Minggu, 19 Juni 2016

Ikhlas. Berjuang.

Kiat Menjalani Kehidupan

Redaksi – Senin, 14 Jumadil Awwal 1434 H / 25 Maret 2013 08:59 WIB

Oleh: Syaripudin Zuhri

Dalam kehidupan yang selalu saja ada yang tak berkenan di hati atau tak sesuai dengan apa yang diinginkan, maka perlu kiat-kita khusus agar hidup dan kehidupan ini tetap dapt dijalani dengan ebaik-sebaiknya, sebagaimana adanya. Dan memang kehidupan ini seringkalu bukan apa yang kita maua yang terjadi, yang terjadi bahkan seringkali tak terduga, tak disangka-sangka, tak dapat diprediksi dengan otak manusia yang lemah.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan, dan biasa, setiap pendapat yang dikemukan manusia itu relative adanya, tidak ada kebenaran mutlaq, kecuali ayat-ayat yang terdapat dalam firmat allah SWT di dalam Al Qur’an dan di dalam sabda rosulNya yang mulia, nabi Muhammad SAW. Namun sebagai manusia tak ada larangan untuk membuat kiat-kita tertentu untuk menjalani hidup ini, diantara sebagai berikut:

Pertama, kekuasaan Allah SWT ada di mana-mana dan jangkauan kekauasaanNya sampai kemana-mana, tak ada sesuatupun yang dapat membatasi kekuasaanNya. Ini adalah kekutana yang luar biasa yang bila dpegang oleh keyakinan yang tinggi, karena bagi yang memegang prinsif ini, tak ada lagi rasa takut padaNya. Karena kemanapun dia melangkah, ada pertolongan Allah SWT di manapun dia berada.

Pertolongan Allah SWT, datang tiba-tiba kepada orang-orang yang bertaqwa padaNya, tanpa dimintapun terkadang pertolongan itu dating begitu saja, apa lagi kalau pertolongan itu diminta dalam doa, dan tak ada doa yang tak terjawab olehNya, hanya soal waktu, dan itu hak Allah SWT yang tak bias diganggugat.

Jadi dengan  memegang keyakinan bahwa kekuasaan allah SWT ada di mana-mana, maka kemanapun kita pergi, Dia akan melindungi kita. PerlindunganNya seringkali bahkan tanpa diminta, tahu-tahu ada dan tentu saja melalui makhlukNya. Pertolongan dari orang lain pada hakekatnya adalah pertolongan yang dikirimkanNya pada manusia, karena tanpa izinNya, orang tak bias memberikan pertolongan pada sesamanya, karena Dialah yang menggerakkan itu semua.

Kedua, orang yang selalu kuatir berarti kurang percaya kepada Allah SWT yang Maha Mampu mengatasi semua urusan. Dengan prinsif yang kedua ini akan terlihat, siapa manusia yang sungguh yakin padaNya, karena bila teksepnuhnya keyakinan itu ada pada diri seseorang, maka yang akan timbul adalah keraguan demi karaguan, yang timbul adalah yindak tanduk yang selalu rahu untuk berbuat sesuatu, kayakinannya tak penuh pada Dia yang Maha Mampu mengatasi semua persoalan di alam semesta ini.

Orang kuatir adalah orang yang tak yakin pada setiap langkah perbuatannya, di dalam tingkah laku dan perbuatannya ada selau kata-kata” apa iya-apa iya?” Jadi selalu ragu-ragu dalam bertindak, selalu tidak yakin akan apa yang diperbuatnya, akhirnya semua pekerjaannya menjadi tak selalu berhasil, karena penuh keraguan ada di dalamnya. Padahal kalau punya keykinan yang tinggi padaNya, tak ada sesuatupun yang lepas dari pengamatanNya, semua makhluk diurusnya, dari yang paling kecil sampai yang [aling besar, dari alam microcosmos sampai alam yang macrocosmos.
Ketiga,  Allah SWT tidak akan mengecewakan hambaNya yang beriman. Dengan prinsif ini orang beriman tidak akan pernah takut pada siapapun dan tak pernah takut nasibnya terlunta-lunta, karena dia yakin betul bahwa Allah SWT tak pernah menganiaya hamba-hambaNya, hanya hamba itu sendiri yang menganiaya diri mereka sendiri.

Dengan keyakinan pula seorang yang beriman tidak pernah merasa dikecewakan Allah SWT, karena apapun yang diberikan Allah padanya adalah baik, baik dalam pandangan Allah tentunya. Mengapa? Karena seringkali manusia tertipu dengan pandangannya sendiri, mislanya, sesuatu dianggap baik olehnya, tak tahunya buruk diujungnya. Atau ada sesuatu yang dianggap buruk pada awalnya, justru pada akhirnya baik dan sangat menguntungkan.

Biasanya kalau menghadapi suatu musibah, cobaan, ujian atau apapun namanya manusia seringkali berprasangka buruk kepada Allah SWT, seakan Allah tidak adil kepadanya, karena musibah atau ujian tersebut. Namun dalam kenyataannya seringkali terjadi banyak musibah yang membawa hikmah, banyak ujian justru membawa berkah, banyak cobaan justru membawa keuntungan.

Keempat, terimalah hidup ini sebagaimana adanya, bukan bagaimana maunya kamu. Ini juga yang membuat manusia menjadi banyak bersukur kepadaNya. Karena manusia yang punya prinsif semacam ini tidak mudah diombang-ambingkan kehidupan, tidak mudah goyah diterjang badai kehidupan, tak mudah menyerah dihempaskan oleh berbagai tamparan yang menghantam dirinya.

Karena orang yang punya prinsif semacam ini enjoy saja dalam mejalani kehidupannya, dia menyadari betul bahwa dalam hidup ini sudah ada Yang Maha Pengatur, Dialah Allah SWT, sehingga tak ada sedikitpun kuatir apabila suatu waktu terjadi hal yang bukan maunya, tapi terjadi. Nah dengan menerima hidup  sebagaimana adanya, tak membuatnya seperti dikejar-kejar hantu disiang bolong, semuanya serba ketakutan. Sesuatu yang belum terjadi sudah ditakutkan sedemikian rupa, sehingga hidupnya tak merasa bahagia, karena yang dipikirkan bagaimana kehidupan setahun, dua tahun, lima tahun sepuluh tahun mendatang begitu seterusnya.

Apa yang terjadi? Ibarat kata pepatah” mengharapkan hujan di dari langit, air di tempayan dibuang” maka yang timbul adalah rasa kurang-kurang dan kurang, tidak menerima apa yang ada. Yang ada,  tidak disukuri, yang tak ada, di harap-harap.

Kelima, terimalah orang lain itu sebagaimana adanya orang itu, bukan bagaimana maunya kamu.Ini biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dimana orang begitu banyak menuntut agar orang lain ikut atau mengerti akan dirinya, sementara dirinya tak peduli atau tak mau mengerti apa yang dimaui orang lain. Jadi orang lain selalu saja ada dipihak yang disalahkan, karena kebenaran hanya miliknya sendiri.

Dengan prinsif kelima ini sebenarnya hidup bersama dengan orang lain, siapapun dia, ya istri, anak, teman, sahabat, atasan, bawahan dan lain sebagainya menjadi suatu yang menyenangkan, kalau pakai bahasa gaul” sesatu banget”, ya asik gitu. Dalam bergaul menjadi tak terbebani apa-apa, karena semua manusia itu sama, tak ada bedanya, baik karena pangkat, jabatan, harta , kedudukan dan lain sebagainya, yang membedakan manusia hanya taqwanya.

Saya sengaja tak membawa ayat-ayat, silahkan saja cari di Al Qur’an yang berhubungan dengan ketaqwaan tersebut. Yang jelas bila manusia pandai menerima manusia sebagaimana adanya orang itu, pergaulan akan terasa nyaman, bersahabat, menyenangkan dan tak ada intrik-intrik yang membuat pergaulan menjadi gersang.

Keenam, caci maki dan hinaan orang lain adalah obat untuk mengoreksi diri. Memang banyak orang yang tak tahan akan hinaan orang, apa lagi kalau hinaan tersebut berupa sumpah serapah, caci maki di hadapan orang banyak atau di hadapan umum, apa lagi pada suatu acara yang dihadiri begitu banyak orang, tiba-tiba datang hinaan tersebut, rasa malunya bukan main! Yang menghina mungkin bisa saja sambil tertawa-tertawa kesenangan karena yang dihina kebetulan memang bawahannya yang levelnya jauh di bawah!

Sebenarnya bila ada hinaan semacam itu, bisa disukuri dengan membaca “Alhamdulillah”, gimana sih dihina orang kok Alhamduillah? Loh bukankahketika dihina orang secara langsung terjadi transfer pahala dari yang menghina ke yang dhina dan sebaliknya dosa yang dihina ditransfer ke orang yang menghina, asik bukan? Dapat pahala gratis.

Jikapun benar apa yang dihina itu, ya tetap Alhamdulillah, berarti dapat masukan dan dijadikan alat untuk meperbaiki diri. Biasanya kalau orang sering dihina dan dengan sabar menghadapinya, jiwanya semakin kokoh, jiwanya semakin tegar dan tak mudah “tersinggung” jadi ketika mendapat hinaan yang bertubi-tubi sekalipun dan datang dari berbagai penjuru, dia tetap tenang, karena sudah kebal! Kalau pakai gaya sekarang EGP aja, emanya gue pikirin!

Ketujuh, kesulitan bukan untuk dihindari, tapi dihadapi dengan lapang dada dan tetap mohon petunjukNya. Ini kehidupan bung! Tak ada kehidupan yang seperti jalan tol lurus saja, mulus-mulus saja, namun jangan lupa jalan tol pun bisa mecet, bahkan bisa macet total! Begitupun kehidupan, di sana sini ada saja kesulitannnya, dan itu bukan hanya dialami oleh seorang dua orang, semua orang mengalminya, jadi dalam kesulitan itu Anda tidak sendirian, lihat saja orang-orang yang hidupnya di bawah garis kemiskinan.

Jadi kesulitan hidup itu bukan hanya milik orang seorang, tapi hampir semua orang mengalaminya, sekali lagi dalam kesulitan hidup itu anda tidak sendirian, ribuan bahkan jutaan orang banyak terhimpit dalam kesulitan hidup dan kesulitan itu bukan dihindari, tapi dihadapi. Bukankah setelah kesulitan ada kemudahan? Bukan firmanNya berbunyi: “Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan, sungguh setelah kesulitan ada kemudahan”  ( Al Insyiroh: 5-6)

Dengan keyakinan pada firman Tuhan ini, Anda akan tegar menghadapi segala macam kesulitan hidup, karena hidup di dunia ini bukan surga, coba baca lagi tentang artikel saya:  “Dunia bukanlah surga dan juga bukan neraka” Dengan keyakinan bahwa kesulitan akan berlalu, maka tak ada istilah menyerah pada kesulitan apapun namanya, di manapun adanya. “Badai pasti berlalu atau semua ini akan berlalu” Lalu mengapa pusing menghadapi kehidupan?

1. Jangan menunda kewajiban.

2. jangan sia siakan orang tua yang masih hidup.

3. Minta taubat setelah berbuat dosa.

4. Jangan menunda taubat.

5. Jangan sia-siakan kebersamaan bersama guru.

6. Jangan bikin kesan tidak enak terhadap orang lain.

8. Jauhi maksiat.

9. Selalu berprasangka baik jika ingin khusnul khatimah.

10. Jangan menunda kebaikan.

11. Jangan sia-siakan waktu dan jangan banyak berbuat yg sia sia.

ikhlas karena allah atas seijin allah.

Semua Terjadi Atas Kehendak TuhanSegala sesuatu yang terjadi di dunia ini atas kehendak Tuhan, percaya dan berusaha menjalani hidup dengan sangat baik untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan.Rabu, 28 Mei 2014 10:10Foto: copyright shutterstock.com0SubmitSuka0Share0TweetSendShareManusia seringkali mengeluh dan juga meratapi apa yang terjadi dalam hidup mereka. Sedikit permasalahan baik itu kecil maupun besar akan dikeluhkan seakan-akan mereka lah orang yang paling malang di dunia ini. Semua keluhan dan juga ratapan tersebut sebenarnya tidak ada gunanya dan tidak akan menyelesaikan masalah. Yang harus dilakukan adalah bangkit dan memperbaiki kehidupan agar jadi lebih baik dari sebelumnya.Dalam kehidupan ini kunci untuk berbahagia sebenarnya sangat sederhana. Sabar, ikhlas dan juga bersyukur atas apapun yang telah Tuhanberikan kepada kita. Jika Anda sudah mengamalkan 3 kunci berikut maka tidakakan ada masalah yang akan terasa berat atau menyulitkan kehidupan Anda.Ada beberapa kata yang harus diingat dalam kehidupan ini. Segala sesuatu yang terjadi sebenarnya telah diatur oleh Tuhan. Daun pun gugur ke bumi ini atas seijin Tuhan. Apalagi keinginan manusia seperti kita. Kenyataan yang dihadapi setiap manusia, perjumpaan kita dengan orang-orang tertentu, perasaan yang naikdan juga turun serta tak menentu, semangat yang kadang membara dan meredup, semuanya telah diatur oleh Tuhan. Tuhan Maha Baik dan memiliki maksud tertentu di balik semua kejadian yang menimpa manusia.No coincidence happens in this world. Everything for sure happens for a reason. Tuhan memiliki maksud dan jugatujuan yang sangat baik di balik semua kejadian yang menimpa manusia. Tidak ada kebetulan dalam hidup ini, semua yang terjadi pasti ada sebabnya dan berakibat bagi kehidupan manusia. Yang harus dilakukan adalah menerima semuadan menjalani hidup dengan penuh kebaikan.

dakwatuna.com–Amal yang kita lakukan akan diterima Allah jika memenuhi dua rukun. Pertama, amal ituharus didasari oleh keikhlasan dan niat yang murni: hanya mengharap keridhaan Allah swt. Kedua, amal perbuatan yang kita lakukan itu harus sesuai dengan sunnah Nabi saw.Syarat pertama menyangkut masalah batin. Niatikhlasartinya saat melakukan amal perbuatan, batin kita harus benar-benar bersih. Rasulullah saw. bersabda, “Innamal a’maalu bin-niyyaat, sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya.” (Bukhari dan Muslim). Berdasarkan hadits itu, maka diterima atau tidaknya suatu amal perbuatan yang kita lakukanoleh Allah swt. sangat bergantung padaniat kita.Sedangkan syarat yang kedua, harus sesuai dengan syariat Islam. Syarat ini menyangkut segi lahiriah. Nabi saw. berkata, “Man ‘amala ‘amalan laisa ‘alaihi amrunaa fahuwa raddun, barangsiapa yang mengerjakan suatu perbuatan yang tidak pernah kami diperintahkan, maka perbuatan itu ditolak.” (Muslim).Tentang dua syarat tersebut, Allah swt. menerangkannya di sejumlah ayat dalam Alquran. Di antaranya dua ayat ini. “Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh….” (Luqman: 22). “Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan….” (An-Nisa: 125)Yang dimaksud dengan “menyerahkan diri kepada Allah” di dua ayat di atas adalah mengikhlaskan niat dan amal perbuatan hanya karena Allah semata. Sedangkan yang yang dimaksud dengan “mengerjakan kebaikan” di dalam ayat itu ialah mengerjakan kebaikan dengan serius dan sesuai dengan sunnah Rasulullah saw.Fudhail bin Iyadh pernah memberi komentar tentang ayat 2 surat Al-Mulk, “Liyabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala, supaya Allah menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.” Menurutnya, maksud “yang lebih baik amalnya” adalah amal yang didasari keikhlasan dan sesuai dengan sunnah Nabi saw.Seseorang bertanya kepadanya, “Apa yang dimaksud dengan amal yang ikhlas dan benar itu?” Fudhail menjawab, “Sesungguhnya amal yang dilandasi keikhlasan tetapi tidak benar, tidak diterima oleh Allah swt. Sebaliknya, amal yang benar tetapi tidakdilandasi keikhlasan juga tidak diterima oleh Allah swt. Amal perbuatan itu baru bisa diterima Allah jika didasari keikhlasan dan dilaksanakan dengan benar. Yang dimaksud ‘ikhlas’ adalah amal perbuatan yang dikerjakan semata-mata karena Allah, dan yang dimaksud ‘benar’ adalah amal perbuatan itu sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw.” Setelah itu Fudhail bin Iyad membacakan surat Al-Kahfi ayat 110, “Barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaknya ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya.”Jadi, niat yang ikhlas saja belum menjamin amal kita diterima oleh Allah swt., jika dilakukan tidak sesuai dengan apa yang digariskan syariat. Begitu jugadengan perbuatan mulia, tidak diterima jika dilakukan dengan tujuan tidak mencari keridhaan Allah swt.Delapan Tanda KeikhlasanAda delapan tanda-tanda keikhlasan yang bisa kita gunakan untuk mengecek apakah rasa ikhlas telah mengisi relung-relung hati kita. Kedelapan tanda itu adalah:1. Keikhlasan hadir bila Anda takut akanpopularitasImam Ibnu Syihab Az-Zuhri berkata, “Sedikit sekali kita melihat orang yang tidak menyukai kedudukan dan jabatan.Seseorang bisa menahan diri dari makanan, minuman, dan harta, namun ia tidak sanggup menahan diri dari iming-iming kedudukan. Bahkan, ia tidak segan-segan merebutnya meskipun harus menjegal kawan atau lawan.” Karena itu tak heran jika para ulama salaf banyak menulis buku tentang larangan mencintai popularitas,jabatan, dan riya.Fudhail bin Iyadh berkata, “Jika Anda mampu untuk tidak dikenal oleh orang lain, maka laksanakanlah. Anda tidak merugi sekiranya Anda tidak terkenal. Anda juga tidak merugi sekiranya Anda tidak disanjung ornag lain. Demikian pula, janganlah gusar jika Anda menjadiorang yang tercela di mata manusia, tetapi menjadi manusia terpuji dan terhormat di sisi Allah.”Meski demikian, ucapan para ulama tersebut bukan menyeru agar kita mengasingkan diri dari khalayak ramai (uzlah). Ucapan itu adalah peringatan agar dalam mengarungi kehidupan kita tidak terjebak pada jerat hawa nafsu ingin mendapat pujian manusia. Apalagi, para nabi dan orang-orang saleh adalah orang-orang yang popular.Yang dilarang adalah meminta nama kita dipopulerkan, meminta jabatan, dansikap rakus pada kedudukan. Jika tanpa ambisi dan tanpa meminta kita menjadi dikenal orang, itu tidak mengapa. Meskipun itu bisa menjadi malapetaka bagi orang yang lemah dan tidak siap menghadapinya.2. Ikhlah ada saat Anda mengakui bahwa diri Anda punya banyak kekuranganOrang yang ikhlas selalu merasa dirinyamemiliki banyak kekurangan. Ia  merasa belum maksimal dalam menjalankan segala kewajiban yang dibebankan Allah swt. Karena itu ia tidak pernah merasa ujub dengan setiap kebaikan yang dikerjakannya. Sebaliknya, ia cemasi apa-apa yang dilakukannya tidak diterima Allah swt. karena itu ia kerap menangis.Aisyah r.a. pernah bertanya kepada Rasulullah saw. tentang maksud firmanAllah: “Dan orang-ornag yang mengeluarkan rezeki yang dikaruniai kepada mereka, sedang hati mereka takut bahwa mereka akan kembali kepada Tuhan mereka.” Apakah merekaitu orang-orang yang mencuri, orang-orang yang berzina, dan para peminum minuman keras, sedang mereka takut akan siksa dan murka Allah ‘Azza wa jalla? Rasulullah saw. menjawab, “Bukan, wahai Putri Abu Bakar. Mereka itu adalah orang-orang yang rajin shalat, berpuasa, dan sering bersedekah, sementera mereka khawatir amal mereka tidak diterima. Mereka bergegas dalam menjalankan kebaikan dan mereka orang-orang yangberlomba.” (Ahmad).3. Keikhlasan hadir ketika Anda lebih cenderung untuk menyembunyikan amal kebajikanOrang yang tulus adalah orang yang tidak ingin amal perbuatannya diketahuiorang lain. Ibarat pohon, mereka lebih senang menjadi akar yang tertutup tanah tapi menghidupi keseluruhan pohon. Ibarat rumah, mereka pondasi yang berkalang tanah namun menopang keseluruhan bangunan.Suatu hari Umar bin Khaththab pergi ke Masjid Nabawi. Ia mendapati Mu’adz sedang menangis di dekat makam Rasulullah saw. Umar menegurnya, “Mengapa kau menangis?” Mu’adz menjawab, “Aku telah mendengar hadits dari Rasulullah saw. bahwa beliau bersabda, ‘Riya sekalipun hanya sedikit, ia termasuk syirik. Dan barang siapa memusuhi kekasih-kekasih Allah maka ia telah menyatakan perang terhadap Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang baik, takwa, serta tidak dikenal. Sekalipun mereka tidak ada, mereka tidak hilang dan sekalipun mereka ada, mereka tidak dikenal. Hati mereka bagaikan pelita yang menerangi petunjuk. Mereka keluar dari segala tempat yang gelap gulita.” (Ibnu Majah dan Baihaqi)4. Ikhlas ada saat Anda tak masalah ditempatkan sebagai pemimpin atau prajuritRasulullah saw. melukiskan tipe orang seperti ini dengan berkataan, “Beruntunglah seorang hamba yang memegang tali kendali kudanya di jalan Allah sementara kepala dan tumitnya berdebu. Apabila ia bertugas menjaga benteng pertahanan, ia benar-benar menjaganya. Dan jika ia bertugas sebagai pemberi minuman, ia benar-benar melaksanakannya.”Itulah yang terjadi pada diri Khalid bin Walid saat Khalifah Umar bin Khaththabmemberhentikannya dari jabatan panglima perang. Khalid tidak kecewa apalagi sakit hati. Sebab, ia berjuang bukan untuk Umar, bukan pula untuk komandan barunya Abu Ubaidah. Khalid berjuang untuk mendapat ridha Allah swt.5. Keikhalasan ada ketika Anda mengutamakan keridhaan Allah daripada keridhaan manusiaTidak sedikit manusia hidup di bawah bayang-bayang orang lain. Bila orang itu menuntun pada keridhaan Allah, sungguh kita sangat beruntung. Tapi tak jarang orang itu memakai kekuasaannya untuk memaksa kita bermaksiat kepada Allah swt. Di sinilah keikhlasan kita diuji. Memilih keridhaan Allah swt. atau keridhaan manusia yangmendominasi diri kita? Pilihan kita seharusnya seperti pilihan Masyithoh situkang sisir anak Fir’aun. Ia lebih memilih keridhaan Allah daripada harusmenyembah Fir’aun.6. Ikhlas ada saat Andacintadan marahkarena AllahAdalah ikhlas saat Anda menyatakan cinta dan benci, memberi atau menolak,ridha dan marah kepada seseorang atau sesuatu karena kecintaan Anda kepada Allah dan keinginan membela agamaNya, bukan untuk kepentingan pribadi Anda. Sebaliknya, Allah swt. mencela orang yang berbuat kebalikan dari itu. “Dan di antara mereka ada orang yang mencela tentang (pembagian) zakat. Jika mereka diberi sebagian daripadanya, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi sebagian daripadanya, dengan serta merta mereka menjadi marah.” (At-Taubah: 58)7. Keikhalasan hadir saat Anda sabar terhadap panjangnya jalanKeikhlasan Anda akan diuji oleh waktu. Sepanjang hidup Anda adalah ujian. Ketegaran Anda untuk menegakkan kalimatNya di muka bumi meski tahu jalannya sangat jauh, sementara hasilnya belum pasti dan kesulitan sudah di depan mata, amat sangat diuji.Hanya orang-orang yang mengharap keridhaan Allah yang bisa tegar menempuh jalan panjang itu. Seperti Nabi Nuh a.s. yang giat tanpa lelah selama 950 tahun berdakwah. Seperti Umar bin Khaththab yang berkata, “Jika ada seribu mujahid berjuang di medan juang, aku satu di antaranya. Jika ada seratus mujahid berjuang di medan juang, aku satu di antaranya. Jika ada sepuluh mujahid berjuang di medan juang, aku satu di antaranya. Jika ada satu mujahid berjuang di medan juang, itulah aku!”8. Ikhlas ada saat Anda merasa gembira jika kawan Anda memiliki kelebihanYang paling sulit adalah menerima orang lain memiliki kelebihan yang tidakkita miliki. Apalagi orang itu junior kita. Hasad. Itulah sifat yang menutup keikhlasan hadir di relung hati kita. Hanya orang yang ada sifat ikhlas dalam dirinya yang mau memberi kesempatan kepada orang yang mempunyai kemampuan yang memadai untuk mengambil bagian dari tanggung jawab yang dipikulnya. Tanpabeban ia mempersilakan orang yang lebih baik dari dirinya untuk tampil menggantikan dirinya. Tak ada rasa iri. Tak ada rasa dendam. Jika seorang leader, orang seperti ini tidak segan-segan membagi tugas kepada siapapun yang dianggap punya kemampuan.Redaktur:Ardne

If you are born poor it’s not your mistake, But if youdie poor it’s your mistake.– Bill GatesSatu hal yang pasti saat kamu dilahirkan di muka bumi ini adalah bahwa kamu punya kesempatan. Kesempatan untuk menjadi suksesatau nggak sukses sama sekali. Kesempatan untuk menjadi manusia atau cuma menjadi mahluk yang numpang hidup di dunia. Begitu pun dengan kesempatan menjadi mapan secara finansial, sebenarnya kita semua bisa. Menjadi kaya raya terdengar semacam kisah dongengbagi sebagian orang padahal kita semua punya peluang yang sama untuk menjadi kaya, dengan kerja keras tentunya. Dari kerja keras tersebut akan terlihat sebesar apa potensi yang kamu miliki untuk menjadi kaya.Potensi tersebut bisa diukur dengan kesamaan antara kamu dan orang yang sudah terbukti kayaraya dalam menjalani menjalani hidup, cara berpikir dan kebiasaan dalam mencari uang sehari-hari. Berikut ini beberapa sifat orang sukses yang bisa kamu jadikan kebiasaan mulai dari hari ini.1. Selama ini kamu terbiasa membuat anggaran lalu dengan disiplin menjalankannyaBudgeting and tracking viainanutshell.caKarena86% para jutawan di dunia gak dilahirkan dengan sebongkah berliandi tangannya, mereka, sama seperti kamu, harus memulainya dari bawah juga. Mereka gak terlahir kaya, namun mereka membuat dirinya sendiri menjadi kaya. Dengan apa? Selain dengan menghasilkan uang, mereka juga patuh terhadap anggaran yang udah mereka siapkan sendiri. Mungkinbudgetingterdengar seperti kegiatan yang membosankan namun paraself-made millionaireini gak pernahsegan untuk menghitung pemasukannya dan menganggarkan berapa banyak uang yang akan dikeluarkan nantinya.Sejak duduk di bangku kuliah kamu udah bisa mencontek kebiasaan membuat anggaran ini, meski kamumasih mengandalkan kiriman dari orang tua. Anggarkan sekian rupiahuntuk makan, bbm, dan kebutuhan harian lain. Lalu selalutrackingpengeluranmu, gak perlu jadi jago matematika kok buat buattrackingkeuangan, aplikasi seperti Mint, CashTrails dan sebagainya akan membantu kamu untuk melihat kemana aja uangmu dihabiskan. Lihat apakah ada sisa atau malah kekurangan? Dengan begitu kamu bisa tahu pos mana yang bisa dikurangi anggarannya.2. Kamu menabung bukan karena ada sisa uang tapi karena merasa menabung adalah kewajibanNabung adalah kewajiban viablog.credit.com“Rajinlah menanbung” mungkin adalah nasihat lama yang paling sering didengar dari kecil hingga sekarang. Sama seperti anjuran untuk “minum 8 gelas air putih sehari”, kamu tahu itu bagus untuk dirimu tapi masih saja sulit untuk dilakukan. Tapi bagi calon orang kaya, menabung bukanlah perkara sulit untuk dilakukan. Karena sama seperti orang-orang yang sudah sukses kamu memandang tabungan sebagai sebuah keharusan, bukan sebagai kegiatan yang baru dlakukan bila ada uang sisa bulan ini.I Don't Mind Being On My OwnTiap kali menerima pemasukan, ambil setidaknya 10% untuk disimpan sebagai tabungan. Lakukan rutinitas ini di hari yang sama saat kamu menerima gaji, penghasilan maupun kiriman orangtua. Bila kamu sudah terbiasa, dan memahami bahwa menabung adalah kewajiban maka kamu punya potensi untuk menjadi kaya.3.Selama ini kamu telah menjalani gaya hidup sepertiorang kaya sesungguhnya yakni, gaya hidup kerja kerasGaya hidup kerja keras viawww.visitdenmark.co.ukKamu tahu kalau kamu adalah seorang calon jutawan ketika kamumemiliki gaya hidup seperti jutawan. Seperti apa gaya hidup jutawan? Rumah mewah,super car, dan pesta tiap malam? Nggak sama sekali!Kebanyakan orang kaya yang berjuang dari nol aliasself-made millionairejustru hidup dengan cara yang sama seperti saat mereka belum punya kekayaan seperti sekarang. Warren Buffet, salah satu investor paling sukses dimuka bumi, masih tinggal di rumah sederhana yang ia beli di tahun 1958 jauh sebelum dia kaya raya seperti sekarang. Mark Zuckerberg masih aja tuh kemana-mana naikcity carbuka Ferrari apalagi Lamborghini. Berfoya-foya dan gaya hidup konsumtif yang selalu kamu lihat di media sebenarnya merupakan kebiasaan kamu kelas menengah ngehek.Intinya, kekayaan seharusnya bukandilihat sebagai gaya hidup untuk berfoya-foya. Kekayaan seharusnya dilihatsebagai gaya hidup untuk bekerja lebih kerasdibandingkan orang lain, ketekunan, kematangan rencana dan disiplin yang tinggi.Jika sedari usia muda kamu sudah terbiasa hidupon budget, gak neko-neko, kerja keras dan gak pernah membesarkan pasak daripada tiangnya maka kamu udahberada di jalur yang benar untuk jadi kaya.4. Membuat rencana dan mengejar target merupakan kegiatan yang kamu nikmatiMenikmati kerja keras viawww.brw.com.auAlih-alih keletihan, bosan dan menyerah ketika berusaha mencapai target, kamu menikmati tiap tetes peluh yang keluar akibat kerja kerasmu. Ada kepuasan yang besar dalam jatuh-bangun yang kamu lalui dalam mengejar kesuksesan. Kamu gak pernah mengeluh, menutup mulut rapat-rapat dan membiarkan otak dan tanganmu bekerja.Demi Foto yang Lebih 'Hidup' dan Bercerita! 7 Cara Agar Jepretanmu Lebih Pro, Biar Kayak AhlinyaKamu juga merupakan seorang perencana ulung, membuat target yang dianggap orang lain sebagai rencana gila. Gak jarang kamu dijuluki sebagai ‘Tukang Mimpi di Siang Bolong’ namun kalau bisa memilih kamu lebih senang menyebut dirimu sebagai ‘PengejarTarget Level Akut’. Hei, kesuksesangak datang dengan sendirinya, uang 100 juta segepok gak pernah turun dari langit. Tanpa ada perncanaan dan target untuk mencapainya, kamu gak akan pernah bisa pergi ke sana.5. Kamu tetap tenang dan nyaman di tengah keadaan yang serba sulitUnggul dalam keadaan sulit viawww.skipprichard.comPanik dan bertindak gegabah gak pernah melintas dalam pikiranmu bahkan ketika keadaan serba sulit. Kamu tetap optimistis, di tengah keadaan ekonomi yang sulit. Misalnya ketika kamu menghabiskan uang kirimanmu sebagaimodal usaha kecil-kecilan, kamu menemukan cara untuk hidup dengan selembar uangRp.50ribu dalam seminggu. Kamu menolak untuk menerima nasib, kamu malah berkata,“Aku menciptakan nasibku!”pada diri sendiri.Orang sukses bisa menjadi kaya karena terbiasa mengambil resiko dan hidup dengan kegigihan. Di awal usahanya, mereka hidup di bawah bayang-bayang ketidakjelasan, namun di ketikdakjelasan itu mereka menemukan kenyamanan. Ambil contoh J.K. Rowling, seorangsingle momyang hidup mengandalkan bantuan dari pemerintah, akan tetapi dalam keadaan sulit seperti itu dia tetap bisa fokus untuk menulis novel danmenciptakan dunia sihir yang dicintai jutaan orang di seluruh dunia.6. Kamu gak pernah mau untuk berhutang, kecuali jikahutang tersebut bisa menghasilkan uangNyicil truk buat jual makanan viawww.theherald.com.auJadikan slogan “Gak pernah berhutang, kecuali menguntungkan” sebagai peraturan tak tertulismu dalam berbisnis. Jangan pernah berhutang untuk sesuatu yang bersifat konsumtif, seperti berhutang untuk biaya liburan, berhutang supaya TV di rumah selebar layar bioskop atau berhutang supaya punya baju kaya orang kaya. Dengan banyaknya pilihan untuk membayar sesuatu yang sebenarnya gak sanggup kamu bayar, kamu harus teliti sebelum menentukan untuk berhutang atau tidak.Berhutanglah jika menurutmu itu akan memberi keuntungan dalam jangka panjang, berhutanglah jika bisa meningkatkan produktivitasmu. Hutang seperti apa yang menguntungkan? Menyicil mobil truk untuk menjalankan jasa pindahan rumah, misalnya. Meminjam uang sebagai modal usaha juga termasuk utang yang menguntungkan.10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Kecerdasanmu Meningkat, Tanpa Perlu Usaha BeratBerpikirlah seperti orang kaya, yangbaru berhutang jika hutang tersebut menjamin datangnya uangyang lebih banyak lagi. Orang kaya gak segan-segan berhutang untuk meningkatkancash flow-nya sekaligus meningkatkan posisi tawarnya dalam dunia usaha. Jangan seperti orang kebanyakan yang berhutang demi membeli barang yang membuat orang kaya makin kaya.7. Kamu punya percaya diri tinggi untuk bergaul dengan siapa saja demi menciptakan jejaring yang luasGak canggung dengan orang kaya viawww.wngfilms.co.ukBila kamu ingin menjadi orang yangsukses kamu harus mengelilimgi dirimu dengan orang sukses, sejalan seperti ucapan orang bijak, “Kalau kamu berteman dengan penjual minyak wangi, kamu akan kecipratan wanginya”. Bergaul dengan mereka yang udah sukses selain membuat kamu jadi terpacu akan membuka kesempatan untuk belajar, bahkan kamu bisa memilih sendiri orang kaya mana yang akankamu jadi panutan dan mentor. Dengan bergaul dengan mereka kamu bisa belajar dari mana mereka menghasilkan begitu banyak dari sesuatu yang sedikit, apa yang mereka kerjakan di kala senggang, buka apa yang mereka baca hingga hal apa yang selalu memacu semangatnya bekerja.Tanpa sadar bergaul dengan orang yang sudah terbukti sukses, akan memberi kamu banyak ilmu. Serta jangan lupa, tanpa usaha yang banyak kamu juga telah membangun jaringan yang kuat di kalangan orang sukses. Jadi ketika tiba waktu untuk meminta bantuan pinjaman modal, memasarkan produk dan promosi kamu sudah tahu harus menemui siapa.8. Kamu tahu akan jadi orang kaya ketika kamu menyadari bahwa uang bukanlah tujuan utamaUang gak bikin kamu kaya viawww.huffingtonpost.comOrang-orang sukses bisa menjadi kaya bukan karena mereka menginginkan harta dan benda, namun mereka mengejar sebuah kepuasan dan hasrat yang gak berwujud benda. Kepuasan tersebut gak bisa disepadankan dengan nilai. Jika kepuasan tersebut sudah terpenuhi, maka uang akan datang dengan sendirinya. Ini bukan soal punya rumah yang gede, mobil tercepat di dunia atau liburan paling mewah yang bisa dibayangkan.Menjadi kaya adalah soal memiliki kuasa dan kebebasan untuk mengambil keputusan apapun yang diinginkan. Serta merdeka darijeratan finansial. Menjadi kaya jugaperkara berbagi dengan mereka yang tidak seberuntung dirimu. Saat kamu sudah bisa memandangdunia bukan cuma dari permasalahan uang semata, ini tandanya kamu sudah di jalur yang tepat untuk meraih mimpi sebagai orang kaya selanjutnya.Berapa pun jumlahnya, bukanlah uang yang membuatmu kaya namun totalitas dalam mencintai pekerjaan (atau apapun yang kamu lakukan untuk hidup) yang pada akhirnya akan membuatmu menjadi kaya.

"Tidak ada pohon mahal ketika masih berdiri tegak dihutan, tidak ada air mahal ketika masih berada disumber pegunungan dan tidak ada ikan mahal kalau masih berenang di lautan" Aris Ahmad JayaSetujukah anda, kalau ada sebuah benda khas, tidak ada dua yang menyamainya, kalaupun ada hanya mirip saja. Benda itu tentu unik, cantik, dan antik. Niainya pun sangat tinggi kalau diikutkan dalam pameran benda-benda antik. Semua orang pasti sepakat denganpernyataan di atas. Dan tahukah anda, sesuatu yang paling unik di dunia ini? Dia adalah anda sendiri.Anda memiliki sidik jari yang khas dan tidak terimitasi, anda memiliki banyak hal antik yang akan anda dapati pada orang lain. Tapi mengapa keunikan dan kekhasan yang kita miliki terkadang tidak mampu kita jual dalam harga uang yang layak?1. Jadikan Dirimu Lebih Bernilaiarchangel-ancient-trees-redwoods viahttp://amazingcatty.blogspotPohon yang masih tegak kokoh di antara pohon-pohon lain di hutan tentulah bernilai lebih rendah dibandingkan nilai pohon yang sudah keluar dari hutan. Nilai pohon yang sudah keluar dari hutan tentulah lebih rendah dibandingkan pohon yang sudah dibelah menjadi kayu batangan. Nilai kayu batangan pun tentu akan lebih rendah dibandingkan dengan sebuah kursi yang dibentuk dari kayu batangan tersebut.Dan nilai kursi tersebut tentu akan lebih rendah dibandingakan kursi yang telah diukir sedemikian rupa dengan menghilangkan bagian-bagian kayu yang tidak diperlukan. Dan kursi ukir yang masih berada dipabriknya tentu lebih rendah nilanya bila dibandingkan ketika kursi tersebut dibawa ke etalase toko yang mewah.2. Saatnya Berani Mencobao-HAPPY-facebook viahttp://amazingcattyaddress.blogspotJadi kunci utama nilai diri untuk meningkatkan seberapa besar harga diri kita adalah dengan melakukan :1. Keluar dari zona kenyamanan dengan berani melakukan sesuatu yang baru.2. Keberanian untuk membentuk diri dengan menghilangkan bagian yang tidak berguna berupa sifat-sifat negatif yang selama ini menempel pada diri kita.3. Keberanian untuk menempatkan diri pada tempat yang layak dengankesiapan menerima tantangan dan hambatan dari pihak lain sehingga harga kita akan dinilai.3. Tekadkan Kemauanmutimthumb.php viahttp://amazingcattyaddress.blogspotApalah artinya emas 24 karat yang masih dalam bentuk batangan. Gadis mana yang mau memakai emas batangan dilehernya? Apalah artinya air jernih yang masih di mata air pegunungan. Manusia mana yang mau membelinya sebelum air tadi dibawa dari mata airnya kemudian dikemas dalam bentuk air mineral? Apalah artinya seorang yang bisa melakukan banyak hal namun selalu tidak mau melakukan banyak hal. Apalah artinya bisa membaca namun tidak mau membaca, bisa memasak namun tidak mau masak. Kunci utama nilai diri untuk meningkatkanharga diri adalah kemauan untuk mencoba sehingga bisa setelah mengalami berbagai kegegalan danhambatan dari luar maupun dari dirisendiri.Untukmu yang Selalu Kusebut Dalam Doa di Sepertiga Malam4. Maju Tanpa Menyingkarkan Orang lainsenja viahttp://amazingcatty.blogspotSeorang wartawan mewawancarai seorang petani untuk mengetahui rahasia di balik buah jagung yang selama bertahun-tahun selalu berhasil memenangkan kontes perlombaan hasil pertanian. Petani itu mengaku ia sama sekali tidak mempunyai rahasia khusus karena ia selalu membagi-bagikan bibit jagung terbaiknya pada tetangga-tetangganya di sekitar perkebunan."Mengapa anda membagi-bagikan bibit jagung terbaik itu pada tetangga-tetangga anda? Bukankahmereka mengikuti kontes ini juga setiap tahunnya?" tanya sang wartawan."Tidak tahukan anda?," jawab sang petani itu."Bagi angin menerbangkan serbuk sari dari bunga-bunga yang masak dan menebarkan dari satu ladang ke ladang lainnya. Bila tanaman jagung tetangga saya buruk, maka serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga akan buruk. Ini tentu menurunkan kualitas jagung saya. Bila saya ingin mendapatkan hasil jagung yang baik, saya harus menolong tetangga saya mendapatkan jagung yang baik pula."Begitupula dengan hidup kita, mereka ingin yang meraih keberhasilan harus menolong tetangganya menjadi berhasil pula. Mereka meginginkan hidup denganbaik harus menolong tetangganya hidup dengan baik pula. Sesungguhnya, nilai dari hidup kita diukur dari kehidupan kehidupan yang disentuhnya.5. Kenali Diri Anda Sendiri900px-Respect-Yourself-Step-1-Version-3 viahttp://id.wikihow.comSemakin mampu anda memahami diri sendiri, semakin mampu anda melihat dan menghargai betapa uniknya diri anda, dan anda juga akan makin menghormati diri sendiri. Temukan prinsip-prinsip hidup, kepribadian, dan bakat anda. Proses penemuan jati diri ini akan butuh waktu, tetapi anda akan segera melihat bahwa ini sangatlahbermanfaat.Buat daftar mengenai hal-hal, orang-orang, perasaan dan kegiatan yang penting bagi anda. Hal ini akan membantu anda mengidentifikasi apa yang benar-benar anda sukai dan butuhkan di dalam hidup Anda. Cobalah kegiatan yang berbeda. Ini akan memberikan anda kesempatan untuk melihat apa yang Anda sukai dan apa yang tidak Anda sukai.Biar Bahasa Inggrismu Naik Kasta, Coba Gunakan 6 Kosakata Ini Saat Berbicara!Misalnya, cobalah menulis jurnal. Bayangkanlah anda sedang melakukan percakapan dengan diri sendiri yang berumur 99 tahun dan anda meminta saran tentang apa yang harus anda fokuskan di dalamhidup anda. Anda juga dapat memulainya dengan menulis, “hal apa yang harus saya hindari untuk ditulis?” Cara ini akan memulai percakapan jujur dengan diri anda.Habiskan waktu dengan diri anda sendiri dengan berpura-pura bahwaanda berkencan dengan diri sendiri.Cobalah restoran baru seperti yang ingin anda lakukan. Hal ini dapat memberi anda kesempatan untuk berhubungan dengan perasaan dan pendapat anda sendiri.##motivasi##sukses#kehidupan

Tak banyak orang yang bisa berhasil meraih kesuksesan. Jika dibandingkan, jumlah mereka yang gagal pastilah masih lebih banyak daripada yang mencapai keberhasilan. Mental, salah satu modal untuk meraih sukses yang sayangnya tak dimiliki semua orang.Mental yang kuat tak akan muncul dalam diri begitu saja. Layaknya otot, mental harus dilatih setiap harinya agar terbentuk dengan baik – hingga sekuat baja. Dengan bermodal mental yang kuat, kamu mungkin akan mudah melewati berbagai tantangan hidup dan otomatis jadi lebih cepat meraih impianmu.Menyesal setelah melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Tapi, mereka yang punya mental kuat tak akan berlama-lama meratapi kegagalannyaBerhenti menangisi kesalahan diri sendiri viawww.vantagemag.comSetiap manusia pasti pernah berbuat salah. Saat keputusanmu dalam bersikap atau mengatakan sesuatu ternyata keliru, tak perlu terlalu meratapi kesalahan itu. Membenamkan diri dalam rasa bersalah yang terlalu dalam dan panjang justru akan melemahkanmu.Berbeda jika kamu memang punya mental yang sekuat baja. Kamu akan cenderung lebih bisa menerima dan mengakui kesalahanmu tanpa perlu terlalu berlebihan menyalahkan diri sendiri. Alih-alih terpuruk, kamu justru menjadikan kesalahan di masa lalu sebagai pelajaran. Kamu belajar agar kelak kesalahan yang sama tak akan terulang lagi.Kemauan untuk menerima kesalahan dan segala menerima konsekuensinya sudah jadi sifat dasar bagi orang-orang yang bermental kuat. Mereka pun tergolong berjiwa besar karena setiap kesalahan aka diakuinya dengan gagah berani dan tanpa rasa enggan untuk meminta maaf.Perubahan dalam hidup tak harus ditakutkan. Berani menjawab tantangan akan mengantar mereka satu langkah lebih dekat pada impianPeubahan merupakan sesuatu yang menantang viawww.huffingtonpost.comSeringkali perubahan tak bisa kamuhindarkan untuk terjadi. Perubahan itu pun bisa menjangkau setiap sisi kehidupan; mulai dari soal pendidikan, pekerjaan, hingga kehidupan pribadimu misalnya. Kadang, perubahan-perubahan tersebut dianggap sebagai sesuatuyang mengerikan. Menghadapi hal-hal baru membuat kita pun merasa tak nyaman.Bisakah Kita Sedikit Berdamai?Untukmu yang Kusebut dengan Masa LaluNamun, kamu yang bermental kuat tentu tak akan setuju dengan hal itu. Justru kamu akan menikmati berbagai perubahan yang terjadi dalam hidupmu. Bukannya merasa kaget dan berkeluh kesah, kamu malah menganggap perubahan-perubahan itu sebagai tantangan yang akan meningkatkan level kemampuanmu dalam menjalani hidup.Bagi mereka yang mentalnya sekuat baja, merutuki keadaan hanya akan menghabiskan energi. Daripada sibuk meratapi, mereka akan berpikir keras demi menemukan solusiTetap tersenyum viaimgkid.comKehilangan benda-benda kesayangan, terjebak kemacetan, kehujanan dalam perjalanan; banyak hal buruk yang seringkali kita keluhkan. Kita sibuk meratapi situasi dan kondisi yang sebenarnya di luar kendali diri kita sendiri. Hal semacam ini tentu tak akan ada gunanya, karena kita akansemakin terpuruk karenanya.Nah, mereka yang punya mental kuat sudah paham dan menyadarinya. Bahwa satu-satunyayang bisa ia lakukan adalah menerima apa yang diluar kendali dirinya. Dan jika bisa, ia pun lebih memilih untuk mencari solusi daripada sekadar merutuki. Yang pasti, mereka akan mengubah pola pikir. lebih memilih melihat masalahdari sisi yang positif daripada mengeluhkan hal-hal negatif.Bermental baja berarti tak punya rasa takut menghadapi kerasnya dunia.Setiap keputusan dan segalakosekuensi akan ia pikirkan dengan sebaik-baiknyaKeputusan tetap harus dibuat viawww.monutopie.comDalam menghadapi suatu permasalahan, terkadang kita diharuskan untuk segera mengambil keputusan. Tak jarang kita pun sibuk memperhitungkan apa saja resiko yang menyertai di belakangnya. Wajar jika muncul rasa ragu atau takut. Tapi, selama keputusan yang kita ambil memangdirasa baik, rasa ragu itu tak seharusnya muncul berlarut-larut.Tak heran jika orang-orang yang bermental kuat bisa lebih cepat sukses. Karena pertimbangan mereka yang matang dan keberanian dalam mengambil keputusan adalah yang menguatkan mereka melangkah ke depan.8 Tips Super Hemat di Bulan Ramadan. Biar Tetap Bisa Ngamplopin Keponakan Pas Lebaran!Sibuk memikirkan masa lalu sama halnya membuang waktu. Orang dengan mentalyang kuat justru fokus pada masa sekarang agar bisa melangkah majuBerjalan menatap masa depan viaconexaoemaustralia.comBanyak diantara kita yang mungkin gagal memanfaatkan kesempatan yang datang dalam kehidupan di masa lalu. Menyesal sambil merutuki masa itu pasti pernah kita lakukan. Tapi, tidakkah kita sadar bahwa yang kita lakukan tak akan pernah mengubah keadaan? Toh kealpaan di masa lalu juga tak bisa kita batalkan.Yup, mereka yang bermental kuat tak suka berlama-lama tenggelam dalam masa lalu. Bagi mereka, hal itu justru akan membuang-buang waktu dan tak ada gunanya. mentalyang sekuat baja menjadikan mereka lebih fokus pada perkara-perkara di masa depan. Orang-orang yang bermental kuat akan sebaik-baiknya memanfaatkan segala tenaga dan pikirannya pada masa sekarang dan yang akan datang.Kesuksesan orang lain tak seharusnya membuat kita merasa iri atau dengki. Mental yang kuat menjadikan kita fokus meraih keberhasilan diri sendiriSelamat, ya! viachrismears93.tumblr.comSalah satu penanda bahwa seseorang punya mental yang kuat adalah ketika dirinya mau mengakuikesuksesan atau keberhasilan orang lain. Dia pun tak enggan untuk mengucapkan kata “selamat”dengan tulus atau ikut berbahagia.Mental yang kuat menjauhkan seseorang dari perasaan iri dan dengki. Selain tak suka membanding-bandingkan, dia pun memilih konsentrasi dan fokus meraih kesuksesannya sendiri.Saat kegagalan mampir dalam hidunya, dia yang bermental baja tak akan menyerah begitu saja. Dia memilih bangkit dan melanjutkan perjuangan yang berikutnyaBekerja lebih keras dari sebelumnya viaplus.google.comSetiap kegagalan adalah sebuah pencerahan. Di titik ini, kita justru belajar untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi. Orang-orang sukses di luar sana pasti sudah khatam dengan perkara menghadapi kegagalan. Berbeda dengan mereka yang akhirnya gagal selamanya, mereka yang bermental kuat selalu belajar dari setiap kegagalan yang terjadi. Mereka menjadikan kegagalan sebagai pengalaman dan guru terbaik yang menuntunnya meraih masa depan yang lebih baik.Surat Rindu untuk SahabatSaat bisa mengambil pelajaran dari sebuah kegagalan, kita akan mendapat suntikan semangat. Segera bangkit dan mulai berjuang kembali dari titik paling awal. Menyadari bahwa setiap kesuksesan tak akan datang dengan cara-cara yang instan. Selayaknya, sukses memang dicapai lewat usaha yang tak putus-putus. Dan orang dengan mental yang kuat selalu punya tenaga dan kekuatan ekstra untuk dapat menjalaninya.Mental yang kuat hampir pasti bisa mengantarkan kita lebih cepat menuju kesuksesan. Jadi sudahkah mentalmu sekuat baja, ataukah sampai saat ini kamu masih sekadar bermental tempe saja?#berjuang#goals#kuat#semangat

10. Jangan berhenti untuk bertanya mengapa. Karena dari situlah semua ilmu bermulaWHY? viawww.lovethispic.comHal lain yang membuat kecerdasanmu sulit berkembang adalah sifatmu untuk menerima begitu saja informasi apapun yang kamu terima. Benar kata pepatah bahwa malu bertanya sesat di jalan. Lebih jauh lagi, malas bertanya membuat kecerdasanmu sulit berkembang. Bagaimana Bapak Fisika kita semua, Isaac Newton, menemukan hukum gravitasi Newton, awalnya hanya karena dia penasaran kenapa buah apel bisa jatuh dari pohon dan mengenai kepalanya. Sikap tidak mudah percaya pada apa yang kamu terima, akan melatih pikiranmu untuk kritis. Dan dari sana, kamu akan tergerak untuk mencari tahu lebih lanjut lagi.
Memang, rasa penyesalan itu wajar. Tapi bukan berarti kamu selama ini hanya diam saja dan tidak melakukan apa-apa untuk memperbaikinya. Daripada memfokuskan diri pada kesalahanmu, bukankah lebih baik kamu mengevaluasi apa saja yang telah kamu lakukan untuk memperbaikinya?Kesalahan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari jalan hidup manusia. Kesempurnaan yang kamu kejar itu tidak pernah ada. Karena kesalahan membuatmu belajar, Tuhan memberimu waktu agar kamu bisa memperbaikinya dengan segera. Jadi, apakah kamu sudah memperbaikinya?Dirimu di Masa Depan Akan Berterima Kasih, Kalau Kamu Sudah Melakukan 9 Hal Ini dariSekarang2. “Mengapa aku merasa begitu bersalah? Prinsip hidup apa yang telah kulanggar dengan berbuat kesalahan ini?”mulailah berdamai dengan dirimu sendiri viafavim.comTerkadang kesalahan di masa lalu membuatmu merasa putus asa. Kamu merasa tak bisa menjadi pribadi yang selama ini kamu inginkan. Kamu takut untuk mencoba melamar pekerjaan karena sudah berulangkali gagal. Kamu takut jatuh cinta karena selama ini hanya menjadi orang ketiga dalam hubungan.Kamu melakukan kesalahan, kamu sadar. Namun ini bukan alasan untuk terus terpuruk di dalamnya. Ubahlah fokusmu dari“Kenapa aku bisa begitu bodoh melakukan kesalahan itu?”menjadi“Mengapa aku merasa begitu bersalah? Prinsip hidup apa yang telah aku langgar dengan melakukan kesalahan ini?”, kamu Maka kamu akan menjadi lebih tahu, sebenarnya bagaimana sih prinsip hidupmu? Apa yang kamu cari selama ini? Apa yang sudah kaulanggar saban hari? Secara tidak sadar kamu akan diingatkan lagi tentang nilai-nilai hidup yang seharusnya kau pegang. Karena bahagia adalah apa yang kamu lakukan, kamu katakan, dan yang kamu percaya ada dalam satu harmoni yang sama.3. “Apakah itu benar-benar murni kesalahanku? Ataukahkeadaan memang kebetulan tak mendukungku?”Kamu akan melakukan hal terbaik pada waktunya viapoetry.houseKesalahan di masa lalu tak jarang membuatmu merasaaku tak mampu, bodoh,hina.Mungkin kamu tak lagi beraniapplybeasiswa karena pernah gagal hanya karena terlambat memasukkan berkas. Atau mungkin kamu merasa bukan perempuan atau laki-laki yang baik karena tidak berhasil menjaga cintayang kamu idam-idamkan. Tenanglah, kamu tidak perlu menyalahkan dirimu sendiri terlalu keras. Dengan kesalahan yang pernah kamu perbuat, kamu lebih tahu bagian mana yang kurang. Karena terkadang kamu hanya butuh waktu yang tepat untuk melakukan yang terbaik.Hidupmu Nggak Cuma buat Urusan Kantor! Jangan Bangga Waktu Habis Karena Sibuk Kerja4. “Walaupun aku telah merusak satu hariku di masa lalu, bukankah aku masih punya ribuan hari di masa depan?”Tamatkan bacaanmu viawww.thislittlestreet.comSeringkali kita menilai seseorang dari masa lalunya, padahal tidak melulu harus seperti itu. Gak jarangkamu akan merasa dirimu hina karena pernah menjadi murid paling rusak di masa SMA. Atau kamu merasa tidakpantas mengenakan jilbabkarena pernah melakukan kenakalan remaja yang fatal?Bangunlah, tak seharusnya kamu mengutuki diri sendiri karena masa lalu yang suram. Masa lalu hanyalah ibarat selembar kertas dari sebuah buku. Kamu adalah masa lalu, sekarang, dan masa depan. Ketika kamu telah melewati lembaran kertas yang kusam dan menyedihka, maka gak ada salahnya kamu coba buka lembar selanjutnya. Barangkali kamu akan menemukan kejutan-kejutan yang menarik. Setiap orang punya kesempatan berubah kok. Jadi sudah seharusnya kamu menikmatihabis buku hidupmu. Tunggu apa lagi? Bergegaslah!5. “Sudahkah selama ini kuizinkan kesalahan itu membantuku dalam mengembangkan diri?”Apa kau cukup baik dalam dalam segala hal? viakidiaimagess.wordpress.comSeringkali kita merasa jumawa dengan kesempurnaan dan kebaikan yang tanpa cela. Gak jarang mungkin kamu akan merasa paling cerdas kalau gak pernah mendapatkan cercaan menyakitkandari dosen pembimbing (meski ini mustahil). Kesalahan yang pernah kamu lakukan tak selayaknya membuatmu terjebak dalam kondisi stagnan yang melankolis. Justru inilah saatnya kamu bisa berkembang untuk memperbaiki cela yang pernah kamu perbuat. Kamu bisa belajar lebih banyak tentang apa yang belum kamu mampu selama ini. Kamu lebih tahu mana letak kelemahanmu. Karena kamu tidak akan mendapatkan indahnya pelangi tanpa adanya hujan.6. “Apa yang harus kulakukan agar tak terjebak di kesalahan yang sama lagi?”Saatnya melanjutkan perjalanan viachristophersstudio.netTerkadang kesalahan di masa lalu menahan kakimu untuk selalu berada di kenangan masa itu. Seperti mungkin saja kamu masih belum bisamove ondari mantan? Padahal, siapa tahu dimasa depan sudah ada orang baik yang menunggumu datang. Mungkin kamu sekarang gagal, lalu kamu lebih suka mengenang masa jaya ketika kamu tidak ada beban. Jalan ditempat bukanlah pilihan. Gak ada salahnya mulai bergerak maju dan melanjutkan hidupmu. Karena kamu harus mengayuh pedal agar sepedamu tetap berjalan.Ingin Cepat Move On? Cukup Lakukan Satu Hal yang Paing Ampuh Ini7. “Kesalahanku akan terbayar lunas dengan menjadi pribadi yang lebih baik. Apakah aku kini pribadiyang lebih baik?”Tumbuh menjadi leih baik viaego-alterego.comTerkadang kamu merasa bukan siapa-siapa, karena masa lalu yang membayang-bayangi langkahmu. Gak jarang kamu menjadi gampangkhawatir dengan kenangan-kenangan suram yang membuatmumerasa bersalah. Kesalahan yang tak termaafkan juga kadang membuat hidupmu menjadi tidak leluasa. Balaskan dendam kesalahanmu sendiri dengan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Bayarlah kekuranganmu dengan laku yang lebih indah. Di akhir hari, semua ini akan impas.Tidak pernah ada manusia yang terlepas dari kesalahan. Kesalahan kadang datang sepaket dengan kebaikan. Jadi kamu tak perlu lagi mengutuki dirimu sendiri dalam kesalahan masa lalu. Inilah waktunya kamu bangun untuk membayar lunas semua kesalahanmu.Semoga beruntung. Ingat, jangan menyerah!#kesalahan#masalalu#move on

6. Selalu takut mengambil risiko nggak akan membawamu ke mana-mana, padahal dunia ini demikian luasnya. Beranilah mencoba!Berani ambil risiko! viaquotesgram.comApa yang membedakan kenapa satu orang bisa sukses sementara yang lain tidak, bisa dipengaruhi oleh keberanian untuk mengambil risiko. Seseorang yang takut mengambil risiko dan terus bertahan di zona nyaman, selamanya hanya akan berada di posisi yang sama. Tidak naik dan tidak turun. Padahal dunia ini sedemikian luasnya, dan banyak hal menarik yang bisa kamu coba. Kamu takut akan gagal? Tapi bagaimana kamu tahu kamu akan gagal bila kamu terlalu takut bahkan untuk mencoba? Selagi masih muda, akrabilah kegagalan. Karena tanpa kegagalan, kamu tidak akan pernah belajar bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar