Kamis, 02 Februari 2017

Dewasa.

1. Sedih karena patah hati sah-sah saja, tapi kalau sampai putus asa ini sih namanya lebay tingkat dewa

Nggak sampai putus asa juga sih via unsplash.com

Siapa sih yang nggak pernah merasakan patah hati? Rasanya hampir setiap orang pernah ada di posisi yang kamu alami. Bahkan ada yang merasakannya hingga berkali-kali. Tapi bukankah mencari jodoh itu memang ada prosesnya sendiri? Dalam proses ini juga pribadimu diam-diam ditempa, salah satunya soal kedewasaan.

Kamu boleh sedih menghadapi sakit hati. Toh sedih hal yang wajar alias manusiawi. Tapi kalau kamu merasa dewasa, kesedihanmu ini tak akan berujung dengan putus asa. Kamu perlahan akan keluar dari kesedihan dan mengambil semua hikmahnya. Karena putus asa pun tak akan menghasilkan apa-apa, selain kerugian untuk dirimu sendiri.

6. Saat ada banyak masalah kamu cuma bisa meratapi dengan kata, kenapa dan kenapa

ngeluh terus via unsplash.com

Kenapa sih aku disakitin terus?
Kenapa sih masalah datang silih berganti?
Kenapa?
Harusnya kamu bertanya ke diri sendiri juga, kenapa harus selalu mengeluhkan sesuatu yang tak menyenangkan? Sebab yang sulit itu bukan cuma kamu di hidup ini. Di luar sana masih banyak yang lebih sulit dari kamu, tapi mereka tak terus mengeluh sepertimu. Malah kadang kamu tak segan membagi keluhan itu ke orang-orang terdekatmu.

Beberapa orang mungkin menanggapi dengan rasa prihatin. Tapi mana pernah kamu tahu, kalau ada sebagian yang lagi yang justru menganggapmu kurang dewasa karena hanya bisa mengeluh dan mengeluh saja. Sementara kamu pun tak pernah tahu orang yang kamu bagi soal keluhanmu ini bisa jadi punya masalah yang lebih sulit darimu.

Dewasa memang pilihan. Tapi bukankah kamu punya kewajiban untuk memilihnya, supaya pribadimu lebih mengesankan. Jangan sampai lah dicap tua, tapi kelakuan kekanak-kanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar