, bahkan sangat tertutup tentang dirinya sendiri. Hal inilah yang membuat banyakcewek merasa tak nyaman berdampingan dengan cowok yang punya karakter sensitif.Padahal, mereka hanya belum mengenal bagaimana sifatcowok sensitif yang sebenarnya. Mereka bukannya kaku dan membosankan, tapi hanya sangatberhati-hati dalam segala tindakan. Ketika kamu mengajaknya melakukan hal-hal seru seperti nonton film bersama atau membahas buku yang sama-sama kalian baca, dia bisa memperlihatkan sisi lain dalam dirinya. Diajuga bisa jadi pribadi yangmenyenangkan kok, asalkan kamu tahu hal-halapa saja yang akan membuatnya bersemangat.5. Berpasangan dengan cowok sensitif bukan berarti bencana. Kamu justru beruntung karena bisa memiliki dia yang berbeda dari selainnyabersamanya tak sesulit dipikir orang, dia juga bisa membuatmu bahagia viawww.evakolenko.comSetiap orang punya kepribadiaan dan karakteryang berbeda-beda. Sebagai seorang pacar, kamu tentu harus bisa mengenali kepribadian pasangan dan menghargainnya, termasuk jika dia adalah seorang cowok yang sensitif. Berpasangan dengannya bukan berarti bencana kok, justru kamu termasukcewek beruntung karena bisa memilikinya.Yang pasti, kesabaran adalah kunci utama dalam hubungan kalian. Butuh kesabaran lebih untuk menghadapi perubahanmood-nya atau kebiasaannya memendam perasaan. Namun, selama kalian bisa saling pengertian, besar kemungkinan hubungan kalian pun akanbertahan.Gimana? Ternyata berpacaran dengan cowok yang sensitif ternyata bisa menyenangkan ‘kan? Asalbisa mengimbangi dan menghargai dirinya, kamutak akan menghadapi masalah yang berarti selama berpacaraan dengan cowok sensitif. Selamat mencoba, ya.Fatimah Artayu

Inilah 6 Alasan yang Membuat Cowok Sensitif Layak Diperjuangkan Sampai ke PelaminanGregorius Ragil Wibawanto|Nov 20, 2015|Follow711 sharesBagikandi TwitterBagikandi Facebook(711)Cowok sensitif kerap diidentikkan dengan pribadi yang lemah, mudah tersinggung, dan kekanak-kanakkan. Pokoknya, dia bukanlah pribadi yang lekat dengan karakter suami idaman. Alhasil cewek-cewek pun enggan untuk menjalin hubungan dengan cowok macam ini. Ada banyak ketakutan yang menghantui karena orang terlanjur memberikan pandangan miring pada cowok sensitif. Mereka mengira bahwa cowok sensitif itu…enggak lakik!Namun sebetulnya, dibaliktuduhan semena-mena macam itu, tersembunyi berbagai sikap pecinta sejati dari cowok sensitif. Jangan dulu gegabah menuduhnya dengan frasaenggak lakikjika kamu belum mengalami 6hal ini bersama dirinya.1. Dia adalah pribadi yangperasa. Bersama dia, kamu akan merasa dipahami dengan segala ketulusan hatinya.Dia pandai memahami isi hati orang viasonhos-perfect.tumblr.comCowok sensitif memiliki sensor perasaan yang lebih dalam dari cowoklainnya. Dia akan berusaha untuk mengerti kamu luar dan dalam. Main-main bukan cara diamenjalani cinta. Ketulusan adalah karakterdasar yang dikuasainya untuk memberikan yang terbaik bagi dirimu. Hal inikarena sensitivitas yang melekat dalam dirinya. Dalam sekejap saja, dia dapat memahami ruang terdalam dalam dirimu.Kepandaiannya dalam melihat karakter orang akan membuatmu serasa betul-betul diperhatikan. Satu hal yang pasti adalah dia bukan cowok-cowok pada umumnya yang cuek dan tidak peka pada kondisi sekitar, apalagi kondisi pacarnya. Sebaliknya, dia sangat mengenali diri dan sekitarnya dengan baik.2. Sebagai pribadi yang sensitif, dia akan selalu memperhatikan hal-hal kecil di sekitarmu. Dialah cowok paling romantis yang sanggup memanjakanmu.Romantis adalah nama tengahnya. viasinceyousaidido.tumblr.comCintanya yang dalam dan tidak main-main membuatdia ingin memberikan banyak cinta ke dirimu. Jangan kaget kalau dia tahu setiap detail dalam dirimu, meskipun dia tak pernah menanyakannya. Karakter yang demikian hanya dimiliki orang senstitif.Kepekaannya dalam melihat situasi membuat dia selalu memperhatikandirimu seutuhnya. Bukan untuk menyampaikan kritik, namun untuk menyimpan sesuatu ke memorinya. Sesuatu itulah yang nantinya akan membuatmu terkaget-kaget. Kejutan adalah cara dia untuk memanjakan pasangannya. Sebab dia tahu bahwa dirimu sama sekali tidak sadar apa yang sedang direncanakannya.3. Perkataan dan perilakunya jarang menyinggung perasaan. Hal itu lantaran dia selalu berhati-hati dalam mengambil sikap dan tindakan.Senyumnya adalah bentuk pemahaman paling purna viafavim.comKeromantisannya tidak hanya terlihat dengan cara dia membual kata cinta. Lebih dari itu. Cowok sensitif sangat hati-hati dalam berkata dan berperilaku. Dia adalah cowok yang pandai menjaga sikap. Oleh karena itu, dia akan mencaritimingyang tepat untuk membicarakan sesuatu yang penting di antara kalian berdua.Dia tahu betul mana waktu yang tepat dan kapan momentum yang pas untuk membicarakan suatu hal. Selain itu, dia akan bertingkah sesuai dengan kondisimu tanpa kamu harus memintanya. Sebabnya, dia tahu betul bahwa salah kata dan perilaku di saat yang kurang pas akan mengakibatkan suasana menjadi tidak nyaman dan penuh emosi.4. Tanpa perlu kamu mengatakan tentang kekurangannya, cowok sensitif cenderung peka sehingga dia akan mengubah kekurangan dalam dirinya.Be Wise! viawww.instylebuzz.comDirimupun tidak perlu repot-repot banyak protes ke dirinya. Dia akan dengan cepat merasakan jika ada sesuatu yang salah dalam dirinya. Terlebih lagi jika kesalahan itu berkaitan dengan dirimu. Ketrampilannya membacagesture,sikap, dan perkataanmu membuatnya mengetahui dengan cepat ketika ada yang berbeda darimu.Perubahan kecil yang kamu sampaikan melalui tindakan akan langsung diprosesnya. Dalam sekejap dia akan melakukan perubahan juga agar dapat membuatmu kembali tertawa. Ketrampilan macam ini jarang dimiliki oleh cowokcuekyang banyak bertebaran di luar sana.5. Dia adalah pribadi yangsangat memperhatikan sopan santun dan tata krama. Kamu tak perlu khawatir dia akan bertindak gegabah ketika bertemu calon mertua.Sopan dan ramah tiada duanya viaadworks.pkSensitivitasnya yang tinggi berdampak pada kemampuannya untuk menguasai segala kondisiyang dia hadapi. Salah satunya adalah saat bertemu calon mertua. Sopan santun dan ramah tamahnya tak perlu diragukan lagi. Dia pandaidalam menaruh diri dan bersikap sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan yang sedang melingkupinya. Sebab dia tahu betul bahwa salah bersikap di suatu lingkungan akan membuatnya tidak diterima secara sosial. Dan cowok sensitif akan betul-betul menghindari resiko tersebut.Dia lebih memilih untuk bernegosiasi dan beradaptasi dengan “aturan” yang sedang berlaku. Sikap yang semacam ini dipraktikkannya pada setiap relasi yang ditemuinya. Apalagi kalau bukan elegan namanya kalau kedewasaan dalam bersikap sudah dikuasainya secara natural?6. Jangan khawatir soal masa depan berdua. Dia pandai melihat peluang karena selalu “sensitif” dengan berbagai kesempatan yang ada. Bersama dia, hidupmu pastilah lebih bahagia.Pelukannya adalah nyata baik jasmani maupun rohani viapapasemar.comKetika orang sibuk mencari pekerjaan, kepekaannya dalam melihat peluang akan membawanya pada profesi yang diminati sedikit orang. Sebab dia tahu dan memiliki perasaan yang tepat untuk mengikuti petunjuk-petunjuk yang tidak dapat dibaca oleh orang biasa. Alhasil, dia akan mendapatkan pekerjaan yang tidak hanya sekedar mendapatkan uang, namun sebuah dunia yang memang sesuai denganpassion-nya. Itu semua karena sensitivitasnya, sebuah anugerah yang kerap dianggap miring oleh sebagian orang. Bersamanya, kebahagiaan asmara akan berjalan seimbang dengan kestabilan kondisifinansial.Cowok sensitif yang kerapdicap sebagai manusia yang selalubaperdi setiapkondisi tetap memiliki segudang sikap positif. Dan sebenarnya, menjadi cowok tidak harus sok tangguh dalam setiap kondisi lalu menahan perasaan hanya untuk mempertahankan citra kelaki-lakian.Setidaknya, cowok sensitif selalu jujur pada apa yang menjadi jati dirinya. Dia tidak berusaha membohongi hakikat dirinya hanya demi sebuah citra jantan. Perlu diingat bahwa jantan adalah soal kejujuran menjadi diri sendiri seutuhnya. Dan cinta yang tulus selalu hadir dari pribadi yang jujur. Bukan begitu?Gregorius Ragil Wibawanto

1. Memilih untuk menghindari tontonan - tontonan yang berisi adegan kekerasan2. Hadir dan berada di tempat yang ramai bisa membuat pria jenis ini menjadi merasa tidak nyaman3. Memiliki apresiasi yang tinggi terhadap alam, musik, serta aneka jenis seni dan budaya4. Lebih peka terhadap kejujuran lawan bicaranya. Pria sensitif biasanya memiliki intuisi yang bagus  dalam menilai seseorang sedang berkata jujur atau bohong5. Bisa lebih cepat menilai sesuatu yang benar atau salah6. Bisa dengan cepat terkuras emosinya saatmelihat kekacauan ataupun saat sedang menghadapi masalah7. Sebuah hal yang sangat sederhana bisa memancing apresiasi yang luar biasa bagi pria sensitif8. Pria sensitif adalah seorang pendengar yang baik. Dia akan rela meluangkan waktunya untuk mendengarkan keluh kesah lawan bicaranya9. Pria sensitif memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap lingkungannya.10. Sangat teliti. Bahkan karena sangat teliti membuat pria sensitif menjadi sosok orang yang perfeksionis11. Kenyamanan, ketenangan, dan menyendiri adalah 3 hal yang dicari saat pria sensitif sedang menghadapi masalah12. Selalu emmbutuhkan waktu untuk sendiri. Jadi jangan berharap seorang pria sensitif bisa mendampingi pasangannya setiap saat hanya untuk sekedar ngopi di cafe.13. Memiliki tingkat rasa khawatir yang tinggi karena  rasa takut akan kehilangan seseorang14. Pria sensitif memiliki kehidupan spiritual yang bagus karena mereka memandang sebuah kehidupan sebagai sebuah anugerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar