Minggu, 29 Januari 2017

Useful and useless .

Apakah Anda merasa tidak berguna karena sebuah situasi tertentu yang tidak bisa Anda kendalikan?

Hal-hal kecil yang Anda lakukan untuk membantu orang lain setiap hari bisa membantu Anda merasa dibutuhkan.

Berlatih bersyukur. Fokuslah kepada hal yang positif di dalam hidup. Dengan fokus dengan apa yang baik dalam hidup Anda, Anda pun bisa mengatasi perasaan tidak berguna atau tidak berharga. Sikap ini menuntun Anda untuk melihat hal-hal yang positif dari hidup sehingga Anda pun menjadi lebih bahagia.[4]
Salah satu cara untuk fokus kepada hal-hal yang berjalan dengan baik dalam hidup adalah dengan menulis rasa syukur secara rutin di dalam jurnal. Setiap hari, coba tulis lima hal yang Anda syukuri dalam hidup. Beberapa orang menggunakan media sosial seperti Facebook untuk melakukannya. Mereka memuat lima hal yang mereka syukuri setiap hari dalam media sosial ini. Menggunakan media sosial bisa membantu Anda merasa termotivasi dengan proyek ini karena kemungkinan besar Anda menerima masukan yang positif dari teman-teman Anda.

Lepaskan diri dari hubungan yang berbahaya. Beberapa hubungan tidak akan berhasil, tidak peduli apa yang Anda lakukan. Jika orang lain dalam hubungan tersebut bersikap kasar secara emosional atau tidak mau meluangkan waktu untuk Anda, sepertinya sudah saatnya untuk menjauhi orang tersebut. Mungkin Anda merasa tidak berguna dalam situasi seperti ini karena mungkin Anda merasa gagal. Akan tetapi, bisa saja hal ini terjadi karena Anda tidak cocok dengan orang tersebut, bukannya karena Anda gagal dalam memberi kontribusi kepada hubungan ini. Mungkin orang tersebut memiliki masalah yang harus dihadapinya sebelum dia bisa menjalin hubungan apa pun, jadi sebaiknya Anda tidak menyalahkan diri sendiri.

Lakukan apa yang bisa Anda lakukan. Mungkin Anda tidak bisa memecahkan masalah ini, Mungkin Anda tidak mengatasi masalah ini sesuai dengan harapan, tetapi Anda melakukan sesuatu yang bisa membuat anda merasa lebih berguna.

Jika Anda berada dalam situasi yang membuat stres, luangkan waktu untuk berhenti dan bernapas. Anda bisa berdoa, meditasi, atau mengambil beberapa napas dalam-dalam. Apa pun cara yang Anda ambil, coba luangkan waktu untuk menenangkan diri. Terima saja bahwa Anda tidak memiliki kendali atas situasi ini.

Fokuslah pada hal-hal yang berjalan dengan baik dan berusaha untuk membuat hal-hal ini menjadi bagian yang terbesar dalam hidup.

Coba lihat apakah ada tanda-tanda Anda mengalami depresi. Situasi yang membuat stres dalam jangka panjang bisa menuntun kepada depresi dan merasa tidak berguna bisa menjadi gejala dari depresi, terlebih jika ada gejala lainnya yang muncul.
Gejala depresi termasuk kesulitan untuk fokus, merasa pesimis, tidak tertarik pada hal-hal yang biasanya Anda nikmati, merasa bersalah, merasa sangat lelah, merasa terus-menerus sedih, dan bahkan mengalami gejala-gejala fisik seperti pusing atau sakit perut.[14]
Terkadang merasa sedih bukan berarti Anda depresi. Depresi berlangsung dalam sebuah periode yang cukup lama dengan timbulnya perasaan tidak peduli dan sedih. Saat gejala-gejala yang ada mulai mengambil kendali hidup Anda, bisa jadi Anda depresi.

Jika Anda depresi, mungkin Anda harus diobati, atau Anda mungkin harus mencari penyuluhan untuk membantu Anda mememecahkan beberapa masalah yang bisa membantu Anda untuk merasa lebih berguna. Ingatlah, mengalami depresi itu bukanlah tanda-tanda dari kelemahan. Depresi bisa disebabkan oleh kejadian yang traumatis di dalam hidup,

"Selalu ada peluang dan kesempatan di hari lain. Kegagalan bukanlah akhir kehidupan. Rasa sakit dan kesedihan adalah wajar sebagai manusia. Tapi kamu harus tetap bangkit."

#2

Betapa pun menyedihkannya dirimu menurut orang lain, kamu harus tetap mencintai dirimu sendiri. Kenapa? Kamu tetap punya sesuatu yang bisa kamu banggakan. Enggak ada orang yang menyedihkan dan enggak punya apa pun sebagai kelebihan. Jangan dengarkan orang-orang yang bikin kamu sedih dan merasa gagal.

#3

Kamu enggak sama dengan orang lain. Kamu unik. Kamu punya satu sisi baik yang enggak dimiliki orang lain. Jangan biarkan dirimu terjerat kesedihan karena merasa berbeda. Berbeda itu baik. Ini yang justru menjadikanmu 'kamu.'

Hi Sweetheart,
jika kamu merasa dirimu tidak dibutuhkan
merasa dirimu tidak berguna
ingatlah siapa penciptamu...
Allah
Penulis naskah kehidupan terbaik.

Jika keberadaanmu tidak dibutuhkan,
tidak berguna,

Mudah saja bagiNya untuk tidak menciptakanmu dari awal
Mudah saja untuk melenyapkanmu
mengambil nyawamu saat ini juga

Tapi bukan itu yang terjadi
Saat ini kau masih hidup
kau sudah dilahirkan

Allah punya tujuan untuk penciptaanmu.

Jangan biarkan perasaan putus asa mengusaimu
membuat dirimu tenggelam dalam pikiran-pikiran buruk
dan kehilangan keinginan untuk hidup

Bergeraklah untuk mencoba mencari tahu peranmu di dunia ini
dan berdoalah
agar Allah memberimu petunjuk

Bismillahirrahmanirrahim
Maka apakah kamu mengira bahwa
Kami menciptakan kamu
secara main-main (saja) dan
kamu tidak dikembalikan kepada Kami?
Maka Mahatinggi Allah,
Raja yang sebenarnya,
tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia,
Tuhan yang memiliki Arsy yang mulia.
Dan siapa yang menyembah tuhan
yang selain Allah,
padahal tidak ada satu buktipun baginya tentang itu
maka perhitungannya hanya pada Tuhannya.
Sungguh orang-orang kafir itu tidak akan beruntung.
Dan katakanlah "Ya, Tuhanku,
berilah ampunan dan rahmat,
Engkaulah pemberi rahmat terbaik."
(Q.S. Al-Mu'minun 115-118)

dan  saat  simerah  kembali  bersinar  sihijau  tersenyum  kepada  sikuning dan  berkata
"Hay  sobat  coba  lihatlah  kecelakaan  itu , itulah  ganjaran  untuk  seseorang  yang  selalu  mengabaikanmu  sobat ,  engkau  telah  difungsikan  untuk  memberitahukan  semua  orang  yang  berkendara  untuk  berhati-hati ,  tapi  mereka  tak  mau  tahu  dan  tak  menghargai  apa  yang  telah  kamu  lakukan , jadi  mulai  saat  ini  berhentilah  merasa  tak  berguna  diantara  kita. lakukan  apa  yang  sudah   menjadi  tugasmu  ,  tak  peduli  ada  atau  tidak  ada  orang  yang  akan  menghargai  setiap  ussaha  kita,"

dan  sikuningpun  tersenyum
"kamu  benar , dan  mulai  saat  ini  aku  berjanji  tak  peduli  bagaimana  orang  menganggapku  aku  akan  bekerja  sesuai  fungsiku,  terimakasih  kawan"

setelah  mendengar  dan  melihat  kejadian  siang  itu  kini  sikuning ,  simerah  dan  sihijau  selalu  bersyukur  dan  tersenyum  sepanjang  mereka  masih  dibutuhkan  untuk  mengatur  lalu  lintas

Jadi  apapun  yang  kamu  lakukan  tetaplah  berpegang  teguh  pada  kebenaran,  tak  peduli  akan  ada  atau  tidak  orang  yang  menghargai  usahamu  ,  jangan  pernah  hiraukan  selama  engkau  benar  dan  dibenarkan , lakukan   ,  lakukan ,  dan  terus  lakukan  demi  kebenaran.

Nah  sobat  korek  itulah  cerita  karanganku  dan  sedikit  motivasi  untuk  kalian  semua,  dan  disini  saya  tak  mengharapkan  kalian  mau  mendengarkan  dan  melakukan  apa  yang  ada  dalam  motivasi  diatas, yang  jelas  lakukanlah  yang  menurutmu  baik  dan  dianggap  baik  semua  orang , menjadi  orang  yang  bermanfaat  bagi  semua  orang  itu  memang  baik  ,  namun  menjadi  seseorang  yang  selalu  bersyukur  itu  juga  lebih  baik ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar