Sabtu, 26 Mei 2018

Loved it .

Kesempurnaan achievement kepuasan . Informative .

7 Tanda Anda Berada Di Pekerjaan Yang Tidak Tepat

6 March 2014/ Articles/ By Ronald Sembiring7 COMMENTS

57 Shares

 

Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda saat ini? Bisakah Anda tertawa bahagia dan merasa bersyukur dengan pekerjaan Anda? Anda sangat menikmati hari-hari yang Anda lewati di kantor beserta rekan sekerja Anda. Setiap pekerjaan yang Anda kerjakan bagaikan sebuah tantangan tersendiri untuk diselesaikan. Atau bahkan sebaliknya. Anda merasa tidak berdaya, tidak termotivasi, dan tanpa Anda sadari wajah Anda kelihatan semakin tua, dengan beban kerja yang terlalu berat dan sangat melelahkan diri Anda.

Bila Anda merasakan tidak bahagia di pekerjaan Aanda, Anda wajib membaca artikel ini sampai akhir. Tapi jika sudah merasa bahagia dan menikmati pekerjaan Anda sekarang, Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Agar Anda mendapatkan  pemahaman yang lengkap tentang tanda pekerjaan yang tepat. Anda bisa mencocokkan apakah pekerjaan yang Anda lakukan saat ini sudah sesuai dengan tanda yang saya akan jelaskan.

Banyak orang bekerja hanya sekedar bekerja tanpa memiliki tujuan yang pasti untuk  mengembangkan potensi mereka. Pada umumnya tujuan mereka bekerja hanyalah untuk mendapatkan penghasilan, agar mereka bisa meyambung hidup sendiri dan keluarga, menyimpan penghasilan, dan membeli sesuatu barang yang berharga buat mereka. Ini bukanlah alasan yang salah. Hanya saja tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan dari mereka untuk  menikmati satu pekerjaan dan berkembang di bidang profesi yang sedang mereka geluti.

Inilah penyebab mengapa banyak pekerja (karyawan) tidak bisa bahagia dan berkembang di bidang pekerjaan mereka. Saya akan berbagi sedikit informasi pada Anda, bagaimana pekerjaan yang bisa memberikan Anda kebahagiaan. Secara tidak langsung Anda bisa mengembangkan potensi yang Anda miliki tanpa harus berada di bawah tekanan berat yang membuat Anda tidak bisa bahagia.

Tanda Berada di Pekerjaan Yang Salah

Bagaimana kita bisa tahu, kita tidak akan bisa berkembang dalam bidang pekerjaan yang kita geluti? Berikut adalah tanda Anda berada di pekerjaan yang belum tepat.

Pertama, Anda tidak bahagia. Ini adalah tanda bahwa Anda tidak bisa menikmati pekerjaan Anda. Pekerjaan Anda tidak bisa memberikan kebahagiaan kepada Anda melalui tantangan, gairah untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Ini sangat mudah dirasakan tentunya.

Di sini Anda harus tahu bahwa, pekerjaanlah yang membuat Anda tidak bahagia. Bukannya lingkungan dan orang-orang di sekeliling Anda. Bisa saja Anda suka dan bahagia dengan melakukan pekerjaan Anda, tetapi lingkungan dan budaya pekerjaanlah yang membuat Anda tidak bisa bahagia. Mungkin karena masalah pekerjaan ataupun masalah pribadi sebagai sumber ketidak bahagiaan.

Kedua, motivasi yang rendah. Ketika jam weker Anda berdering di pagi hari, Anda telah merasakan betapa beratnya masuk kerja hari itu. Pikiran Anda mengeluarkan semua hal-hal yang membuat Anda tidak tidak termotivasi. Apakah pekerjaan yang menumpuk, dikejar oleh deadlineatapun orang-orang yang harus Anda atur untuk menyelesaikan target penjualan yang masih jauh dari harapan. Bila hal ini terjadi, cobalah melihat tujuan Anda kembali ketika Anda diterima bekerja di pekerjaan Anda sekarang.

Ketiga, Anda terlalu banyak mengeluh. Mungkinkah pekerjaan yang terlalu ringan buat Anda sehingga Anda tidak merasa tertantang untuk mengerjakannya. Sehingga pekerjaan itu harus menumpuk dan membuat Anda mengeluh karena sudah diuber oleh atasan Anda. Atau mungkin pekerjaan Anda terlalu berat sehingga Anda tidak mengetahui cara cepat untuk menyelesaikanya. Anda tidak menguasai skill yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Akhirnya pekerjaan Anda tidak selesai.

Jurus terakhir yang Anda gunakan adalah mencari kambing hitam untuk menutupi kesalahan Anda. Apakah itu rekan sekerja Anda, divisi lain yang terkait atau beban kerja yang Anda terima. Bila Anda terlalu banyak mengeluh maka Anda wajib waspada, bahwa pekerjaan Anda bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan Anda.

Keempat, tidak ada kemajuan pada pekerjaan dan diri sendiri. Meskipun Anda diberi pelatihan yang sangat akan membantu Anda dalam penyelesaian pekerjaan yang Anda miliki. Selalu ada saja hal dan situasi yang membuat ada tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan benar dan tepat waktu sesuai dengan yang telah diajarkan di pelatihan tempat kerja Anda.

Selain itu Anda juga tidak menunjukkan adanya perkembangan dalam diri Anda. Baik secara skill dalam bekerja, kedewasaan Anda dalam menghadapi masalah. Baik di pekerjaan dan di lingkungan tempat tinggal Anda. Bukannya kualitas diri Anda yang meningkat tetapi Anda malah berkubang di emosi yang membuat Anda semakin tidak berdaya.

Kelima, melakukan hanya untuk uang. Uang bukanlah satu-satunya sumber motivasi seseorang yang berada pada pekerjaan yang tepat. Mereka yang berada pada pekerjaan yang tepat, tidak mempedulikan tentang uang. Bukan berarti mereka tidak butuh uang. Mereka tetap butuh uang. Mereka memiliki motivasi intrinsik yang membuat mereka menjadi yang terbaik di bidang pekerjaan mereka. Itulah salah satu penyebab mereka bisa menikmati pekerjaannya. Mereka merasa bahagia, merasa tertantang dan mereka bisa mengembangkan diri tanpa ada unsur paksaan dari tempat mereka bekerja.

Bila tujuan Anda hanya untuk mendapatkan penghasilan di pekerjaan sekarang tanpa memiliki motivasi intrinsik, maka Anda wajib waspada terhadap diri Anda. Karena bisa jadi Anda akan menghabiskan waktu Anda di pekerjaan sekarang tanpa bisa menjadi yang terbaik di bidang pekerjaan yang Anda geluti. Ia kalau Anda bisa bertahan, kalau Anda dipecat (hehehe pasti happydong, kan Anda 2PMTK bro) Mungkin akan ada orang berkata seperti ini. Memang benar, tetapi bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan saat sekarang ini.

Keenam, hubungan yang tidak harmonis dengan atasan dan rekan kerja. Tanda yang sangat jelas bila kita menikmati pekerjaan adalah dengan adanya komunikasi yang baik dengan teman kerja atau atasan kita. Kita bisa berdiskusi dengan sangat asyik tanpa merasakan perasaan negatif terhadap mereka.

Bila malah sebaliknya, Anda perlu mencari tahu dan menyelesaikan masalah ini dengan atasan dan rekan kerja Anda. Karena mereka akan memberi pengaruh yang sangat besar kepada Anda dalam masuk ke jalur pekerjaan yang tepat.

Ketujuh, Anda mengalami stress yang berlebih dan berkepanjangan. Stress memiliki peran dan manfaat tersendiri dalam membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Orang yang mampu mengatasi stres yang positif dan bisa dikendalikan akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan pantang menyerah. Stress yang berlebih dan berkepanjangan malah menjadi satu beban yang tidak memperdayakan dan “menghancurkan” orang yang mengalaminya.

Ada empat jenis stres, yaitu eustres, distres, hiperstres, dan hipostres. Faktor yang menyebabkan stress disebut dengan stressor. Eustres adalah stres jangka pendek yang memberikan kekuatan. Eustres bersifat menantang dan memberikan kekuatan, motivasi, kreatifitas dan pengharapan untuk bisa mengatasi stres atau masalah yang sedang dihadapi. Stres inilah yang baik untuk kita, yang memicu kita mengatasi setiap masalah. Saat berhasil mengatasinya kita akan berkembang secara pribadi. Meskipun suatu saat nanti kita menghadapi masalah yang sama maka kita  merasa lebih mudah mengatasinya karena sudah punya pengalaman sebelumnya dengan masalah yang sama.

Distres adalah stres yang kita pandang terlalu berat dan tidak bisa di atasi. Kita merasa bingung dan tidak berdaya untuk mengatasi stres jenis ini, karena terjebak dalam kondisi dan situasi yang tidak bisa dikendalikan.

Hiperstres terjadi didorong melampaui kemampuan untuk bertahan dan mengatasi tekanan. Hiperstres muncul akibat dari kondisi beban kerja yang terlalu berlebihan. Saat seseorang mengalami hiperstres, hal-hal kecil dan sepelepun bisa memicu respon emosi yang sangat kuat. Mereka bisa berprilaku marah besar atau menangis hebat. Hipostres adalah kebalikan dari  hiperstres.

Hipostres terjadi saat seseorang merasa hidupnya monoton, tidak ada tantangan dan membosankan. Orang yang mengalami hipostres sering gelisah, tidak bersemangat dan apatis.

Bila Anda berada pada jenis stres eustres maka Anda memiliki peluang untuk menjadi lebih baik bila berhasil mengatasinya. Bila berada pada stres yang lain, maka Anda perlu mencari solusi untuk mengatasi masalah Anda.

Inilah beberapa tanda yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui Anda berada pada pekerjaan yang tidak tepat. Bila Anda sedang mengalami salah satu atau lebih, saran saya secepatnya cari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Tanda Anda Berada Dalam Pekerjaan Yang Tepat

Berikut tanda yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui Anda sudah berasa pada pekerjaan yang tepat dan pada jalur benar dalam bekerja.

Pertama, bekerja di passion Anda. Passion adalah rasa suka atau antusiasme yang sangat kuat terhadap sesuatu atau suatu aktivitas. Bisa diartikan bahwa passion adalah hal yang sangat suka Anda lakukan, alami, rasakan, jalani dan menjadi dalam hidup Anda. Bila Anda bekerja pada passion Anda, maka Anda akan sangat menikmatinya, memiliki motivasi yang tinggi, merasa bahagia, mudah berkembang baik untuk passion dan diri Anda dan menjadi yang terbaik di bidang tersebut.

Kedua, Anda memiliki 4E. Menurut Sapta Dwikardana seorang dosen di salah satu universitas ternama di Bandung, menyatakan bahwa “ tanda bahwa kita sudah berada pada pekerjaan yang tepat adalah bila kita sudah memiliki 4E.” Apa itu 4E? 4E adalah singkatan dari, easy (mudah), enjoy (bahagia), excellent (unggul) dan earn (menghasilkan). Bila Anda sudah memiliki keempat ini maka Anda sudah berada dalam pekerjaan yang tepat. Ingat bahwa Anda harus memiliki keempat ini. Bila Anda tidak bisa memiliki keempat ini maka Anda belum berada pada pekerjaan yang tepat

Bisa Anda bayangkan sebuah tower yang bersiri dengan 4 kaki penyangga. Bila salah satu kaki penyangga tidak ada maka tower tersebut tidak akan bisa berdiri dengan tegak dan sempurna. Bahkan tower tersebut bisa roboh dan merusak bangunan yang ditimpa oleh tower tersebut. Sama seperti 4E ini, bila Anda hanya easy, enjoy, dan excellent maka yang terjadi adalah sebuah pekerjaan yang Anda bayar dengan harga tinggi. Ini sama saja dengan hobby yang dimainkan dengan bayaran tinggi, seperti main golf, ofroud, menyelam dll. Meskipun pekerjaan tersebut bisa memberikan anda kesenangan dan kebahagian. Coba Anda cek dipekerjaan Anda, apakah Anda sudah memiliki 4E di atas?

Bagaimana bila saya merasa sudah berada pada passion (enjoy) saya dan saya belum bisa berkembang? Mungkin Anda akan bertanya seperti ini.

Kalau Anda merasa sudah bekerja pada passion Anda dan belum ada perkembangan yang Anda rasakan atau bahkan kemajuan belum seperti yang Anda harapkan, maka Anda perlu belajar atau mengembangkan skill yang Anda miliki. Skill inilah yang menghambat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Cari tahu skill apa yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah pekerjaan yang sedang menghambat Anda saat ini. Bila Anda sudah mengetahuinya, pelajari dan kuasailah. Skill ini akan sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah Anda. Teruslah belajar untuk mengembangkan kemampuan Anda untuk menjadi yang terbaik di pekerjaan Anda.

Apa yang bisa Anda dapatkan bila Anda sudah berada tepat pada dua tanda ini?

Hal utama yang bisa Anda dapatkan adalah Anda menikmati pekerjaan Anda, merasa bahagia, memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja, semangat, tidak memikirakan hitungan lembur, menikmati pekerjaan Anda, berkembang di bidang yang Anda sukai bahkan Anda akan memiliki koleksi “moment” indah yang tidak bisa Anda miliki bila tidak berada pada pekerjaan yang tepat. Inilah beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Anda hanya bisa mendapatkanya bila Anda berada pada passion (pekerjaan) yang tepat.

Mungkin saja pekerjaan Anda saat ini bukanlah passion Anda. Anda perlu mencari ke dalam diri Anda yang paling dalam. Ketika Anda sudah menemukanya, kembangkan sebaik mungkin. Semakin Anda berada pada passion Anda maka Anda semakin mudah untuk bertumbuh dan berkembang menjadi yang terbaik. Terakhir, sudahkan Anda mengetahui Anda berada pada pekerjaan yang tepat? Atau mungkin sebaliknya. Berikan komentar Anda.

MENCARI TAHU APA YANG INGIN ANDA LAKUKAN DALAM HIDUP

Saatnya mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda, ada 2 hal penting yang selalu harus Anda perhatikan yaitu “dimana Anda sekarang” dan “apa yang dapat Anda lakukan”.

Kita sering sekali mendengar kalimat seperti:

  • Anda bisa menjadi apapun yang Anda inginkan.
  • Anda bisa melakukan apapun selama Anda percaya pada diri Anda sendiri.
  • Semua orang bisa sukses. Kalau saya bisa maka Anda juga bisa.

It’s a bullshit.

Tidak semua orang bisa sukses, tapi setiap orang dapat berusaha untuk menjadi sukses. Faktor “keadaan” sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, namun bukan berarti kita harus menyalahkan keadaan dan keberuntungan yang kita punya.


Definisi sukses itupun berbeda-beda tergantung pribadi masing-masing. Tetapi dalam pembahasan kali ini, mari kita anggap saja sukses adalah “melakukan apa yang ingin Anda lakukan”.

Sebagian orang cukup beruntung karena mereka sudah tahu harus kemana dan ingin melakukan apa dalam hidupnya, namun sebagian besar masyarakat khususnya anak muda selalu bertanya “bagaimana saya tahu apa yang ingin saya lakukan dengan hidup ini?”, merasa tersesat dan kehilangan jati diri, bingung dalam menentukan apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup (bahkan sampai tua), dan merasa bosan dengan kehidupan Anda sehari-hari.

Kembali kepada 2 poin yang terpenting yaitu “dimana Anda sekarang” dan “apa yang dapat Anda lakukan”, artinya ada “opportunity” atau kesempatan yang harus Anda ambil. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama, dan jika Anda tidak memiliki kesempatan maka satu-satunya jalan adalah menciptakan kesempatan itu.

Contoh: jika bapak presiden Jokowi lahir dilingkungan yang berbeda, dipedalaman desa yang kumuh yang bahkan tidak ada akses listrik dan air, mungkin saja sekarang dia sedang menjadi petani didesa menjalani hidup sehari-hari dengan sederhana. (ini hanya ilustrasi tentang faktor keadaan)

Artinya keadaan Anda sangat dominan, ekonomi keluarga Anda (apakah Anda lahir dikeluarga yang cukup mampu), lingkungan Anda (level/kelas pergaulan Anda), status Anda dan lain-lain.

Sekarang mari cari tahu apa yang harus Anda lakukan jika Anda bingung mau melakukan apa dengan hidup ini…

1. Pertama sadari “keadaan” Anda dan pilihan yang Anda punya

choice– Anda ingin menjadi dokter tetapi tidak mampu membayar biaya kuliah kedokteran.

– Anda mau jadi pilot tetapi tinggi badan tidak lolos persyaratan yang diperlukan.

– Anda mau jadi atlit basket tetapi kedua kaki Anda sudah lumpuh dan tidak mampu berjalan.

– Anda mau jadi pramugari tetapi Anda seorang laki-laki.

Forget it.

Hidup ini tidak adil, dan menyalahkan keadaan hanya akan membuatnya semakin buruk. Jika Anda menuntut hidup untuk berlaku adil maka Anda hanya akan semakin frustasi dan sedih, pada kenyataannya akan selalu ada orang yang tidak sepintar/sehebat Anda tetapi lebih sukses dari Anda, atau mereka yang tidak serajin Anda tetapi jauh lebih kaya dari Anda.

Tekad dan kerja keras tidaklah cukup, kepintaran juga tidaklah cukup, bahkan talenta/bakat juga tidak akan cukup. Menyalahkan keadaan/ekonomi/pemerintah/orang lain tidak akan membantu Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah

“lihat diri Anda sendiri, bagaimana keadaan Anda, dan tanyakan apa yang dapat Anda lakukan sekarang.”

choise-chance-change

Apabila itu semua berada diluar kendali/kontrol/kemampuan Anda maka segera lupakan dan move on, cari kesempatan lain, jika tidak ada maka ciptakan kesempatan tersebut (no. 2 dan 3). Dengan melakukan ini maka semua energi Anda akan difokuskan untuk hal-hal yang hanya meningkatkan kesejahteraan hidup Anda dan Anda akan terbebas dari kesedihan karena ketidak-adilan hidup ataupun keadaan.

2. Belajar dari anak kecil

anak-kecil-bermainMari kita flashback sejenak kembali kemasa lalu.

Ingat saat Anda kecil apa yang ingin Anda lakukan dengan hidup Anda, bagaimana kita suka bermimpi ingin menjadi seseorang yang luar biasa, kita ingin menjadi presiden, direktur, astronot, dokter, magician, atlit, ilmuwan, superhero, dan sebagainya. Jarang sekali ada anak kecil yang mau jadi karyawan bank, atau akuntan. Seiring dengan berjalannya waktu realita membuat kita menurunkan ambisi masa kecil kita.

Tetapi yang paling penting adalah anak kecil memiliki ambisi dan tidak peduli dengan realita, mereka menikmati mimpi-mimpi mereka dan tidak takut bermimpi. Pemikiran yang sangat simpel, bermainlah seperti anak kecil, jangan terlalu banyak melakukan analisis, cukup pilih sesuatu dan nikmatilah.

Pikirkan apa yang sejak dahulu ingin Anda lakukan, jika Anda tidak tahu pilihlah sesuatu yang ingin Anda coba. Lakukan saja dan enjoy, jangan menganalisis apakah ini akan berhasil atau tidak, apakah ini menghasilkan banyak uang, apakah ini bisa dilakukan atau tidak, bayangkan diri Anda adalah anak kecil yang sedang bermain.

Jangan terburu-buru menganggap serius apa yang Anda lakukan, ini bukan pilihan hidup atau mati, cukup nikmati yang Anda lakukan, sukses akan datang jika memang Anda punya passion disana.

Saat pertama kali Bill Gates atau Mark Zuckerberg membuat program komputer, saya tidak yakin mereka melakukan analisis bisnis atau mencari profit dari sana, mereka menikmati apa yang mereka lakukan, simply enjoy, just playing and do it for fun.

Atau saat Messi pertama kali bermain sepak bola, dia tidak memikirkan bahwa itu akan membawanya menjadi atlit seperti sekarang, dia melakukannya karena menikmatinya. Simply play.

“Money is not a motivating factor. Money doesn’t thrill me or make me play better because there are benefits to being wealthy. I’m just happy with a ball at my feet. My motivation comes from playing the game I love. If I wasn’t paid to be a professional footballer I would willingly play for nothing.”

– Lionel Messi

Saat Steve Jobs berkelana pergi ke India atau saat dia mempelajari budaya Timur dan kaligrafi, dia tidak memikirkan hal-hal tersebut akan menjadi sesuatu yang berguna dimasa depannya, percayalah pada intuisi Anda dan follow your heart.

steve-jobs-connect-dotsJadilah anak kecil yang menikmati hidup, anak kecil yang tujuannya adalah bahagia, melakukan apa yang bisa dia lakukan dan tidak terlalu memikirkan masa depan yang kompleks karena apa yang mereka lakukan hari ini jauh lebih penting.

3. Mencobalah sebanyak-banyaknya

coba-sebanyak-banyaknyaJika memang Anda tidak tahu mau melakukan apa atau mencoba melakukan apa dalam hidup Anda, maka metode terakhir adalah Anda harus mencoba hal-hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebanyak-banyaknya. Cobalah sesuatu yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya, dan teruslah mencoba. Pada tahap ini Anda akan banyak mengalami kegagalan, kembali pada poin ke 2, anak kecil mencoba banyak hal dan mempertanyakan segalanya, mereka tidak takut gagal, begitu pula dengan Anda, pertanyakanlah semuanya dan cobalah. Apakah Anda sudah mencobanya dan sungguh-sungguh terlibat didalamnya, apapun kesalahan atau kebodohan yang mungkin akan Anda buat nantinya perlu diingat bahwa “itu tidaklah begitu penting”.

Banyak sekali anak muda yang menyia-nyiakan masa mudanya hanya karena takut gagal, takut mencoba hal-hal baru, malu dengan lingkungan sekitar jika berbeda dari yang lain, dan juga takut melakukan kesalahan. Merasa down jika tidak lolos interview pekerjaan, merasa depresi saat ditolak dan sebagainya. Ingatlah “it’s not really that important”, buatlah kesalahan sebanyak-banyaknya dan belajar, semua orang pasti pernah gagal dan melakukan kesalahan/kebodohan.

Tahukah Anda bahwa terkadang seseorang membeli karena tahu ada yang menjual. Seseorang menonton karena ada yang sedang ditunjukkan. People buy from people.

  • Pernahkah Anda pergi ke pasar, supermarket, atau toko dan merasa tidak enak jika tidak membeli sesuatu bahkan saat Anda sebenarnya tidak membutuhkan barang tersebut.
  • Saat Anda masuk ke restoran atau kafe dan merasa tidak enak jika tidak membeli makanan/minuman.
  • Saat Anda pergi jalan-jalan/liburan dan merasa kurang jika tidak membeli kenang-kenangan atau oleh-oleh.
  • Saat Anda menonton video-video aneh di social media atau youtube hanya karena video tersebut “exist” padahal tidak ada isinya.
  • Saat Anda membaca berita kosong hanya karena judulnya.
  • Saat Anda menonton tayangan tidak berguna di televisi hanya karena acara tersebut masih ada dan terus berjalan.

Itulah hidup, people buy from people, eksekusi dan tindakan adalah hal yang sangat penting, pastikan Anda melakukan sesuatu meskipun itu berakhir dengan kebodohan/kesalahan, semua orang dapat memberikan sesuatu untuk orang lain bahkan sesimpel perhatian Anda.



Kemungkinan jika ketiga langkah diatas masih tidak membuat Anda tahu apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup, setidaknya Anda memiliki sedikit petunjuk harus melakukan apa dan beruntungnya jika Anda membaca artikel ini (artinya Anda memiliki akses internet) adalah Anda memiliki banyak peluang untuk melakukan banyak hal (ingat penetrasi internet di Indonesia hanya 30% dan Anda termasuk salah satunya, bersyukurlah).

Anda bisa:

  • Membuat toko online atau menjual barang secara online
  • Menjadi youtuber atau promosi online melalui media video
  • Membuat e-book atau e-learning
  • Membuat program/aplikasi untuk kehidupan sehari-hari
  • Menjadi blogger atau online writer
  • Menjadi freelancer online
  • Menjadi designer online (web, logo, foto)
  • Menjadi fotografer atau travel blogger
  • Menjual jasa programming/menjadi programmer online
  • Menjadi video maker/editor
  • Menjadi social media admin/strategist
  • Melakukan jasa promosi online atau internet marketer
  • Menjual jasa SEO & SEM
  • Membuat komik strip
  • Memulai startup

Anda memiliki akses untuk semua ilmu yang Anda butuhkan (google/wikipedia) dan kebebasan tanpa batas di internet, “use it wisely”, Anda bisa mencoba apapun didunia online, pastikan Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan menjadi troller (sampah internet).

Generasi kita memiliki peluang/kesempatan yang tidak akan pernah dimiliki oleh generasi para orang tua kita, manfaatkanlah itu semua, dan yang penting adalah “do something”, lakukan sesuatu bahkan jika Anda tidak yakin hal itu akan membawa Anda menuju kesuksesan (you have to start something to go anywhere), mulailah dari apapun/manapun, sekecil apapun itu yang terpenting Anda melakukannya.

  • Jangan menunggu termotivasi baru bergerak, tapi bergeraklah, maka Anda akan termotivasi.
  • Jangan menunggu terinspirasi baru menulis, tapi menulislah, maka inspirasi akan hadir dalam tulisanmu.
  • Jangan menunggu bisa baru melakukan, tapi lakukanlah, maka Anda pasti bisa.

Sedikit rahasia hidup bahwa:

Orang-orang bisa sukses bukan karena mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, mereka sering memulai tanpa tujuan, bahkan mereka memulai tanpa petunjuk, dan mereka menemukan pilihan tersebut diperjalanan mereka, dan saat menemukannya mereka mengejar peluang tersebut secepat mungkin dan terus-menerus, dan pada saat yang tepat mereka siap meloncat kepada pilihan berikutnya.

Now you know the secret, you better get play. Good luck 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar